Beranda Tiket Wisata

GUNUNG WIJIL Klaten Tiket & Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Wijil : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Gunungwijil, Desa Kupang, Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57464

Klaten selain terkenal dengan Umbul Ponggoknya baru-baru ini menawarkan kawasan wisata yang sedang hits yaitu Gunung Wijil. Sebuah taman dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Lokasinya berada sebelah utara Pegunungan Wijil, awalnya memiliki kesan yang horor. Sebab kawasan ini lebih terkenal sebagai tempat pesugihan.

Namun kemudian di akhir 2020, Gunung Wijil disulap menjadi obyek wisata yang menarik. Pemandangan alam pedesaan di daerah perbukitan menjadi sajian khas dari tempat ini. Beragam keseruan untuk anak-anak pun juga hadir di sini. Maka dari itu tempat wisata ini sangat cocok untuk rekreasi bersama dengan keluarga.

Harga Tiket Masuk Gunung Wijil

Gunung Wijil bisa menjadi rekomendasi wisata murah meriah yang ada di Klaten. Sebab untuk menikmati keindahan dari tempat ini wisatawan tidak ada pungutan biaya alias gratis. Cukup membayar parkir wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan suasana segar khas pedesaan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: UMBUL NILO Klaten Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Gunung Wijil

Wisatawan bisa datang kapan saja ke Gunung Wijil. Hal itu karena kawasannya selalu buka 24 jam. Untuk menikmati taman bisa datang pada siang atau sore hari. Sementara untuk malam hari biasanya untuk orang untuk ziarah makam kuno hingga ngalap berkah.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Awalnya Sebuah Lokasi Pesugihan

Beragam spot foto yang ada di Gunung Wijil
Tempat ini adalah sebuah taman dengan beragam spot foto yang menarik. Foto: Gmaps/Koemis Dian

Sebelum akhirnya dipugar untuk menjadi taman wisata, kawasan Gunung Wijil lebih tersohor sebagai tempat pesugihan. Lokasinya berada di Desa Kupang ini dipercaya sebagai gudangnya meraih keberkahan dan kekayaan. Ada beberapa spot yang dianggap sakral seperti makam kuno mirip Syekh Joko yang merupakan murid Joko Tingkir. Hingga sebuah gua yang konon berpenghuni Buto Ijo. Di dalam gua tersebutlah banyak orang datang untuk melakukan ritual pesugihan.

Namun karena kawasannya yang cantik membuat masyarakat setempat bersama dinas terkait akhirnya menyulap tempat ini menjadi sebuah taman rekreasi. Selain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar juga mengurangi kesan mistis yang ada di tempat ini.

Kawasan taman Gunung Wijil sangat cocok sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga. Baik untuk bersantai atau sekedar melepas penat dari rutinitas harian. Pemandangan alam yang indah dan udara segar membuat obyek wisata ini sangat menenangkan.

Baca: Kalitalang Klaten Tiket & Pesona Indahnya Merapi

Pemandangan Indah di Gunung Wijil

Jika berkunjung ke Gunung Wijil suguhan pemandangan alam pedesaan yang menyegarkan siap menyambut. Perpaduan hamparan sawah, hutan dan perbukitan menjadi panorama yang memanjakan mata. Sejauh mata memandang dominasi pemandangan hijau akan begitu menyegarkan. Hal ini tak lepas dari areanya yang berada di ketinggian. Selain itu udaranya pun masih terasa sejuk.

Ketika cuaca cerah jangan buru-buru untuk beranjak. Saat sore hari kawasan taman Gunung Wijil ini semakin akan semakin ramai. Bukan tanpa alasan, karena tempat ini menawarkan pesona sunset yang juga sangat indah. Hamparan sawah dan perbukitan hijau yang tersorot langit jingga menciptakan pemandangan yang memesona.

Baca: BUKIT SIDOGURO Klaten Tiket & Wahana

Bersantai di Taman Gunung Wijil

Mengusung konsep wisata taman membuat Gunung Wijil memang sangat cocok untuk tempat bersantai. Di obyek wisata ini terdapat banyak bangku-bangku panjang untuk santai. Duduk-duduk sembari menikmati pemandangan dan suasana yang ada di Gunung Wijil tentunya sangat mengasyikkan.

Agar suasana nongkrong menjadi lebih nikmati, wisatawan bisa menikmati aneka kuliner yang ada . Di area wisata banyak para penjual aneka jajanan menarik. Mulai dari pentol, telur gulung, sosis bakar hingga jagung bakar.

Baca: Alun-alun Klaten: Pusat Hiburan Warga Tengah Kota

Naik Ke Puncak Bukit

Keindahan alam pedesaan
Dari puncak bukit wisatawan dapat menikmati pesona hamparan sawah secara luas. Foto: Gmaps/Hyou Bie

Tidak jauh dari area taman ada sebuah bukit batu yang tidak terlalu tinggi. Wisatawan bisa naik ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar. Namun harus berhati-hati sebab puncak bukit ini didominasi oleh batuan tajam. Tebing batu ini mengingatkan tebing yang biasanya ada di kawasan pantai.

Berjalan ke Kawasan Hutan

Makam Kuno di kawasan Gunung Wijil
Jika masuk ke area hutan wisatawan akan menemukan makam kuno dari Syekh Joko. Foto: Gmaps/Ivah Vaa

Bagi penggemar jalan-jalan bisa juga menjelajahi kawasan hutan. Untuk mengitari hutan sudah tersedia jalan setapak sehingga wisatawan cukup mengikuti jalur yang ada. Suasana di sekitar hutan terlihat sangat asri dan menyegarkan.

Jika berjalan di area ini wisatawan juga bisa sampai ke makam kuno Syekh yang konon adalah murid Joko Tingkir. Area makam ini juga kerap kali ramai peziarah untuk ngalap berkah.

Baca: Umbul Cokro Tulung Waterboom Tiket & Aktivitas

Spot Foto Menarik

Di sekitar juga tersedia beragam spot foto yang unik dan menarik. Yang jadi favorit yaitu area tembok besar dengan tulisan “Gunung Wijil”. Area tembok ini berdesain dengan gaya layaknya sebuah bukit berbatu. Selain itu masih banyak lagi beragam area foto menarik lainnya.

Fasilitas di Gunung Wijil

Meski terbilang masih baru wisata ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Di sini tersedia area parkir yang luas, toilet, mushola, bangku taman, gazebo, hingga warung makan. Terdapat pula wahana hiburan untuk anak seperti odong-odong dan kereta kelinci.

Lokasi Gunung Wijil

Obyek wisata alam ini beralamat di Gunungwijil, Desa Kupang, Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari pusat kota Klaten berjarak sekitar 18 Km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 16

Berikan Rating