Pemandangan hijau dan asri di Taman Wisata Kaliurang
Pemandangan Hijau dan Asri di Taman Wisata Kaliurang. Foto: Gmap/Hanung Adi Nugroho

Jogja selalu menarik untuk dikulik, terlebih tempat wisatanya. Berbagai wisata tersedia di Jogja, mulai dari wisata buatan hingga wisata alam. Seperti halnya Taman Wisata Kaliurang, yang memadukan unsur alam dengan taman rekreasi.

Taman rekreasi ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Bukan hal aneh jika objek wisata ini sangat sejuk. Menghabiskan waktu untuk berlibur di sini merupakan pilihan yang tepat.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang

Untuk dapat masuk ke kawasan objek wisata ini, dikenakan tarif yang murah. Namun, untuk menikmati wahana permainan di sini, dikenakan tiket setiap wahana.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang
Tiket Masuk per Orang Rp8.000
Tiket tiap wahana permainan Rp25.000

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & 8 Aktivitas Seru

Jam Buka Taman Wisata Kaliurang

Taman rekreasi ini buka setiap Senin sampai Jumat pukul 8 sampai 4 sore. Di hari Sabtu, buka pukul 6 pagi dan tutup pukul 6 sore. Sementara hari Minggu, buka pukul 5.45 pagi dan tutup pukul 6 sore.

Jam Buka
Senin – Jumat 08.00 – 16.00
Sabtu 06.00 – 18.00
Minggu 05.45 – 18.00

Wisata Sejuk di Taman Wisata Kaliurang

Patung gajah di Taman Wisata Kaliurang
Hiasan patung Gajah di Taman Wisata Kaliurang. Foto: Gmap/Amelia Okta

Taman Wisata Kaliurang dapat menjadi referensi wisata akhir pekan keluarga. Pemandangan sekitar sangatlah indah, masih banyak pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang. Ditambah lagi pemandangan puncak Gunung Merapi yang gagah.

Selain itu, udara di sekitar pun masih sangat sejuk. Aroma asap kendaraan bermotor pun tidak tercium di kawasan ini. Berada di sini membuat paru – paru menjadi lebih sehat.

Banyak wisatawan yang datang bersama keluarga. Duduk santai beralaskan tikar di atas rerumputan sambil bercengkerama dengan keluarga. Ditambah lagi, suasana yang sangat mendukung untuk beramah – tamah.

Pemandangan hijau dan asri di sekitar area taman
Pemandangan Hijau dan Asri di sekitar area taman Foto: Gmap/Hanung Adi Nugroho

Tiupan angin sepoi – sepoi turut hadir membawa suasana yang tenang. Kicauan burung saling bersahutan, seolah tak ingin ketinggalan untuk bersenda gurau. Sungguh suasana yang menjadi dambaan.

Apalagi, pihak pengelola membolehkan wisatawan membawa makanan sendiri. Sehingga, tak jarang terlihat pengunjung menikmati perbekalan di bawah langit cerah.

Wahana Permainan Outbound

Wahana outbound anak-anak
Wahana Outbound anak-anak yang cukup lengkap. Foto: Gmap/Rizky Dachlan

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Taman Wisata Kaliurang pun memiliki wahana outbound. Seperti flying fox hingga rumah pohon Ridz High Rope.

Kedua wahana outbound tersebut sangatlah menjadi favorit pengunjung. Selain menghibur diri di wahana permainan, di sini juga mengasah keberanian. Terutama anak – anak agar memiliki keberanian yang tinggi dan tidak mudah takut.

Baca: Puri MATARAM Sleman Tiket & 5 Aktivitas Seru

Taman Kita Oreo

Tahun lalu, tepatnya bulan Oktober 2018, ada wahana permainan tambahan untuk wisatawan. Wahana tersebut adalah Taman Kita Oreo. Taman Kita Oreo menyuguhkan wahana taman bermain yang seru.

Seperti namanya, wahana ini dibuat oleh brand biskuit Oreo. Tujuan didirikannya wahana ini adalah untuk menciptakan interaksi sosial lebih dalam. Sehingga tidak hanya percakapan sederhana, tapi juga dikemas dalam bentuk wahana permainan.

Adanya wahana ini diharapkan mampu membangun hubungan antar pengunjung. Karena wahana permainannya sangatlah interaktif dan mengasyikkan.

Baca: Bukit KLANGON Sleman Tiket & 5 Aktivitas Top

Makanan Khas yang Wajib Dicoba

Meskipun pengunjung diperbolehkan membawa makanan dari rumah, namun tetap saja tergoda mencoba kuliner. Kaliurang memiliki kuliner yang terlihat sederhana, namun rasanya benar – benar enak. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Terlepas dari gudeg Jogja dan bakpia yang sangat terkenal. Kaliurang sendiri pun memiliki kuliner yang wajib dicoba. Apalagi sangat mudah ditemukan di kawasan Taman Wisata Kaliurang.

Makanan seperti jadah tempe, nasi klenyer, dan sate donal. Serta minuman hangat seperti wedang gedang dan wedang ronde. Mungkin beberapa masih asing di telinga, karena di luar Kaliurang cukup jarang ditemukan.

Baca: The LOST WORLD Castle Tiket & 5 Spot Foto Keren

Jadah tempe menjadi jajanan khas wajib ketika berkunjung ke Kaliurang. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang berwarna putih. Rasanya gurih, namun teksturnya empuk dan sedikit lengket.

Satu yang unik adalah keberadaan sate kelinci yang dijual bebas. Mungkin cukup kaget karena hewan imut ini dijadikan sate. Namun pada kenyataannya, sate kelinci pun banyak dicari wisatawan.

Makanan dan minuman ini sangat cocok dikonsumsi di kawasan obyek wisata ini. Karena disajikan hangat, dan dikonsumsi dalam lingkungan alam yang sejuk.

Baca: Agrowisata BHUMI MERAPI Tiket & 4 Aktivitas Seru

Lokasi Taman Wisata Kaliurang

Taman rekreasi ini berada di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Tepatnya berada di Jalan Siaga, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,70 / 30 pembaca