Beranda Tiket Wisata

Curug Orok Garut Tiket Dan Ragam Aktivitas Wisata - Desember 2020

Curug Orok
Harga Tiket: Rp12.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Cikandang,Cikajang,Garut,Jawa Barat,Indonesia,44171.

Berada di tengah pegunungan dan jauh dari keramaian kota metropolitan menjadikan Garut sebagai destinasi yang tepat untuk menghilangkan penat. Kota ini memiliki banyak alternatif bagi para wisatawan penggemar wisata alam. Curug Orok adalah satu di antaranya.

Air terjun yang sudah dikenal sejak zaman Belanda itu menawarkan keindahan sekaligus kenyamanan bagi para pengunjungnya yang membutuhkan ketenangan dari alam.

Tiket Masuk

Curug Orok memberlakukan tiket yang sudah termasuk biaya parkir. Kawasan wisata ini bekerja sama dengan TNI sehingga tidak perlu khawatir masalah keamanan dan parkir liar.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp12.000

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik Di Garut

 

Jam Operasional

Curug Orok dibuka setiap hari, baik hari biasa maupun hari libur. Disarankan datang pagi hari ketika udara masih sejuk dan minim pengunjung.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Orok

Kawasan wisata curug orok
Curug Orok merupakan mata air pegunungan yang mengalir dariketinggian 45 meter – Foto: Google Maps/Rizky Fauziah

Banyak sumber mengatakan Curug Orok memiliki kisah tragis di balik penamaannya yang berarti “Air Terjun Bayi”. Nyatanya, kisah tersebut merupakan karangan dari pihak Belanda agar warga sekitar menjauhi air terjun yang sudah populer sebagai tempat wisata sejak dulu ini.

Ini karena area Curug Orok dulunya dimanfaatkan sebagai gudang persenjataan pihak Belanda. Agar tidak terganggu, tersebarlah kisah adanya perempuan yang membuang bayi ke sana, sebuah asal-usul nama “Orok” bagi air terjun tersebut.

Baca: Pantai Santolo Tiket & 9 Ragam Aktivitas

Curug Orok sangat cocok menjadi tujuan wisata alam. Selain perjalanan yang dihiasi pemandangan indah, terdapat fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Keindahan Curug Orok

Area curug orok
Area curug dengan limpahan air yang cukup deras. Foto: Google Maps/Aas Erlan

Curug Orok merupakan gabungan dari beberapa air terjun dengan total ketinggian 45 meter. Terdapat tiga air terjun yang keluar dari mata air pegunungan. Dari kejauhan, akan tampak satu air terjun tertinggi yang diibaratkan sebagai induk, sementara dua air terjun rendah di sampingnya dianggap menyimbolkan anak atau bayi (“orok”).

Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni rangkaian anak tangga sekitar 200 meter jaraknya. Meski jauh, sepanjang jalan menuruni tangga ini pengunjung sudah dimanjakan oleh pemandangan air terjun di kejauhan. Semakin mendekat, semakin terdengar gemericik suara air yang tertampung di telaga dan mengalir menjadi sungai.

Air yang mengalir di curug merupakan aliran dari mata air pegunungan. Kondisinya yang belum terusik tangan manusia menjadikan air di Curug Orok masih sangat jernih dan bersih. Pengunjung boleh menikmati kesegaran air dari curug ini dengan bermain di telaga atau sungainya. Meski begitu, pengunjung tidak diizinkan memanjat dinding bebatuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca: Talaga Bodas Garut Tiket & Aktivitas

Setelah puas bermain air, pengunjung bisa beristirahat di gazebo atau saung yang sudah disediakan secara cuma-cuma. Tempat ini cocok untuk menikmati makanan atau perbekalan yang sudah dibawa dengan ditemani suara-suara alam. Jika masih belum puas bermain, coba eksplorasi sungai dengan tebaran bebatuan besar. Spot ini juga tidak kalah populer sebagai spot foto wisatawan.

Kolam Cikahuripan

Kolam Ci Kahuripan
Kolam Ci Kahuripan yang menampung air dar mata air alami – Foto: Google Maps/nisa khairun

Tidak jauh dari air terjun, terdapat sebuah kolam yang berdampingan dengan bebatuan besar. Meski tampak berantakan, namun sebenarnya kolam tersebut memang sengaja ditata demikian Kola mini menampung air yang berasal dari mata air alami yang mengalir di antara bebatuan besar. Arsitekturnya justru unik dan berbeda dari kolam renang lainnya.

Mata air yang mengalir tersebut dikenal sebagai “Cai Kahuripan” atau ‘Air Kehidupan’. Airnya dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti menyehatkan kulit dan menghilangkan berbagai penyakit. Air ini sempat melewati uji lab dan memang mengandung mineral di atas rata-rata air pada umumnya. Jadi, tidak heran jika air kolam ini memang memberi manfaat baik bagi penggunanya.

Kegiatan Wisata Lainnya

Penginapan di Curug Orok
Penginapan dengan nuansa kayu yang bisa disewa oleh pengunjung Curug Orok – Foto: Google Maps/Fitra Nugraha

Curug Orok berada di sekitar kawasan kebun kopi dan teh. Garut memang terkenal dengan komoditas tanaman yang populer dijadikan minuman tersebut. Jika menghubungi pengelola, pengunjung bisa mendapatkan tur singkat di kebun kopi atau teh untuk mengetahui lebih banyak tentang kedua tanaman itu.

Bagi yang ingin bermalam, di sini juga menyediakan dua jenis pilihan. Pertama, penginapan yang berjajar di lahan parkir. Penginapan ini bernuansa kayu dan kondisinya terawat. Kedua, terdapat area perkemahan di lahan terbuka. Pengunjung tinggal memilih, ingin kenyamanan di penginapan atau bersatu dengan alam dalam tenda.

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Fasilitas Curug Orok

Curug Orok merupakan air terjun dengan tinggi total 45 meter. Kawasan wisata ini dikelola dengan baik dengan dilengkapi lahan parkir yang luas (cukup untuk bus), toilet bersih, mushola, kios makanan dan cinderamata, serta gazebo atau saung. Fasilitas lainnya adalah penginapan, area berkemah, dan kolam renang dari sumber mata air alami.

Lokasi Curug Orok

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sangat jarang angkutan umum yang langsung melewati tempat wisata ini, sehingga dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya berjarak sekitar kurang lebih satu setengah jam waktu tempuh.

Akses jalannya sudah bagus, namun ada beberapa titik yang masih berupa jalan tanah berbatu dan harus diwaspadai oleh pengendara mobil mini bus. Alamat: Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat – 44171

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini