Hutan Pinus Asri
Harga Tiket: Rp2.500 - Rp10.000 Jam Buka: 06.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan,Dlingo,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55783.

Hampir semua kawasan di daerah Dlingo dan sekitarnya banyak ditumbuhi pohon pinus. Salah satunya adalah kawasan Hutan Pinus Asri yang ada di Dusun Karangasem. Karena keindahannya, tak heran jika banyak wisatawan datang untuk berfoto.

Udara sejuk berkolaborasi dengan jajaran pohon pinus nan indah. Jika diperhatikan, pemandangan pohon pinus ini terlihat seperti pemandangan di Northwest Pacific. Apalagi, kabut tipis di pagi hari menyelimuti dengan tenangnya.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Asri

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata hutan pinus ini, pengunjung dikenakan tarif. Namun jangan khawatir, tarif masuk tidaklah mahal. Tarif parkir pun masih dalam taraf yang normal.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Asri
Tiket MasukRp2.500
Tarif Parkir
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp10.000

Baca: Hutan Pinus Pengger Tiket & Aktivitas

Jam Operasional Hutan Pinus Asri

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Selain itu, waktu yang disediakan pun cukup lama. Yaitu dari pagi hari hingga senja tiba.

Jam Operasional
Setiap hari06.00 – 18.00

Menikmati Eksotisme Jajaran Pohon Pinus

kawasan perbukitan hutan pinus asri
Kawasan perbukitan yang di penuhi pohon pinus serta udara sejuk siap menyambut para wisatawan. Foto: Google Maps/Irfan Setiaji

Lanskap pemandangan daerah Dlingo dipenuhi dengan jajaran hutan pinus. Pemandangannya saja sudah sangat menyejukkan mata, dan mengindikasikan tempat tersebut sejuk. Dan benar saja, pengunjung akan merasakan sensasi kesegaran dan kesejukan di sini.

Objek wisata Pinus Asri sudah ada sejak tahun 2017. Namun sebenarnya, objek wisata ini sudah dikelola sejak dulu oleh masyarakat setempat. Objek wisata ini pun dulunya dikenal dengan hutan pinus Mangunan.

Baca: Hutan Pinus Mangunan Tiket & Aktivitas

Suasana yang asri sangat mendukung untuk mengambil foto dengan background alam. Pemandangan yang ditawarkan seolah tiada tandingannya. Yang membuat pengunjung betah berlama – lama menghabiskan waktu di sini.

Panggung Alam Hutan Pinus Asri

spot selfi berlatar jurang di yogyakarta
Gardu Pandang Hutan Pinus Asri. Foto: Gmap/Indah Viorennita

Panggung alam, adalah sebutan untuk gardu pandang di Hutan Pinus Asri. Dari gardu pandang ini, pengunjung dapat melihat pemandangan alam dan atas bukit. Latar belakang foto dengan bentang alam yang begitu mempesona.

Tidak seperti gardu pandang lain, di sini pengelola tidak memberi sentuhan artistik. Namun, gardu pandang dibuat kokoh menggunakan kayu jati asli. Hal ini dikarenakan, supaya kesan alami dan klasik tetap terjaga.

Baca: Puncak Becici Tiket & Aktivitas

Dan benar saja, ketika berfoto di gardu pandang, pengunjung akan mendapatkan hasil yang indah. Pemandangan alam pepohonan pinus serta awan di pagi hari yang membentuk hamparan luas. Tanpa adanya gangguan dari objek buatan lain.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbit dan Tenggelam

Di pagi buta, pengunjung akan melihat pemandangan menakjubkan dari gardu pandang. Dari atas sini jika beruntung, pengunjung akan melihat awan bergumul diantara pepohonan. Sehingga dari gardu pandang, terlihat bagaikan negeri di atas awan.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya matahari terbit. Membelah lebatnya awan yang sedikit – demi sedikit memancarkan secercah cahaya kuning terang.

Tidak hanya itu, di sore hari pengunjung juga dapat menyaksikan keagungan alam yang lain. Yaitu indahnya mentari sore yang kembali ke peraduan. Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan bulat sempurna mentari yang berwarna oranye turun perlahan.

Berkunjung ke Bikini Bottom

orname-ornamen unik di tengah hutan pinus asri
Bikini Bottom ala Hutan Pinus Asri. Foto: Gmap/Bramanditya issudibya

Di gardu pandang memang tidak dilengkapi dengan objek artistik. Namun, di area hutan pinus, pengunjung dapat menjumpai berbagai objek artistik. Salah satunya adalah Bikini Bottom, yang merupakan kota tempat tinggal tokoh Spongebob.

Di sini, terdapat rumah nanas Spongebob. Berwarna oranye terang, lengkap dengan motif kotak khas nanasnya. Ditambah lagi, daun nanas di bagian atap rumahnya.

Tak hanya itu, rumah batu Squidward pun turut dibangun di sini. Rumah berbentuk wajah itu dibangun diantara rumah Spongebob dan Patrick. Dan tentunya, tak ketinggalan rumah batu milik Patrick Star berdiri di sebelah rumah Squidward.

Fasilitas di Kebun Pinus Asri

Gazebo di Hutan Pinus Asri. Foto: Gmap/P Wardana

Meskipun berada di hutan, objek wisata ini tetap menyediakan fasilitas yang lengkap bagi wisatawan. Ada tempat duduk, warung makan, gazebo, area parkir, mushola, dan tentunya toilet. Untuk menjaga kebersihan, pengelola telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik.

Lokasi Kebun Pinus Asri

Objek wisata ini terletak di Jalan Raya Hutan Pinus Nganjir, Karangasem. Tepatnya di Kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 22 kilometer, dapat ditempuh selama satu jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini