Terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kampung Anggrek Kediri begitu hit belakangan ini. Wisata aneka flora, khususnya anggrek ini menyedot perhatian pengunjung dari berbagai daerah. Tak heran hal itu terjadi, karena jenis bunga anggrek di sini cukup lengkap.

Tidak hanya berfokus pada budidaya anggrek, di sini juga membuat pembibitan hingga pemasarannya. Semua kegiatan ini bisa dinikmati dalam satu tempat yang sama. Gabungan antara wisata dan edukasi inilah yang menjadi kelebihan utama objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Kampung Anggrek Kediri

Untuk berwisata di sini pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam. Harga tiket masuk yang ditawarkan sangat murah. Cukup mengeluarkan beberapa ribu sudah bisa berkeliling di kawasan wisata kampung anggrek.

Harga Tiket Masuk Kampung Anggrek Kediri
Harga TiketRp8.000
Wahana Mobil KayuRp10.000
Harga Bunga AnggrekRp30.000 – Rp110.000

Baca: Kampung Indian Kediri Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kampung Anggrek

Wisatawan bisa berkunjung ke taman ini setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari baik hari biasa dan akhir pekan.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00

Daya Tarik Wisata Kampung Anggrek Kediri

Objek wisata yang berdiri tahun 2016 ini juga telah memiliki laboratorium anggrek. Laboratorium tersebut dikhususkan pada kultur jaringan. Itulah sebabnya kebun ini memiliki luas 400 hektar, untuk mengakomodasi semua kebutuhan tersebut.

Baca: Bukit Dhoho Indah Kediri Tiket & Aktivitas

Pembibitan serta pembudidayaan dilakukan di sebuah rumah kaca yang cukup besar. Rumah kaca ini ada yang tertutup, ada pula yang dibuka sebagai ruang pamer. Berikut berbagai aktivitas lain yang bisa dilakukan ti taman wisata ini:

1. Menikmati aneka anggrek di green house

Green house kampung anggrek
Green house kampung anggrek. Foto: google maps/Tegar Wahyudi

Selain sebagai pembibitan, green house atau rumah kaca di kampung anggrek juga ada yang dijadikan ruang pamer. Puluhan anggrek yang menjadi koleksi dipajang di ruangan ini. Terdapat anggrek yang lagi naik daun, unik hingga anggrek yang tergolong langka.

Salah satu contoh anggrek yang tengah naik daun tersebut adalah dendrobium. Kemudian ada juga anggrek langka seperti anggrek macan. Ada pula anggrek tebu yang tingginya hingga 3 meter dan termasuk terbesar di dunia.

2. Belanja di Swalayan Anggrek

berbagai tanaman hias
Taman hias di kampung anggrek. Foto: google maps/mefia blue

Agar lebih puas dalam menikmati anggrek, pengunjung bisa mendatangi swalayan anggrek. Anggrek yang dijajakan di sini sangat beragam dan begitu memanjakan pengunjung. Pasar anggrek ini menyajikan beragam anggrek yang dipajang di atas meja.

Warna-warni anggrek, mulai dari putih, kuning, ungu hingga merah menampilkan keeksotisan tersendiri. Tak hanya anggrek, swalayan ini juga menyediakan aneka jenis tanaman hias lain. Swalayan ini semakin lengkap karena juga menyediakan peralatan tanam seperti pot dan medianya.

Baca: Kediri Water Park Tiket & Wahana

Meski fungsi utamanya sebagai tempat belanja, banyak pengunjung yang juga memanfaatkannya untuk selfie. Tak sedikit pula yang memilih dan membelinya sebagai oleh-oleh.

3. Kecanggihan budidaya anggrek di laboratorium kultur jaringan

Budidaya tanaman anggrek
Budidaya dan pembibitan tanaman anggrek. Foto: Google Maps/Ria Tri Windarti.

Setidaknya ada 6 genus anggrek yang dikembangkan di laboratorium ini. Dimulai dari anggrek bulan, vanda, dendrobium, oncidium, cymbiddium dan cattleya. Budidaya anggrek dilakukan secara kloning di laboratorium kultur jaringan.

Benih anggrek varietas unggul diteliti dan dikloning untuk memunculkan jenis baru yang berkualitas. Pengkloningan anggrek di kampung anggrek ini merupakan pertama kalinya di Indonesia. Hanya orang- orang tertentu saja yang bisa masuk di laboratorium kultur jaringan tersebut.

4. Taman Kelinci

Meski bunga anggrek menjadi sajian utama di sini, namun terdapat pula fauna lucu. Adalah aneka kelinci yang menghiasi taman kelinci di area kampung anggrek. Adanya taman kelinci menjadikan tempat ini cocok dikunjungi segala usia.

Baca: Gumul Paradise Island Kediri Tiket & Wahana

Taman kelinci adalah kandang kelinci dengan ukuran yang cukup luas. Di dalam taman ini terdapat berbagai jenis kelinci yang menggemaskan. Beberapa di antaranya : kelinci LOP, anggora, english spot, himalaya, satin, hingga kelinci havana.

5. Berfoto dengan gorila raksasa

patung gorilla raksasa kampung anggrek kediri
Patung gorilla raksasa lucu ini salah satu spot foto favorit pengunjung kampung anggrek kediri. Foto: Google Maps/Teguh Amitra

Tentu bukan gorila sungguhan, melainkan sebuah patung. Ukurannya yang besar membuat patung ini seakan menjadi ikon taman wisata ini. Bagaimana tidak, ukuran gorila raksasa ini sekitar 9 meter!

Uniknya, patung gorila raksasa ini tersusun dari jagung yang ditumpuk-tumpuk. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk selfie.

Fasilitas di Kampung Anggrek Kediri

Pengelola taman wisata ini juga menyediakan beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai pengunjung. Selain itu juga terdapat toilet serta tak ketinggalan mushola untuk beribadah umat islam. Sebagai pelengkap, terdapat pujasera yang menyediakan aneka makanan serta minuman dengan harga terjangkau.

Lokasi Kampung Anggrek Kediri

Objek wisata ini terletak di kaki gunung kelud atau sekitar 25 km dari pusat Kota Kediri. Alamat lengkapnya berada di Sempu, Ngancar, Ringinsari, Kediri, Jawa Timur 64291. Nomor telepon untuk reservasi atau info lebih lanjutnya 0812-5996-6631.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.