Selama ini, wisata di Banyumas yang sangat terkenal barulah Baturaden. Namun sekarang, wisata di Banyumas sudah semakin maju. Buktinya adalah didirikannya wisata bernama Caping Park, yang menggabungkan wisata alam dan buatan.

Caping Park mengusung konsep edutainment farming. Tak heran, di sini terdapat binatang ternak sebagai bahan edukasi untuk anak. Ditambah lagi, belajar di tengah asri dan sejuknya suasana, tentu menambah keseruannya.

Harga Tiket Masuk Caping Park

Caping Park menyediakan tiket masuk biasa dan paket yang terbagi dalam tiga paket. Setiap paket sudah termasuk tiket masuk dan kegiatan selama di sini. Yang membedakan tiap paket adalah kegiatan yang dilakukan pengunjung dalam paket tersebut.

Harga Tiket Masuk Caping Park
Jenis TiketHarga
Hari biasaRp20.000
Akhir pekanRp25.000
Paket Ceria (Tiket masuk, memberi makan hewan, snack box, mendapatkan 2 ekor ikan)Rp65.000
Paket Gembira (Tiket masuk, memberi makan hewan, makan siang, mendapatkan 2 ekor ikan)Rp85.000
Paket Bahagia (Tiket masuk, memberi makan hewan, makan siang, mendapatkan 2 ekor ikan, melukis caping, mendapatkan caping)Rp110.000

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Jam Buka Caping Park

Objek wisata ini beroperasi setiap hari dengan waktu yang sama. Buka mulai pukul 7 pagi dan tutup pada pukul 8 malam. Pengunjung dapat puas menikmati objek wisata ini dari pagi sampai malam.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 20.00 WIB

Beragam Wahana di Caping Park

Pemandangan Indah di Caping Park
Pemandangan Indah di Caping Park. Foto: Gmap/Iwan Soetjipto

Caping Park menjadi objek wisata kekinian saat ini. Dengan konsep farming dan edutainment, mengajak pengunjung untuk berwisata sambil belajar. Disamping itu, lokasinya sangat mendukung untuk kegiatan outdoor.

Berada di kaki Gunung Slamet dengan hawa sejuk dan segar. Pemandangan sekitar masih sangat asri dan alami, dengan pepohonan dan tumbuhan hijaunya. Selain itu, ada tanaman hias yang dibentuk sedemikian rupa hingga menarik perhatian.

Taman rekreasi yang cocok menjadi tujuan wisata untuk keluarga. Selain kegiatan pertanian dan peternakan, pengunjung juga dapat menikmati atraksi lain di sini. Ada juga ragam pertunjukan dan kesenian yang dihadirkan untuk menghibur pengunjung.

Baca: The Village Baturaden & Wahana

Berinterkasi Dengan Hewan di Caping Park

Berinteraksi dengan kelinci caping park baturaden
Berinteraksi dengan kelinci salah satu kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak. Foto: Google Maps/ Annisa Shabi Hanifah

Ada beberapa hewan yang diternakkan, untuk berinteraksi dengan unggas, dapat mengunjungi Aviari Burung. Disana, dapat berinteraksi langsung dengan memberi makan dan mengajak unggas berfoto. Diantaranya terdapat ayam, angsa, mentok, bebek, love bird, parkit, dan kakaktua raja.

Bermain dengan kelinci dan bekejaran bersama mereka dapat dilakukan di Kandang Kelinci. Pengunjung juga dapat menuju ke Kandang Kambing untuk bertemu Edus Si Kambing. Di sini, pengunjung dapat memberi makan kambing dengan puas sambil berfoto ria.

Moo Si Sapi pun siap untuk diajak bermain. Pengunjung dapat menuju Kandang Sapi untuk berinteraksi langsung bersama Moo. Sapi di sini dapat diberi makan langsung dengan rumput yang sudah disediakan.

Baca: Lokawisata Baturaden Tiket & Wahana

Jembatan Anjasmara yang Merah Merona

Jembatan Anjasmara yang Merah Merona
Jembatan Anjasmara yang Merah Merona. Foto: Gmap/deki asadi

Jembatan Anjasmara pun menjadi salah satu ikon taman wisata ini. Yang mana merupakan jembatan berwarna merah memanjang di tepi bukit. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya gemerlap lampu Kota Purwokerto di malam hari.

Indahnya Alam dari Bukit Rejuna

Bukit Rejuna menjadi salah satu spot favorit pengunjung. Dari sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan Gunung Slamet yang gagah menjulang. Di sini juga menjadi spot indah untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

The Edge Bridge yang Menawan

Pemandangan Indah dari The Edge Bridge Caping Park Purwokerto
Pemandangan Indah dari The Edge Bridge. Foto: Gmap/Jafar Sodiq

The Edge Bridge merupakan wahana jembatan kaca pertama di Jawa Tengah. Dari atas jembatan ini, pengunjung dapat berdiri dengan background Gunung Slamet. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan indah Kota Purwokerto.

Berdiri di sini dapat membuat darah berdesir naik turun, dan jatung berdebar kencang. Untuk naik di atas The Edge Bridge, pengunjung harus mengenakan sandal khusus. Supaya tidak tergelincir dan aman di atas jembatan kaca.

Baca: Rita Park Tegal Tiket & Wahana

Dari Taman Bunga hingga Kolam Ikan

Taman rekreasi keluarga ini juga memiliki Taman Bunga yang berbentuk dua hati. Bunga – bunga ini seringkali dijadikan latar belakang untuk berfoto. Pengunjung pun diperbolehkan duduk di atas rerumputan sekitarnya.

Selain itu, pengunjung juga dapat menangkap ikan di kolam ikan. Terdapat kolam ikan besar yang dapat dimasuki pengunjung untuk menangkap ikan – ikan kolam.

Fasilitas di Caping Park

Caping Park memiliki amphiteater alam, di sini selalu diadakan pertunjukan seni di alam terbuka. Ada juga Ball Room, Exhibition Area, dan Giant Gazebo. Tak lupa Umah Caping sebagai tempat membeli pakan ternak.

Lokasi dan Kontak Caping Park

Taman wisata ini berada di Jalan Raya Baturaden Barat KM.08 Desa Kebumen, Baturaden, Banyumas. Pengunjung dapat menghubungi Caping Park di nomor telepon 0812-2579-6606 atau email info@capingpark.com.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.