KEBUN TEH KEMUNING Karanganyar Tiket & Aktivitas Maret 2024

KEBUN TEH KEMUNING

  • Harga Tiket Masuk: Rp100.000-Rp1.700.000
  • Jam Buka: 08.00 – 16.30 WIB
  • Nomor Telepon: 085326600685
  • Alamat: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57794

Kebun Teh Kemuning berada di area dataran tinggi sejuk karanganyar. Berlokasi tak terlalu jauh dari kota solo, area perkebunan menawarkan sensasi wisata kebun teh yang unik.

Karanganyar seolah menjadi daerah “puncak”-nya Jawa Tengah. Jika di Jawa Barat ada Bogor yang sering ramai kala liburan. Kebun Teh ini memiliki pemandangan indah hijau alami dengan hamparan tanaman teh di mana-mana. Tidak hanya itu, objek wisata ini juga menyediakan berbagai wahana dan spot foto yang menarik.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini menggratiskan tarif bagi wisatawan yang berkunjung. Bebas berfoto dan menikmati pemandangan. Pengunjung hanya perlu membayar jika ingin menaiki wahana yang ada di sini dengan harga mulai dari Rp100.000 – Rp1.700.000.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukGratis
Range Harga Paket: Ceria 1, Ceria 2, Ceria 3, Ceria 4, Ceria 5Rp100.000 – Rp200.000
Range Harga Jeep: Short, Medium, Medium 2Rp350.000 – Rp550.000
Range Harga Jeep: Long 1, Long 2Rp650.000 – Rp850.000
Full DayRp1.700.000
Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning

Baca: BUKIT PARALAYANG Kemuning Tiket Masuk & Bentang Alam Spektakuler

Jam Operasional

Objek wisata ini buka sejak pagi hari hingga sore hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.30. Namun, ada juga pengunjung yang datang di malam hari dan bermalam di sini. Biasanya mereka khusus ikut tur jip malam hari, sehingga ada pengawasan khusus dari pihak biro wisata.

Menikmati Indah Alam Kemuning

Pemandangan Gunung di Belakang Kebun Teh
Pemandangan Gunung di Belakang Kebun Teh. Foto: Gmap/alinda Jhannatsya

Kebun teh menghampar berhektar-hektar, menutupi permukaan tanah dengan warna hijau cantiknya. Objek wisata ini berada di ketinggian hingga 800-1.540 mdpl, yang membuatnya sejuk. Di hari yang cerah, suhu mencapai 21,5 derajat celcius. Oleh karena itu, pengunjung harus siap dengan jaket atau sweater untuk menghalau dingin.

Hamparan tanaman teh seolah menjadi karpet yang memenuhi permukaan lantai. Pohon-pohon teh ini diselingi dengan pepohonan yang tinggi menjulang. Jarak satu pohon dengan pohon lainnya sekitar 3 meter. Di mana pohon ini dapat menjadi peneduh pada saat terik matahari menyerang perkebunan.

Angin semilir membawa damai dalam ketenangan. Langit biru dan awan putih yang menaungi tampak begitu pas dengan hijaunya alam di bawahnya. Suasana begitu menenangkan, membawa hati semakin tenang. Tak salah, tempat ini sering menjadi tujuan wisata dari remaja hingga keluarga.

Baca: Lembah Sumilir Karanganyar Tiket Masuk & Wahana

Menyambut Mentari Pagi dan Para Pemetik Teh

Menyongsong Keelokan Mentari Pagi
Menyongsong Keelokan Mentari Pagi. Foto: Gmap/Nindhyta

Objek wisata ini sudah mulai dikunjungi sejak pukul 04.30 pagi. Tujuan utamanya adalah menyaksikan indahnya matahari terbit. Perlahan tapi pasti, sang surya mulai menampakkan cahayanya. Dengan gerakan malu-malu, memancarkan warna kuning merona dibalik kabut kelabu.

Pancarannya mulai menyinari pepohonan dan menembus dedaunan. Menampakkan garis lurus menuju tanah. Di jalan setapak, tampak ibu-ibu pemetik teh dengan alat tempurnya. Caping di kepala dan keranjang di punggung.

Gerakan tangan para pemetik teh ini begitu terampil. Memilih dan memetik pucuk daun teh untuk mendapatkan teh yang berkualitas. Daun teh yang dipetik di pagi hari aromanya lebih wangi dan segar. Karena inilah, para pemetik teh harus melakukannya di pagi hari.

Baca: GROJONGAN SEWU Tawangmangu Tiket Masuk & Aktivitas

Bertualang dengan Naik Jip

Jip Petualang yang Siap Mengarungi Kebun Teh
Jip Petualang yang Siap Mengarungi Kebun Teh. Foto: Gmap/Luki Ya

Bertualang dengan menaiki mobil jip menjadi pilihan tepat untuk menikmati kawasan kebun teh dan sekitarnya. Pengunjung akan berkeliling selama delapan jam. Jip ini biasanya mangkal di Terminal Kemuning, Kampung Wisata Gadungan, dan di Air Terjun Jumog. Pengunjung bisa datang ke salah satu tempat tersebut untuk menyewa jip.

Harga sewa bervariasi, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp700.000. Tergantung rute wisata dan jenis jip yang digunakan. Satu mobil jip dapat menampung 4 hingga 5 wisatawan, dengan satu sopir. Perjalanan cukup menantang apalagi jalurnya tidak rata, berkelok, dan naik turun.

Untuk tarif Rp 1.500.000 biasanya khusus untuk petualangan di malam hari. Jadi, pengunjung akan merasakan pengalaman melewati jalan-jalan di kebun teh pada malam hari. Sedangkan malamnya bisa berkemah di kawasan kebun teh. Dan di pagi harinya, mulai untuk petualangan lagi.

Baca: Telaga Madirda Karanganyar Wisata Danau Lereng Gunung Lawu

Paralayang di Atas Kebun Teh Kemuning

kegiatan paralayang di atas kebun teh kemuning
Wisatawan bisa mencoba olahraga ekstrem paralayang di sekitar area kebun teh. Foto: Google Maps/ Stwn Angrh

Berada di ketinggian ribuan meter menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan. Aktivitas paralayang merupakan pilihan yang tepat. Melayang di udara, dengan hamparan tanaman teh di bawahnya. Sungguh keindahan yang tiada duanya. Apalagi udara yang sejuk, melayang menjadi semakin sejuk.

Bagi yang belum bisa, sudah ada pemandu yang siap mendampingi jadi tidak perlu khawatir lagi. Melayang di udara dengan parasut sangat memacu adrenalin. Ini dapat menjadi opsi bagi pengunjung yang senang dengan olahraga ekstrem. Selama di atas pengunjung pun dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan awan. Atau hamparan kebun teh di bawahnya.

Baca: LAWU PARK Tawangmangu Tiket Masuk & Aktivitas

Spot Foto Favorit

Keindahan alam ini berpadu dengan spot foto yang begitu menarik. Pengelola telah membuat beberapa spot foto dengan bahan kayu. Seperti Jembatan Bintang, dan spot-spot lainnya. Berfoto di spot ini dengan latar belakang kebun teh menjadi pilihan para wisatawan.

Tak lupa, pengunjung dapat mencicipi rasa nikmat teh yang dipetik dari kebun teh. Cafe favorit pengunjung adalah Ndoro Dongker. Letaknya tidak jauh dari Kebun Teh Kemuning, yang selalu ramai dengan wisatawan. Apalagi jika bukan karen desain cafe dan sajian makanan yang begitu nikmat.

Baca: 10+ Tempat Wisata Terbaik di Karanganyar

Lokasi

Objek wisata ini terletak di Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berjarak sekitar 42 Kilometer dari Solo, area dataran tinggi kebun teh ini bisa dicapai dalam waktu 1 jam berkendara.

Berikan Rating

4.3 - 35 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: