Beranda Tiket Wisata

Leuwi Jurig Eksotisme Aliran Sungai Bungbulang - Desember 2020

Leuwi Jurig
Harga Tiket: Gratis - Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Cihikeu,Bungbulang,Garut,Jawa Barat,Indonesia,44165.

Potensi wisata alam di Garut tampaknya tidak akan pernah ada habisnya. Terlalu banyak kenampakan alam daerah ini yang belum digali dan dikembangkan menjadi destinasi wisata. Satu di antaranya adalah Leuwi Jurig yang ada di Bungbulang, Garut.

Objek wisata merupakan salah satu bagian sungai yang mengalir di Bungbulang dan menyajikan pemandangan menarik. Wisatawan akan dimanjakan dengan air jernih berwarna hijau-kebiruan yang mengalir di antara formasi dinding batu. Pemandangan alami ini bahkan sering disandingkan dengan Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat.

Tiket Masuk Leuwi Jurig

Pesona Leuwi Jurig bisa dinikmati hanya dengan membayar tiket parkir dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak ada tiket masuk khusus untuk memasuki objek wisata alam ini.

Tiket Masuk
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp10.000

Baca: 12 Tempat Wisata Menarik di Garut

Jam Buka

Leuwi Jurig masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Tidak ada jam operasional resmi yang berlaku. Pengunjung dapat datang kemari kapan saja, namun disarankan datang di siang hari agar bisa menyaksikan pemandangan terbaik.

Jam Operasional
Setiap Hari24 jam

Pesona Leuwi Jurig

Hutan di atas tebing
Hutan alami yang menutupi bagian atas tebing, tampak Leuwi Jurig mengalir di bawahnya – Foto: Google Maps/lukman pratama1996

Baca: Kebun Mawar Situhapa Garut Tiket & Daya Tarik

Leuwi Jurig adalah sebutan bagi salah satu spot di sungai yang mengalir di Kecamatan Bungbulang, Garut. Namanya merupakan bahasa Sunda dari ‘Lubuk Setan’. Terdengar mistis, namun penampakannya jauh dari kesan tersebut.

Berada di bawah Jalan Raya Bungbulang, objek wisata ini sangat mudah dijangkau. Rupanya sederhana–hanya sebuah bagian sungai dengan lubuk dan tebing batuan di sisinya. Namun, aliran airnya yang jernih dan kehijauan berpadu dengan lanskap tebing menjadikan objek wisata ini terlihat istimewa.

Panorama Sekitar

Jalan setapak curam
Akses jalan setapak yang curam dan berpotensi licin sehingga wisatawan harus memperhatikannya demi keamanan – Foto: Google Maps/lukman pratama1996

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Leuwi Jurig adalah bagian terdalam atau lubuk dari sungai yang mengalir di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Leuwi atau lubuk ini sebenarnya bernama Leuwi Rupit. Entah karena lokasinya di Kampung Rupit atau memang kenampakannya yang ber-‘rupit’ atau diapit tebing.

Lokasinya tidak sulit dijangkau. Berjarak sekitar 2-3 jam berkendara dari pusat Kota Garut, Leuwi Jurig mengalir melewati Jalan Raya Bungbulang. Wisatawan cukup memarkirkan kendaraan di dekat warung-warung, kemudian berjalan kaki sedikit.

Suasana sekitar leuwi
Tebing dan hutan yang melengkapi suasana asri di sekitar aliran sungai bungbulang – Foto: Google Maps/Nasi Goreng Bakso

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Jalan setapak ini akan membawa pengunjung ke bawah menuju tepian sungai. Tebing-tebing dengan hutan sebagai pucuk-pucuknya semakin tinggi seiring langkah mendekati Leuwi Jurig. Hati-hati melangkah, karena jalanan berkerikil dan licin.

Pengunjung akan tiba di tepian sungai yang dihiasi oleh bebatuan besar sebagai pijakan. Batu-batu ini menjorok ke sungai dan langsung menyajikan pemandangan yang eksotis. Aliran sungai yang tenang memantulkan panorama sekitarnya seraya diselimuti suasana sejuk.

Keindahan yang Berbahaya

Leuwi Jurig
Leuwi Jurig, dikenal juga Leuwi Rupit, adalah lubuk sungai yang berada di Kecamatan Bungbulang, Garut – Foto: Google Maps/Dede anwar arof

Baca: Curug Sanghyang Taraje Garut Tiket & Daya Tarik

Panorama indah Leuwi Jurig adalah perpaduan dari kejernihan air, kemegahan formasi tebing batu, serta keasrian hutan di atasnya. Aliran sungai berkelok-kelok dengan anggun di antara tebing berwarna alami hasil bentukan alam. Di hari yang cerah, semua pemandangan ini akan terpantul dengan sempurna di permukaan air.

Namanya memang “jurig”, alias setan. Bukan karena alasan mistis, melainkan geografis. Leuwi Jurig melingkupi sungai dengan kedalaman mulai dari 1 meter hingga 10 meter. Di bagian lubuk terdalam, terdapat arus air yang kencang.

Arus air ini memang tidak terlihat dari permukaan. Namun, lokasinya bisa diperkirakan dari warna air yang semakin gelap. Arus ini yang telah menelan sejumlah korban wisatawan yang kurang berhati-hati ketika berenang di sini.

Berburu Foto Cantik

Bersantai di pelampung
Pengunjung mencoba bersantai menggunakan pelampung di bagian dangkal – Foto: Google Maps/dedeyudi nuryana

Meski memiliki sejarah yang cukup kelam, namun bukan berarti wisatawan tidak bisa menikmati objek wisata ini. Wisatawan boleh berenang di area yang dangkal dan dekat tepian. Tidak boleh nekat berenang ke tengah, apalagi hanya demi mendapatkan tangkapan foto terbaik.

Wisatawan berenang di leuwi
Sejumlah wisatawan menikmati kegiatan berenang dan bermain air – Foto: Google Maps/Ade Fulki

Panorama yang tersaji memang salah satu daya tarik utama bagi wisatawan, terutama pecinta foto. Selain menawan, kenampakan alaminya memang tidak mudah dijumpai. Tempatnya yang tenang menjadikan semacam obat yang meluruhkan stress dan kejenuhan.

Fasilitas Leuwi Jurig

Karena dikelola secara swadaya, objek wisata ini belum sepenuhnya memiliki fasilitas yang memadai. Namun, pengunjung tetap memiliki akses area parkir, toilet, dan mushola. Warga juga mendirikan warung-warung kecil yang bisa jadi tempat mengganjal lapar bagi wisatawan.

Lokasi Leuwi Jurig

Leuwi Jurig bisa dicapai melalui Jalan Raya Bungbulang, Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Kota Garut, arahkan kendaraan ke Jalan Raya Garut – Cikajang dan ikuti jalan hingga lokasi. Jalan ini cukup sempit dan berkelok-kelok. Rute yang sama juga akan membawa wisatawan melewati objek wisata Curug Orok.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini