Beranda Tiket Wisata

CURUG BAYAN Banyumas Tiket & Aktivitas - Juli 2020

Curug Bayan Harga Tiket: Rp7.000 Jam Buka: 06.00 - 17.30 No. Telepon: - Alamat: Dusun II Ketenger,Baturaden,Banyumas,Jawa Tengah,Indonesia,53151.

Berwisata di air terjun memang mengasyikkan. Terlebih di musim kemarau, yang di Indonesia sendiri panasnya sering tak tertahankan. Mengguyur diri dengan aliran air terjun dan menceburkan diri ke kolamnya sungguh menyegarkan. Seperti yang dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung ke Curug Bayan di Banyumas.

Aliran air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, namun kesegarannya tidak boleh diremehkan. Objek wisata ini dekat dengan Wisata Baturaden. Air terjun ini menjadi tujuan utama bagi masyarakat yang ingin menyegarkan diri. Karena, di Purwokerto dan sekitarnya tidak ada pantai, sehingga pelariannya adalah air terjun.

Harga Tiket Masuk Curug Bayan

Untuk menikmati objek wisata ini sangatlah terjangkau. Di dekatnya juga ada villa yang dapat diinapi oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 7.000
Sewa villaRp 450.000 / malam

Baca: 11 Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga petang. Namun, khusus bagi pengunjung yang menginap di villa dapat menikmati objek wisata selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap hari06.00-17.30 WIB

Pesona Keindahan Curug Bayan

Aliran Air Terjun yang Melewati Batuan
Aliran Air Terjun yang Melewati Batuan. Foto: Gmap/Nathania

Curug Bayan berlokasi kurang lebih 3 kilometer dari Wisata Alam Baturaden. Yang terkenal di Kabupaten Purwokerto. Lokasinya pun sangat dekat dengan jalan raya, sehingga tidak perlu trekking untuk menuju air terjun. Alamnya begitu asri, ditambah keindahan dam peninggalan Jepang dan Belanda yang masih berdiri kokoh.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter saja, namun pesonanya tetap menakjubkan. Di bawahnya terdapat kolam dengan luas 200-300 meter persegi dengan kedalaman 2-5 meter. Air terjunnya begitu jernih sehingga dasar kolam berupa batuan dapat terlihat dengan sangat jelas. Pengunjung dapat berenang dan bermain air di kolam tersebut dengan bebas.

Di musim kemarau, adalah waktu yang tepat untuk bermain air di sini. Karena, volume air tidak terlalu tinggi dan aliran air sangat jernih. Bahkan, batu-batu dasar kolam turut menyembul ke permukaan dengan gagahnya. Menyembulnya batu-batu ini menjadi estetika tersendiri di pemandangan Curug Bayan.

Baca: 6 Air Terjun Pilihan di Jawa Tengah

Keindahan Alam Memukau di Curug Bayan

keindahan panorama alam di curug bayan
Alam Indah di Curug Bayang. Foto: Gmap/Sandy Bagus

Tidak berlebihan jika menyebut Curug Bayan sebagai tempat yang asri. Karena, di sekitar air terjun masih banyak ditumbuhi dengan pohon-pohon. Pepohonan ini memenuhi latar belakang air terjun, seolah mengitari air terjun dengan keteduhannya. Tak sedikit pula tanaman rambat dan juga semak-semak yang menempel di dinding batu.

Jika biasanya kolam air terjun hanya ada satu di bawahnya, tidak demikian di Curug Bayan. Beberapa kolam dibuat di bawah air terjun dengan sekat-sekat khusus. Yang mana, sekat-sekat ini merupakan pembeda kedalaman kolam. Meskipun ada yang dangkal, harus tetap berhati-hati karena aliran dari air terjun cukup deras.

Kolamnya sendiri berasal dari air terjun, sehingga airnya begitu sejuk. Menikmati sejuknya air terjun dengan pemandangan hijau di sekitarnya sangat menenangkan. Menjadi penenang untuk menghilangkan kepenatan aktivitas sehari-hari.

Baca: Telaga Sunyi Baturraden Tiket & Aktivitas

Bermalam Nyaman di Curug Bayan

Wisma Curug Bayang yang Tampak Nyaman Dibaluti Teduhnya Pepohonan
Wisma Curug Bayang yang Tampak Nyaman Dibaluti Teduhnya Pepohonan. Foto: Gmap/david hendra

Di Curug Bayan terdapat villa bernama Wisma Curug Bayan. Villa ini benar-benar berada persis di bawah lokasi air terjun. Sehingga, membuka jendela villa langsung akan mendapatkan pemandangan indahnya air terjun. Serta dapat merasakan kesegaran kolam dan teduhnya pepohonan yang tumbuh di sekitar.

Villa di sini dibuat dari bahan kayu, yang dibangun bertingkat dengan model panggung. Villa ini memiliki dua tingkat, namun seolah tiga karena di bagian bawahnya merupakan tiang penyangga. Di lantai pertama berupa ruang terbuka yang dibatasi dengan kayu di sekelilingnya, sebagai tempat berkumpul. Barulah di bagian paling atas merupakan kamar-kamar untuk bermalam.

Kamar di sini tersedia berbagai ukuran dan tarif yang juga bervariasi. Ada ruangan pribadi bagi keluarga atau pasangan yang ingin menikmati alam Curug Bayan. Ada juga villa yang berukuran luas untuk menginap kolektif, seperti kegiatan mahasiswa.

Baca: Curug Jenggala Banyumas Tiket & Daya Tarik Wisata

Spot Foto di Curug Bayan

Pengunjung Tampak Mengabadikan Momen di depan Air Terjun
Pengunjung Tampak Mengabadikan Momen di depan Air Terjun. Foto: Gmap/rufki vinanda

Alam indah sangat sayang jika tidak diabadikan dengan berfoto. Pengunjung dapat merasakan ketenangan objek wisata ini sambil mengabadikan momen. Berfoto dengan latar belakang air terjun menjadi incaran para wisatawan. Meskipun tidak tinggi, namun air terjunnya tetap terlihat dari kejauhan.

Batu-batu yang menyembul di permukaan kolam juga dapat menjadi spot yang indah. Pengunjung dapat menaiki batu-batu besar yang ada. Kemudian berpose dengan latar belakang air terjun yang terlihat lebih jelas.

Tak jauh dari air terjun, juga terdapat panggung dari kayu. Panggung kecil ini muat untuk dua orang, yang disangga di atas batu. Dimana, biasanya tempat ini menjadi favorit pasangan untuk mengabadikan foto.

Baca: Curug Cipendok Banyumas Menyajikan Keasrian Alami

Segarnya Berenang di Air yang Sejuk

Dinginnya air terjun bukan masalah untuk menyejukkan diri di dalamnya. Pengunjung dapat bebas berenang di kolam. Tentunya harus menyesuaikan diri dengan kedalaman kolam.

Selain itu, pengunjung juga bebas membawa ban pelampung untuk berenang. Karena di sini tidak menyediakan sewa pelampung, jadi sebaiknya membawa sendiri. Tentu akan lebih seru dan menyenangkan, apalagi bermain bersama keluarga dan kawan-kawan.

Fasilitas

Fasilitas dapat dikatakan masih tradisional, seperti toilet dan mushola. Untuk menghangatkan diri, pengunjung juga dapat menikmati makanan di warung-warung kecil sekitaran. Banyak yang menjual mendoan khas Purwokerto, yang wajib dicoba ketika mengunjungi Curug Bayan.

Lokasi Curug Bayan

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat Kota Banyumas, air terjun ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini