Telaga Sunyi Harga Tiket: Rp13.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sawah & Hutan, Limpakuwus,Sumbang,Banyumas,Jawa Tengah,Indonesia, 53183.

Telaga Sunyi merupakan sungai hening dengan udara dan alam di sekitarnya masih segar alami. Meskipun bernama ‘Sunyi’, ‘surga tersembunyi’ lereng Gunung Slamet ini justru ramai dikunjungi wisatawan. Perpaduan sungai dan air terjun ini berjarak 2,5 kilometer dari gerbang Kawasan Wanawisata Baturraden.

Bertempat di tengah hutan Damar dan Pinus, ketenangan suasananya memberi efek relaksasi bagi wisatawan. Tak mengherankan jika objek wisata ini kerap menjadi tempat bertapa di masa lalu.

Harga Tiket Masuk Telaga Sunyi

Wisatawan tidak perlu membayar mahal untuk menikmati keindahan alam kawasan wisata ini Harga tiket masuk tempat wisata ini masih tergolong terjangkau.

Harga tiket masuk Telaga Sunyi
Senin – MingguRp13.000

Baca: Lokawisata Baturraden Tiket & Wahana

Jam Buka Telaga Sunyi

Wisatawan bisa datang ke kawasan wisata ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu07.00 – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata

Telaga Sunyi dapat dicapai dengan menempuh perjalanan selama sekitar 15-20 menit dari Kota Purwokerto. Akses jalan menuju kawasan wanawisata ini masih mudah dilalui kendaraan roda empat dengan hati-hati.

Treking Menyusuri Suasana Pedesaan

Wisatawan akan ditemani aliran sungai kecil di sisi kanan jalur menuju lokasi wisata
Wisatawan akan ditemani aliran sungai kecil di sisi kanan jalur menuju lokasi Telaga Sunyi Banyumas.
Foto : Google Maps/Aguse_ase Irawan

Suasana sejuk sudah mulai terasa di area parkir yang berumput hijau dengan pepohonan besar. Untuk mencapai lokasi Telaga Sunyi, wisatawan harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak. Sepanjang perjalanan tersaji pemandangan indah seperti anak sungai yang jernih, serta persawahan hijau.

Menyusuri jalan setapak, wisatawan ditemani aliran sungai kecil berair sangat jernih di sisi kanan. Aktivitas treking menuju lokasi tak memerlukan waktu yang lama karena relatif dekat. Di ujung jalan, wisatawan dapat melihat air terjun yang mengalir langsung ke telaga.

Menikmati Keindahan Telaga

Keindahan telaga sunyi
Menikmati keindahan dan keteduhan telaga akan menghibur dan menenangkan wisatawan dari penat. Foto: Google Maps/ aji suwitnyo

Telaga Sunyi memiliki udara sejuk karena dikelilingi pepohonan rindang yang menghijau. Berlokasi di tengah area hutan, tempat wisata ini menawarkan keindahan pemandangan yang begitu memesona. Sesuai namanya, tempat wisata ini masih sunyi karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Air telaga di objek wisata ini bersumber dari mata air Gunung Slamet. Airnya sangat jernih dengan kolam sejuk terlihat berwarna kebiruan. Bagian dasar sungai sedalam lima meter pun dapat terlihat jelas dengan mata telanjang.

Baca: The Village Baturraden Tiket & Wahana

Wisatawan dapat meminum langsung airnya yang dingin, jernih dan segar. Hal tersebut relatif aman karena masih dekat dengan mata air dan belum tercemar polutan.

Bersantai di Tepi Air Terjun

wisatawan bersantai di atas pelampung
Selain berenang di sini pengunjung juga bisa bersantai di atas pelampung sambil menikmati kesegaran suasana sekitar.
Foto : Instagram/bahana_na

Daya tarik Telaga Sunyi bukan hanya jernih kolamnya, tapi juga aliran air terjunnya. Curahan airnya membentuk kolam besar di bawahnya dengan kedalaman 2-6 meter. Kolam tersebut menjadi favorit wisatawan untuk berenang dan snorkeling.

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Saat kemarau, air terjunnya tidak mengalir seperti biasanya. Telaga ini memiliki sumber mata air sehingga meski air terjun tidak mengalir, air tetap penuh.

Berenang, Menyelam, dan Bermain Air

berenang dan menyelam di telaga sunyi
Telaga dengan kedalaman 2-6 meter sering juga dimanfaatkan untuk kegiatan diving menikmati kejernihan airnya.
Foto : Instagram/telagasunyibaturraden

Di Telaga Sunyi, wisatawan dapat berenang, menyelam, dan mengobservasi bebatuan indah di bagian dasarnya. Aliran sungainya membentuk kolam alami dengan air yang dingin dan sangat menyejukan. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya berwarna hijau muda atau hijau toska.

Jernihnya kolam membuat kolam sedalam 2-6 meter ini terlihat dangkal. Untuk itulah, disarankan aktivitas berenang dan menyelam hanya bagi yang benar-benar terbiasa melakukannya. Saat hujan turun, wisatawan harus segera meninggalkan telaga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca: Caping Park Purwokerto Tiket & Wahana

Di sebelah telaga terdapat kolam yang lebih dangkal untuk wisatawan yang ingin sekedar bermain air. Di kolam ini yang jernih ini, wisatawan dapat melihat ikan maupun kepiting di dasarnya.

Berfoto Bawah Air

air telaga yang sangat jernih
Berfoto underwater di jernihnya air telaga..
Foto : Instagram/radityohari

Telaga Sunyi menjadi incaran para pecinta fotografi terutama dan penggemar swafoto. Setiap sudut destinasi wisata ini benar-benar fotogenik dengan keindahan alaminya. Begitu jernih air telaga ini, wisatawan biasanya berburu keindahan foto di bawah air. Foto underwater ini sangat digemari wisatawan dan cukup populer di media sosial.

Mitos Telaga Sunyi

Penyebutan Telaga Sunyi ini muncul lantaran dahulu tempat ini sering digunakan untuk bertapa. Seiring berkembangnya waktu, telaga ini berganti menjadi destinasi wisata andalan Banyumas.

Terkait dengan riwayatnya sebagai tempat bertapa, objek wisata ini diliputi mitos. Wisatawan disarankan untuk tidak berkata-kata kotor dan mejaga perilaku sopan santun. Konon, jika melanggar, hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi pada wisatawan.

Menyusuri Gua di Sisi Telaga

Di sisi kanan Telaga Sunyi, terdapat sebuah gua dengan panjang enam meter. Gua tersebut berdinding dan berlantai batu berlumut. Wisatawan dapat menyusuri sisi dalam gua bersama pemandu wisata yang tersedia.

Fasilitas

Fasilitas di area wisata cukup memadai bagi wisatawan. Seperti misalnya toilet, mushola dan ruang ganti pakaian yang telah disiapkan oleh pengelola.

Area parkirnya pun cocok dijadikan tempat beristirahat maupun berfoto. Karena di dekatnya terdapat taman dengan pohon-pohon dan rumput yang menghijau.

Lokasi Telaga Sunyi

Wisata sungai dan air terjun ini berada di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183. Lokasi wisata tak jauh dari Kawasan Wisata Baturraden, Banyumas. Jaraknya sekitar 3 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan hanya selama 15 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here