Beranda Tiket Wisata

PANTAI RANCABUAYA Garut: Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Pantai RancabuayaHarga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat , Indonesia, 44166

Pantai Rancabuaya memiliki kombinasi keindahan pantai yang diidamkan wisatawan. Mulai dari pasirnya yang putih dan lembut, air laut yang jernih bergradasi, serta pemandangan indahnya. Tidak hanya itu, bukit karang dan batuan karang di bibir pantai turut menjadi pelengkap indahnya tempat ini. Wisatawan pun dapat menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan di area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya

Objek wisata ini menerapkan harga tiket masuk yang terjangkau. Namun, berbeda di hari biasa dan di akhir pekan.

Harga Tiket Masuk
Hari biasaRp5.000
Akhir pekanRp10.000

Baca: 15+ Tempat Wisata Terbaik di Garut

Jam Operasional

Objek wisata ini tidak menerapkan jam operasional yang ketat. Jika tidak berencana menginap, dapat datang di pagi atau sore hari. Dan sore hari adalah waktu yang terbaik untuk dapat menikmati matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Pesona Pantai Rancabuaya

Tebing Batu Karang Berselimut Lumut
Tebing Batu Karang Berselimut Lumut. Foto: Gmap/deri ramdani

Pantai Rancabuaya menjadi terkenal sejak kemunculannya dalam Novel karya Dee. Mulai dari sana, pantai yang hanya dikunjungi warga lokal, kini mulai banyak wisatawan. Tidak hanya warga Garut, tapi juga warga dari luar Garut mengidolakan pantai ini. Tak heran, karena pantai ini menawarkan keindahan alam yang begitu memukau.

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu lembut. Memanjakan kaki ketika menginjakkan di atas pasir. Namun, pasir ini tidak langsung bersentuhan dengan air laut, melainkan ada batuan karang yang membatasi. Karang-karang di permukaan pantai, tempat ikan-ikan kecil bersembunyi.

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Sejauh mata memandang, terdapat pepohonan yang tumbuh di kejauhan. Tampak hijau dan rimbun dipandang dari tepian pantai. Ombak yang berdebur begitu tenang dan mendamaikan. Apalagi air lautnya begitu jernih, bahkan tampak berwarna biru, hijau, dan putih.

Tebing Ukir Unik di Tepi Pantai

Pemandangan Pantai Rancabuaya
Pemandangan Pantai Rancabuaya. Foto: Gmap/Khrisna Nugraha

Keunikan pantai ini adalah adanya tebing yang terukir dengan unik. Dulunya, tebing-tebing ini merupakan perbukitan yang terhubung satu sama lain. Lama-kelamaan, bukit di sekitar pantai terkikis oleh ombak dan angin laut. Sehingga menyisakan tebing yang unik ini.

Supaya tampak indah, pengelola telah mengukir motif-motif khas pantai. Yang membuat tebing ini semakin tampak cantik menawan. Meskipun diukir, warna alami dari tebing tetap dipertahankan. Supaya tampak lebih cantik dan alami.

Baca: SABDA ALAM Garut Tiket & Aktivitas

Camping Seru di Pantai

Jika ingin menikmati segala suasana pantai, wisatawan dapat berkemah di sini. Meskipun tidak tersedia persewaan berkemah, wisatawan dapat membawa sendiri. Yang terpenting tetap ramah lingkungan dan tetap menjaga kebersihan alam.

Baca: Talaga Bodas Garut Tiket & Aktivitas

Biasanya, wisatawan yang berkemah datang saat sore hari. Menjelang senja sambil menikmati matahari terbenam. Kemudian, di malam hari santap seafood bakar di tepi pantai. Dan pagi harinya, wisatawan akan dibangunkan dengan suara deburan ombak yang syahdu.

Ditambah lagi matahari terbit yang memerahkan langit pagi. Wisatawan juga mendapatkan bonus pemandangan warga sekitar yang mulai kegiatan di pantai. Ada yang mulai mencari ikan, ada juga yang sudah mulai membuka warung.

Air Terjun Unik yang Menghadap Pantai

air terjun di sekitar pantai
Uniknya pantai ini memiliki air terjun yang lokasinya tidak begitu jauh dari area pantai. Foto: Google Maps/Yobi Aris

Tidak hanya tebing yang terukir unik, di pantai ini juga terdapat air terjun. Seperti one stop holiday, dimana wisatawan dapat menikmati laut dan air terjun sekaligus. Di tebing yang menghadap ke pantai, terdapat aliran air terjun. Dimana, air terjun ini mengalirkan air tawar yang sangat jernih.

Limpahan airnya langsung mengarah ke laut. Terjunan ini didapatkan dari aliran air yang ada di atas tebing. Dimana, terdapat saluran anakan yang jumlahnya ada tiga aliran. Wisatawan dapat menikmati langsung percikannya.

Beberapa wisatawan sengaja berdiri di bawah air terjun untuk merasakan derasnya air. Rasa segar akan langsung didapatkan tatkala tubuh dibasahi oleh aliran air terjun. Dan berfoto di bawah air terjun adalah yang banyak dipilih selain bermain di bawahnya.

Baca: Pantai Santolo Garut Tiket & 9 Ragam Aktivitas

Menikmati Senja di Pantai Rancabuaya

Senja di Rancabuaya
Senja di Rancabuaya. Foto: Gmap/Kus Kuswanto

Pantai Rancabuaya memiliki pesona matahari terbenam yang indah. Wisatawan akan memadati pantai sejak sore hari. Ada yang sudah siap dengan kamera untuk mengabadikan momen. Ada juga yang sudah bersiap duduk di tepian pantai untuk menyaksikan tenggelamnya matahari.

Pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Meskipun pantai ini berada di sebelah selatan menghadap Samudera Hindia. Namun, tingkat kemiringannya menghadap ke barat. Yang menjadikan pemandangan matahari terbenam dapat terlihat dengan jelas.

Mencari Ikan di Sela Karang

Pantai Rancabuaya memiliki tepian pantai yang dipenuhi dengan karang. Karang-karang ini tidak berbahaya, karena berada rendah dan cukup aman dijejaki. Batuan karang ini tampak tertutup lumut hijau di sela-selanya.

Baca: Candi Cangkuang Garut Tiket & Ragam Daya Tarik

Wisatawan yang gemar mencari ikan dapat memanfaatkan lokasi ini. Dimana, di sela-sela batuan biasanya terdapat ikan-ikan kecil. Wisatawan dapat langsung mengambil ikan dengan jaring dan memasukkannya di ember.

Lokasi Pantai Rancabuaya Garut

Pantai pasir putih ini berlokasi di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Lokasinya berada di pedesaan yang asri, dengan pemandangan yang indah. Untuk mencapai ke sini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Jarak tempuh kurang lebih 100 Km dari pusat Kota Garut. Dapat ditempuh dalam waktu 3 jam menggunakan kendaraan.

Tanggapan:

5 / 5. dari 4

Kasi Bintang