Beranda Tiket Wisata

GUNUNG BATU Lembang Dinding Alam Berbatu Raksasa September 2021

Gunung BatuHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Dago Giri No.134, Langensari, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Berwisata di Gunung Batu Lembang menawarkan keindahan alam yang sejuk di perbukitan. Meskipun bernama gunung tempat ini tidak sepenuhnya berupa gunung seperti gunung pada umumnya. Tempat ini adalah dinding alam yang terdiri dari batu-batu raksasa. Karena tempatnya menjulang layaknya gunung, tempat ini disebut sebagai Gunung Batu.

Meskipun indah pemandangan yang ditawarkan dari sini, namun wisatawan harus tetap berhati-hati. Karena Gunung Batu adalah bentuk nyata Patahan Lembang, yang merupakan salah satu sesar. Sehingga rawan terjadi gempa bumi, jadi wisatawan harus berhati-hati ketika berwisata. Meski demikian, tak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Batu Lembang

Untuk memasuki objek wisata ini, tidak dikenakan tarif. Namun, bagi yang membawa kendaraan terdapat tiket parkir.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
MotorRp 5.000

Jam Operasional Gunung Batu Lembang

Objek wisata ini dapat buka selama 24 jam. Jika hanya ingin berwisata, sebaiknya datang di pagi atau sore hari. Namun jika ingin menyaksikan matahari terbit bisa datang pada saat subuh.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Pemandangan Indah dan Mengenal Gunung Batu

Pemandangan dari Puncak Gunung Batu
Pemandangan dari Puncak Gunung Batu. Foto: Gmap/Yoga Ariyanto

Dari jauh, Gunung Batu tampak seperti tebing batu tinggi yang menghadang. Lebih tampak seperti tembok raksasa daripada gunung yang umumnya berbentuk kerucut tumpul. Meski demikian, batuan setinggi 1228 mdpl ini tetap terkenal sebagai gunung. Dengan berkarpet rumput dan batu yang membuatnya tampak begitu hijau.

Wisatawan juga dapat mendaki di sini, karena telah tersedia jalur trekking menuju puncak. Bahkan, wisatawan juga bisa membawa motor ataupun sepeda di setengah perjalanan trekking. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga menuju puncak. Karena hanya setinggi 1228, gunung ini cocok bagi pendaki pemula sebelum mendaki di gunung yang lebih tinggi.

Di puncak memang datarannya lebih tandus, tak seperti ketika melihat gunung ini dari bawah. Namun dari atas sini, wisatawan dapat melihat pemandangan indah yang menakjubkan. Panorama hamparan sawah hijau dan pemukiman penduduk terlihat selaras. Ditambah dengan pemandangan gunung dan pegunungan yang seolah mengelilingi objek wisata ini.

Baca Juga: PUNCAK EURAD Lembang Tiket & Pesona Hijau Perbukitan

Dari Mendaki hingga Panjat Tebing

Mendaki Gunung Batu
Jalur pendakian yang dengan batu-batu raksasa eksotis. Foto: Gmap/Dwi Linda

Gunung Batu bisa menjadi pilihan untuk pendaki pemula sebelum mendaki di gunung yang lebih tinggi. Selain itu, tempat ini juga sering menjadi arena berlatih dan membiasakan diri untuk mendaki. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun medannya cukup menantang. Dimana kebanyakan medannya adalah batuan dan tanah yang sesekali licin ketika dilalui.

Selanjutnya bagi penggemar olahraga ekstrim seperti panjat tebing, tempat ini bisa menjadi pilihan. Beberapa spot memiliki dinding batu yang cocok menjadi arena panjat tebing. Tentunya untuk yang akan mencoba panjat tebing harus benar-benar sudah ahli. Karena arena panjatnya benar-benar langsung dari alam.

Baca Juga: TEBING KERATON Bandung Tiket & Ragam Aktivitas

Keindahan 24 Jam

Pemandangan Siang hari dari Puncak
Pemandangan Siang hari dari Puncak. Foto: Gmap/Wang Shao Kai

Pemandangan Gunung Batu di waktu-waktu tertentu memiliki keindahannya tersendiri. Wisatawan dapat menikmatinya jika berkemah di objek wisata ini. Saat fajar, wisatawan dapat menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit di ufuk timur. Yang membelah kabut dan menghapus gelap menjadi terang.

Pemandangan saat pagi juga tak kalah memikat, karena adanya kabut yang menyelimuti kawasan di bawahnya. Membuat berada di puncak seperti tengah berada di negeri di atas awan. Sedangkan pada saat sore hari keindahan pemandangan matahari terbenam menjadi atraksi utama.

Bulatan matahari dapat terlihat dengan sangat jelas, berwarna oranye yang menyala. Menyulap langit yang biru menjadi kemerahan karena sinarnya. Ketika malam tiba, pemandangan indah bertabur bintang di langit angkasa. Ditambah dengan pemandangan cahaya lampu di pemukiman warga yang membuatnya semakin romantis.

Baca Juga: Farm House Lembang Tiket & 5 Wahana Unggulan

Makam Keramat di Gunung Batu

Di sekitar area perbukitan ini terdapat dua makam keramat. Pada nisan makam tertulis Kramat Embah Mangkunagara Gunung Batu. Sementara makam yang satunya tertulis Kramat Embah Jambrong Gunung Batu. Menurut masyarakat, sosok Embah Mangkunagara adalah pemilik kekuasaan, sementara Embah Jambrong wakilnya.

Keuda makam keramat ini berlokasi dalam sebuah bangunan. Dengan atapnya menggunakan asbes, dan dindingnya dari batu bata. Dan setengahnya lagi berupa ram kawat, sehingga sirkulasi udara sangat baik. Makamnya sendiri dibangun tembok dan berlapis keramik berwarna biru.

Makam ini dijaga oleh seorang warga bernama Ujang, yang dulu orang tuanya juga menjaga makam ini. Dulunya, kawasan di sekitar makam menjadi tempat untuk berdzikir dan beribadah. Uniknya lagi, dua makam keramat ini tidak pernah terdampak gempa sesar. Padahal di gunung ini seringkali terjadi gempa lokal.

Baca juga: SINDANG RERET Lembang: Tiket & Wahana

Tempat Belajar dan Penelitian

Selain sebagai objek wisata, Gunung Batu juga menjadi tempat untuk belajar dan pusat penelitian. Tak jarang ada komunitas geografi dan komunitas sejarah yang menjelajah tempat ini. Sambil belajar sejarah serta kondisi geografis dari Gunung Batu. Pelajar dan mahasiswa juga tak jarang menjadikan lokasi ini sebagai pusat penelitian.

Karena rawan gempa, di sini juga terdapat stasiun pemantau gempa. Stasiun ini dikelola oleh Biro Geologi Jawa Barat. Dimana di sini juga mempelajari sesar Lembang, sambil memantau setiap gempa bumi yang terjadi karena sesar tersebut.

Baca Juga: Observatorium BOSSCHA Bandung Wisata Astronomi Spektakuler

Lokasi Gunung Batu Lembang

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Dago Giri No.134, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Wisatawan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai objek wisata ini.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini