Beranda Tiket Wisata

PUNCAK GUHA Pemandangan Laut 360 Derajat – Desember 2022

1
Harga Tiket Masuk Puncak Guha : Rp5.000-Rp7.500Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Kampung Sinarjaya, Bungbulang, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44165

Ketika bosan dengan udara perkotaan yang penuh polusi dan membuat sesak, alam selalu jadi pelarian yang tepat. Seperti yang ditawarkan oleh Puncak Guha, salah satu objek wisata pesisir di Garut. Berlokasi tepat di atas sebuah gua, Puncak Guha merupakan tebing karang yang menjorok ke laut.

Tebing ini memberikan pengalaman menikmati keindahan laut dari tempat yang tidak biasa. Suasana nya masih sangat asri karena minim pengunjung, sehingga tempat wisata ini cocok sebagai tempat mencari udara segar–jauh dari keramaian kota.

Tiket Masuk Puncak Guha

Puncak Guha adalah objek wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Tiket masuknya sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp7.500
Tiket Camping Rp5.000

Baca: PANTAI RANCABUAYA Garut: Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka

Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Pengunjung juga dapat mendirikan tenda dan berkemah di sini.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Panorama Puncak Guha

Puncak Guha
Puncak Guha merupakan objek wisata berupa bukti tebing karang dengan pemandangan laut – Foto: Google Maps/Firman Zahir Romaila

Baca: Leuwi Tonjong Surga Tersembunyi di Garut

Nama Puncak Guha tampaknya sudah sangat jelas menggambarkan objek wisata ini. Objek wisata yang menawarkan bukit hijau di atas gua karang dengan pemandangan laut. Letaknya di pesisir pantai selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Belakangan, kawasan wisata yang awalnya sepi pengunjung kini mulai ramai oleh wisatawan, terutama anak muda. Tempat wisata ini jadi incaran baru untuk berburu foto-foto alam yang cantik dan instagrammable. Tiket masuknya yang murah serta lokasi yang relatif mudah dicapai membuatnya mulai banyak dilirik sebagai destinasi wisata.

Pemandangan dari Atas Bukit

pemandagan laut 360 derajat dari puncak guha
Pemandagan laut 360 derajat bisa disaksikan dari area perbukitan yang terdapat di Puncak Guha. Foto: Google Maps/robi azhari

Baca: Pantai Santolo Garut Tiket & 9 Ragam Aktivitas

Puncak Guha tidak menawarkan sembarang pemandangan. Wisatawan yang datang kemari akan dimanjakan oleh pemandangan sejauh 360 derajat tanpa penghalang. Setiap sisi menyajikan lukisan alam berbeda dan luar biasa.

Di sisi barat dan timur, wisatawan dapat melihat pantai berpasir hitam yang menjadi muara sungai. Karena bukan pantai wisata, kecantikannya masih sangat terjaga. Sementara di sisi selatan, sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah laut.

Pemandangan laut adalah primadona utama yang dicari para pengunjung. Lokasinya yang berada di dataran tinggi memberikan pengalaman menikmati keindahan pesisir dan laut dengan nuansa yang berbeda. Waktu bersantai sambil menikmati pemandangan ini akan ditemani hembusan kuat angin laut serta deburan ombak di bawah karang.

Baca: 12+ Tempat Wisata Paling Oke di Garut

Keasrian yang Terjaga

hamparan sawah dan sungai
Pemandangan sawah dan sungai yang menghiasi di sekitar jalan menuju Puncak Guha – Foto: Google Maps/Archiaston Musamma

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Masih belum banyak yang tahu keberadaan maupun keindahan yang dimiliki oleh Puncak Guha. Namun, objek wisata ini sudah cukup populer di kalangan pelancong pecinta alam. Dikarenakan objek wisata ini salah satu yang hampir tidak terkena campur tangan manusia.

Bukitnya masih diselimuti hamparan rumput hijau dan sejumlah pepohonan yang tumbuh secara alami. Di bawah bukit, terdapat gua karang yang didiami koloni kelelawar. Puncak Guha juga dikelilingi oleh sungai, persawahan, dan suasana desa pesisir asli.

Menyatu dengan Alam

rekreasi di Puncak Guha
Berbagai aktivitas dapat dilakukan, seperti berkemah, piknik, hingga berburu foto cantik – Foto: Google Maps/Derry Kurniawan

Baca: Curug Sanghyang Taraje Garut Tiket & Daya Tarik

Selain menikmati pemandangan Samudera Hindia yang luas dari atas bukit, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lainnya di sini.

Ruang terbuka yang tersedia dapat dijadikan area piknik bersama kerabat dan orang-orang tersayang. Waktu terbaik untuk piknik adalah ketika pagi atau sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu terik.

Aktivitas lainnya yaitu berkemah. Tidak sedikit pelancong yang mendirikan tenda dan berkemah. Tapi ingat, tepat di bawah bukit terdapat gua karang yang menjadi rumah bagi ribuan kelelawar. Sebaiknya bawa masker untuk menahan bau menyengat dari kotoran kelelawar, ya!

Pesona Alam Memukau

Berfoto ketika sunrise
Salah satu lokasi di Garut yang tepat untuk berburu pemandangan matahari terbit maupun terbenam – Foto: Google Maps/Cadil Eka

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Puncak Guha berada di dataran tinggi dan tidak terhalang apapun. Lokasinya cocok untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Pada hari cerah, wisatawan dapat menyaksikan perubahan warna langit yang memesona serta pantulan sinar mentari di permukaan laut. Pemandangan ini juga yang menjadi incaran pengunjung untuk dijadikan latar foto. Tanpa filter ataupun proses editing, hasil foto yang didapat dijamin akan membuat siapapun terkesima.

Fasilitas Puncak Guha

Karena dikelola secara swadaya dan tanpa campur tangan pemerintah, Puncak Guha belum dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang maksimal. Area parkir dan sejumlah warung serta gazebo istirahat bisa ditemukan di sini.

Namun, fasilitas toilet dan mushola masih belum tersedia. Pengunjung yang ingin menginap di sekitar obje wisata bisa memilih berkemah atau mencari penginapan di kawasan sekitarnya.

Lokasi Puncak Guha

Objek wisata ini berada di Kampung Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya berjarak hanya sekitar 3 kilometer dari Pantai Rancabuaya. Pintu masuknya mudah diakses karena berada di pinggir jalan raya. Jalan masuknya berupa jalan setapak dengan permukaan tanah merah yang cukup menanjak.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 18

Berikan Rating

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini