Ranca Upas CiwideyHarga Tiket: Rp22.000-Rp55.000Jam Buka: 07.00-16.00 WIBNo Telp: 08112007768/081223456911Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973

Ranca Upas Ciwidey Bandung adalah kawasan bumi perkemahan di bawah pengelolaan perhutani. Lokasinya berada di kawasan wisata Bandung Selatan masih satu lokasi dengan Kawah Putih, kolam Cimanggu dan Situ Patenggang.

Banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini, seperti berkemah, berinteraksi dengan rusa, sampai bermain di water park hingga mandi air panas.

Baca: 49 Tempat Wisata Di Bandung Terlengkap

Harga Tiket Ranca Upas Ciwidey

Karena umumnya pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini untuk berkemah. Karena itu kegiatan ini yang cukup mengeluarkan biaya tambahan. Harga tiket masuk Ranca Upas Ciwidey sendiri sebenarnya cukup murah. Bagi yang ingin menghemat biaya berkemah, wisatawan juga bisa membawa tenda dan peralatan sendiri.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey
Tiket Wisatawan LokalRp22.000
Camping Wisatawan LokalRp33.000
Tiket Wisatawan MancanegaraRp44.000
Camping Wisatawan MancanegaraRp55.000
Kolam RenangRp22.000
ShootingRp3.000.000
Pre weddingRp500.000
Area Bermain AnakRp10.000
Price List Paket Camping
Karaha BodasRp250.000
CilemberRp400.000
CikoleRp500.000
GalunggungRp780.000
PatuhaRp350.000
Sunan IbuRp520.000
Kawah PutihRp680.000
Tiket Kendaraan
Parkir MotorRp15.000
Parkir MobilRp22.000
Parkir Motor Khusus CampingRp17.000
Parkir Mobil Khusus CampingRp33.000

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket, Wahana & Studio Seru

Sejauh ini belum ada aturan wajib membawa surat rapid test untuk berwisata ke Ranca Upas. Namun pengunjung perlu mematuhi protokol kesehatan.

Jam Buka Ranca Upas Bandung

Sehubungan dengan peraturan PPKM, maka Ranca Upas tutup sementara untuk kunjungan wisata dan camping.

Kawasan camping dan bumi perkemahan ini buka 24 jam setiap hari.

Jam Buka
Jam Wisata Dan Penangkaran Rusa07.00-16.00 WIB
Camping24 Jam

Berikut beberapa aktivitas menarik di kawasan wisata Ranca Upas Bandung.

1. Kegiatan Berkemah / Camping

Berkemah di Ranca Upas
Berkemah merupakan kegiatan utama yang populer di kalangan pengunjung kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey. foto: lala mulyana

Kawasan wisata ini terutama sering digunakan sebagai area berkemah. Memang aktivitas inilah yang sesuai dengan peruntukan tempat wisata ini yaitu sebagai bumi perkemahan. Bahkan semua orang bisa menikmati suasana berkemah tidak terbatas usia atau status sosial.

Lokasi berkemah di sini memiliki area yang sangat luas hingga mampu menampung banyak peserta. Bahkan tempat ini sering menjadi tempat jambore tingkat nasional berbagai organisasi di Indonesia. Selain itu, suasana alam yang masih terlindungi menambah daya tarik sendiri untuk berkemah.

Bagi pengunjung yang tidak membawa alat-alat berkemah, di tempat ini juga tersedia penyewaan. Berbagai macam alat berkemah seperti tenda hingga sleeping bag ada di sini disamping itu Harga sewa peralatan berkemah pun cukup bersaing. Maka rasanya cukup untuk pengalaman yang luar biasa di Ranca Upas Ciwidey.

Baca: Ciwangun Indah Camp Bandung Tiket & Berbagai Aktivitas

2. Berinteraksi Di Penangkaran Rusa

memberi makan rusa ranca upas
Berinteraksi langsung dengan rusa di penangkaran rusa kampung cai. foto: kiki zakiyah

Selama di sini tidak hanya berkemah yang bisa pengunjung lakukan. Pilihan lainnya yaitu berinteraksi langsung dengan rusa di penangkaran rusa yang ada di dalam kawasan wisata. Interaksi yang sering dilakukan yaitu memberi makanan sembari berfoto dengan rusa-rusa cantik.

Di lokasi penangkaran rusa ini, pengunjung dan rusa tidak berbatas pagar, tapi langsung turun ke habitatnya. Sementara itu Pawang akan menemani pengunjung ketika memberi makan rusa. Sedangkan makanan rusa sendiri pengunjung bisa membelinya di counter yang tersedia. Biasanya makanan yang tersedia yaitu wortel yang sudah terikat.

Baca: KEBUN BINATANG BANDUNG Tiket, Atraksi & Aktivitas

3. Kegiatan Outbond

Kegiatan outbond seperti bermain flying fox juga bisa dilakukan. foto: Ranca Upas Ciwidey Smart Camp Adventure
Kegiatan outbond seperti bermain flying fox juga ada di taman wisata ini. foto: Ranca Upas Ciwidey Smart Camp Adventure. foto: Ranca Upas Ciwidey Smart Camp Adventure

Selanjutnya kegiatan lain di Ranca Upas Ciwidey adalah aktivitas outbond. Hal ini adalah bagian dari inovasi yang dilakukan pengelola untuk bersaing dengan tempat lainnya. Karena memiliki latar alam yang terbuka dan alami, aktivitas outbond disini sangatlah menyenangkan dan seru.

Permainan-permainan yang tersedia antara lain flying fox, Elvis bridge, jembatan goyang dan masih banyak lagi. Wahana outbond ini juga sering untuk gathering perusahaan atau sekolah. Baik untuk membangun team atau juga sekedar untuk bersenang-senang bersama.

Baca: BANDUNG TREETOP Adventure Park Tiket Aktivitas & Wahana

4. Spot Foto Bernuansa Alam

Area bumi perkemahan
Hasilkan foto-foto dramatis bernuansa alam di kawasan wisata ini. foto:  Kus Kus

Karena memiliki latar alam yang alami padang rumput, penangkaran rusa serta hutan, Ranca Upas Ciwidey sering menjadi pilihan lokasi berfoto. Apalagi di era digital saat ini, hampir semua orang bisa beraktivitas berfoto dengan gadgetnya masing-masing. Beberapa foto bahkan memiliki nilai seni dan jual yang sangat tinggi.

Salah satu kegiatan foto yang sering berlangsung di bumi perkemahan ini yaitu foto prewedding. Foto model seperti ini memang sangat cocok dengan suasana di sini. Karena memiliki latar belakang alam yang indah dan alami, hasil foto calon pengantin pun terlihat sangat baik sekali.

5. Waterboom dan Kolam Renang Air Panas

area waterboom
Selain kegiatan bertemakan alam wisatawan juga bisa bermain air di waterboom dan mandi air panas.

Sejauh ini pengelola kawasan wisata terus berinovasi dengan menghadirkan wahana baru. Salah satu wahana yang terbaru yaitu waterbom-nya. Bermain air di kolam renang dan waterboom Ranca Upas Bandung memiliki suasana yang berbeda, hal ini karena suhu udara yang dingin.

Lalu ada juga fasilitas kolam pemandian air panas kampung cai. Berendam air panas di cuaca yang dingin tentunya akan menyegarkan. Idealnya segera setelah bermain air di kolam renang dan waterboom pengunjung memulihkan suhu tubuhnya dengan berendam di air panas.

Baca: RANCAEKEK Waterpark Bandung Tiket & Wahana

Lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey

Kawasan wisata ini berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Berjarak kurang lebih 45 KM dari pusat kota Bandung. Sedangkan waktu tempuh untuk sampai ke lokasi kurang lebih 1,5 jam. Menggunakan kendaraan melewati jalan tol Soreang.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,53 | 43 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini