Lembah Sumilir Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: 081227361535 Alamat: Desa milir RT01 / RW14, Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793.

Karanganyar menjadi salah satu pusat wisata alam yang ada di Jawa Tengah. Kaki Gunung Lawu menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona. Keindahan alam ini terwujud dalam satu objek wisata bernama Lembah Sumilir.

Kawasan wisata perbukitan yang berada di sebelah barat lereng Gunung Lawu. Keberadaannya seolah melengkapi wisata di sepanjang jalur Ngargoyoso-Jenawi. Pengunjung yang datang ke area ini juga dapat sambil menikmati berbagai objek wisata di sekitar kawasan wisata kemuning.

Harga Tiket Masuk Lembah Sumilir Karanganyar

Objek wisata ini pengelolaannya oleh masyarakat Bekerjasama dengan pihak perusahaan kebun teh di area tersebut. Oleh karena itu, pengunjung yang akan menikmati objek wisata ini perlu membayar biaya tiket yang relatif murah.

Harga Tiket Masuk Lembah Sumilir
Tiket MasukRp5.000

Baca: De Tjolomadoe Karanganyar Tiket & Zona Wisata

Jam Buka Lembah Sumilir

Kawasan wisata ini buka setiap hari dengan waktu yang sama. Buka pukul 8 pagi hingga tutup pukul 5 sore.

Jam Operasional
Jam Buka08.00-17.00

Beragam Wahana di Keindahan Area Perbukitan Lembah Sumilir

Panorama Keindahan Alam Perbukitan
Panorama Keindahan Alam Lembah Sumilir. Foto: Gmap/agrit maranto

Daerah Ngargoyoso Karanganyar, memiliki pesona alam yang begitu mempesona. Selain itu, di kawasan ini juga memiliki banyak objek wisata. Mulai dari wisata alam, wisata berfoto, hingga wisata sejarah peninggalan masa purbakala.

Lembah Sumilir berada di Desa Kemuning, yang memiliki keindahan alam berupa kebun teh. Biasanya, area kebun teh ini digunakan untuk foto pre wedding. Kemudian, masyarakat mulai mengembangkan objek wisata ini dan menggarapnya lebih serius.

Sejauh mata memandang, keindahan kawasan Ngargoyoso terlihat sangat jelas dari sini. Pepohonan hijau dan siluet Gunung Lawu yang begitu gagah. Ditambah dengan langit biru yang membuat pemandangan semakin menawan. Berikut beberapa wahana wisata menarik yang ada dalam obyek wisata Dusun Sumilir.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Rumah Hobbit Lembah Sumilir

Rumah Hobbit Lembah Sumilir
Rumah Hobbit Lembah Sumilir. Foto: Gmap/Trisno Ary Budi

Seperti wisata Lembang atau Sleman, Lembah Sumilir tak ingin ketinggalan menghadirkan Rumah Hobbit. Di sini, terdapat sebuah pondok yang desainnya mirip dengan Rumah Hobbit. Pengunjung terutama memanfaatkan objek ini untuk berfoto bersama atau selfie.

Rumah Hobbit ini terbuat dari bambu serta berdesain unik sehingga tampak seperti aslinya. Kemudian di bagian atap penuh dengan rerumputan, yang mana rumputnya merupakan jenis rumput Jepang. Selanjutnya pada bagian depan, tampak dua jendela lingkaran dan satu pintu oval.

Pintu dibuat cukup besar, begitu juga Rumah Hobbit, meskipun tampak kecil. Pintu ini memungkinkan pengunjung masuk ke dalam rumah. Tentunya, pengunjung dapat lebih bervariasi dalam mengambil angle foto.

Baca: Taman Balekambang Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Berbagai Spot Foto Keren

Spot Foto Rumah Pohon
Berfoto dari rumah pohon dengan latar bukit dan lembah.

Selama berada di sini berbagai spot foto dengan latar belakang pemandangan perbukitan hijau siap menemani. Selain itu, ada juga spot foto lain seperti rumah dari jerami. Rumah jerami ini berbentuk mengerucut seperti rumah suku Indian.

Ada juga spot foto berupa gerbang yang dipenuhi tanaman rambat. Kemudian di belakang gerbangnya terdapat tangga yang menuju ke atas. Pemandangan di atas tangga berupa pepohonan hijau yang terkadang berselimut kabut sehingga membuatnya lebih indah.

Selanjutnya ada juga ayunan yang terbuat dari kayu dengan tiang bambu. Sedangkan pemandangan di belakang ayunan adalah bukit dan pepohonan hijau. Selain itu ayunan unik dengan bentuk hammock pun ada di sini dengan latar belakang kebun teh.

Baca: Air Terjun Grojongan Sewu Tiket & Aktivitas

Wahana Permainan

Bermain wahana ATV lembah sumilir
Bermain wahana ATV salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di sini selain menikmati keindahan pemandangan.

Lembah Sumilir juga memiliki wahana permainan lain yang tak kalah seru. Ada camp ground, outbound, ATV track, hingga kolam renang. Sambil menikmati alam, pengunjung dapat bermain seru di wahana permainan.

Adu Ketangkasan dengan Memanah

Pengunjung dapat adu ketangkasan dengan memanah. Terdapat area yang cukup lapang untuk adu ketangkasan memanah.

Pengelola sudah menyediakan berbagai peralatan memanah. Dilengkapi juga dengan sasaran panah berupa papan dengan lingkaran di tengahnya. Usahakan dapat membidik tepat di bagian tengah.

Tidak hanya pengunjung laki-laki yang adu ketangkasan dengan memanah. Tak sedikit juga pengunjung wanita yang mencoba memanah.

Fasilitas di Lembah Sumilir

Sebagai objek wisata yang telah dikelola, Lembah Sumilir telah memiliki fasilitas penunjang yang memadai. Diantaranya mushola, tempat istirahat, gazebo, hingga tenda kuliner di area sekitar. Serta tak lupa, toilet dan parkir kendaraan luas untuk mobil maupun motor.

Lokasi dan Kontak Lembah Sumilir

Taman tematik ini berlokasi di kawasan wisata kemuning Dusun Milir, RT.001/RW.014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi nomor 081227361535.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,33 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini