Beranda Tiket Wisata

Wisata Alam Taruwongso Tiket Gratis Beragam Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Wisata Alam Taruwongso : gratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Dukuh, Jl. Tengklik Desa, Watubonang,, Tawangsari, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia, 57562

Wisata Alam Taruwongso merupakan kolaborasi antara wisata alam, kebudayaan, religi dan sejarah yang jadi satu. Terkenal dengan panorama asri sebagai wisata alam dari puncak bukit yang elok. Dengan sendang dan berbagai batu unik. Lengkap dengan berbagai mitos di dalamnya. Kemudian terdapat makam petilasan sebagai wisata religi dengan segudang sejarah masa lalu.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Taruwongso

Bagi pengunjung yang ingin bertandang ke tempat ini, tidak perlu mengeluarkan biaya. Sebab tiket masuknya gratis. Hanya perlu membayar parkir sebagai jasa menitipkan kendaraan.

Harga Tiket Masuk dan Parkir
Tiket masuk gratis
Tiket parkir motor Rp2.000
Tiket parkir mobil Rp5.000

Baca: Gunung Pegat Sukoharjo Tiket & Aktivitas Menarik

Jam Buka Wisata Alam Taruwongso

Bila berencana mendatangi wisata alam ini, tidak ada patokan jam kunjungan. Wisatawan bebas berkunjung kapan saja karena buka 24 jam.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Daya Tarik Wisata Alam Taruwongso

Wisata Alam Taruwongso merupakan bukit dengan segudang daya tariknya. Mulai dari pesona sejarah berbagai peninggalan dengan balutan misteri penuh mitos. Hingga pesona keindahan alam menawan. Berikut beberapa di antaranya:

Berbagai Jenis Batu Unik

salah satu batu unik di bukit taruwongso - wijaya jati
salah satu batu unik di bukit taruwongso (Foto: Google Maps/wijaya jati)

Terdapat berbagai batu yang secara alami memiliki aneka bentuk yang unik. Beberapa yang terkenal yaitu watu pecah, watu gebyok, watu manten, watu gajah dan watu kandang. Letaknya pun tersebar di area bukit. Ada yang di kaki bukit, ada pula yang berada di puncak.

Salah satu jenis batu yang menyimpan mitos terkenal yaitu watu manten. Watu manten merupakan dua batu yang bentuknya sama seolah sepasang penganten. Satu batu sebagai suami dan batu sebelahnya seoah istrinya. Konon kabarnya, bagi jomblo yang datang kemari akan segera mendapatkan pasangan.

Baca: GUNUNG SEPIKUL Tiket & Eksotisme Batuan Unik

Sendang

sendang taruwongso - anto gayeng
Salah satu sendang di Wisata Alam Taruwongso (foto: Google Maps/Anto Gayeng)

Selain bebatuan unik yang menyimpan segudang mitos, ada pula sendang. Sendang artinya sebuah mata air yang muncul secara alami. Sendang ini juga menjadi sumber air bagi warga sekitar sebab tak pernah kekeringan. Kualitas air sendang ini dinilai lebih baik dibandingkan air dari sumber sumur penduduk. Warnanya jernih serta kandungan kapurnya rendah. Rasanya menyegarkan untuk ditenggak langsung tanpa dimasak.

Lokasi sendang tersebar di beberapa titik sekitar bukit. Misalnya Sendang Genthong, Sendang Pleret, Sendang Taruwongso dan Sendang Koppoh. Bila ingin mengunjungi satu persatu, wisatawan dapat mengikuti petunjuk arah yang tersedia.

Baca: THE HERITAGE PALACE Tiket & Atraksi

Trek Bersepeda Menantang

Bersepeda ke puncak bukit Taruwongso
Bersepeda ke puncak bukit Taruwongso (foto:Google Maps/ danutri sambodo)

Daya tarik berikutnya yaitu jalur menuju bukit yang cukup menantang. Jalur menanjak menuju bukit akan mengasah keterampilan pesepeda. Jalan menuju puncak tidak semua beraspal. Namun justru inilah nilai tantangannya.

Medan bebatuan terjal merupakan medan utama selama bersepeda. Untuk sampai ke puncaknya memang perlu usaha yang lebih. Namun kelelahan akan terbayar dengan menikmati panorama sekitar bukit. Sementara jalur pulang saat menuruni bukit yang berkelok tentu akan sangat seru.

Berkemah di Bukit Taruwongso

tenda di puncak bukit wisata alam taruwongso - wonderful taruwongso
Puncak Bukit Taruwongso biasa digunakan untuk berkemah (foto: Instagram/wonderful taruwongso)

Seperti wisata alam perbukitan lainnya, Taruwongso juga bisa menjadi tujuan bagi yang ingin berkemah. Areanya yang datar sangat pas untuk mendirikan tenda berdiri. Apalagi jika sudah bersiap di puncak sejak sore. Aktivitas menanti senja akan menjadi pengalaman menakjubkan. Menyaksikan eloknya matahari terbenam dari ketinggian. Seolah tak ada batas pandang menyaksikan garis horizon membentang.

Bermalam di sini juga akan menyajikan panorama gemerlapnya Kota Sukoharjo. Sajian kelap-kelip lampu dari kejauhan nampak seolah taman kunang-kunang. Keceriaan semakin nampak mendengar suara aktivitas para hewan malam. Dari paduan suara jangkrik, kumbang, burung hantu hingga para hewan nokturnal lainnya.

Rumah Pohon dan Berbagai Spot Foto

Selain terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, bukit ini juga mulai dikembangkan jadi destinasi kekinian. Telah tersebar berbagai spot foto yang instagramable. Seperti border tangga dengan gambar ikon media sosial. Di dekat parkiran terdapat ikon nama destinasi yang jadi latar buruan untuk berfoto. Terdapat pula berbagai patung hewan dan lukisan mural tokoh pewayangan Jawa.

Jika pengunjung menuju puncak bukit, maka akan bertemu beberapa rumah pohon. Untuk mencapai puncak, pengunjung akan melewati puluhan anak tangga dari beton. Tangga ini terlihat cantik dengan cat berwarna-warni membuat suasana lebih hidup.

Wisata Religi dengan Makam Petilasan

Selain berbagai pesona alam, terdapat pula area wisata religi. Areanya berada di Makam Ki Ageng Banjaransari. Kabarnya, makam tersebut merupakan tokoh masyarakat yang menjadi pemimpin di masa lalu.

Bahkan dipercaya masih keturunan raja Majapahit. Letaknya berada di kaki bukit tak jauh dari tempat parkir. Bagi yang ingin berziarah ke makam ini wajib sopan dan mengikuti norma yang ada.

Fasilitas

Wisata alam ini sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk menambah kenyamanan pengujung. Misalnya tersedia tempat parkir yang luas untuk motor dan mobil. Kemudian ada warung makan dan toilet yang berada di parkiran. Bagi yang ingin ke toilet, gunakan saat masih berada di kaki bukit ini. Sebab di puncak bukit tidak tersedia.

Lokasi Wisata Alam Taruwongso

Wisata alam perbukitan ini terletak di Jl. Tengklik Desa, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57562. Berjarak 13 Kilometer ke arah selatan dari Pusat Kota Sukoharjo. Dapat ditempuh dalam waktu 20 menit berkendara.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini