Beranda Tiket Wisata

MERAPI GARDEN Tiket & 5 Pesona November 2021

Merapi GardenHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 09.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Unnamed Road, Dusun IV, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57363

Merapi Garden adalah kawasan wisata alam yang terdapat di kaki gunung Merbabu. Dinamakan ‘Merapi’ karena taman ini menghadap langsung ke gunung berapi aktif tersebut. Lokasinya berada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Tidak banyak yang ditawarkan oleh taman rekreasi ini selain kecantikan alamnya. Namun, di sanalah letak keistimewaannya. Di sini, pengunjung bisa melihat panorama Gunung Merapi dengan jelas. Dengan tawaran pengalaman menikmati pemandangan Gunung Merapi dengan suasana yang berbeda.

Tiket Masuk Merapi Garden

Dengan pemandangan yang ‘wah’, tiket masuk Merapi Garden tetap bisa dijangkau semua kalangan. Cukup dengan lima ribu rupiah, pengunjung sudah bisa bebas berwisata di sini. Tiket ini belum termasuk biaya parkir kendaraan roda dua atau roda empat.

Tiket Masuk
Tiket per orangRp5.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Boyolali

Jam Operasional

Merapi Garden bisa dikunjungi setiap hari dalam jam tertentu. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat sore hari. Lokasinya strategis sebagai tempat untuk menyaksikan sunset di tengah suasana pegunungan.

Jam Buka
Hari Biasa09.00 – 17.00 WIB
Hari Libur/Akhir Pekan08.00 – 17.00 WIB

Pesona Merapi Garden

Merapi Garden, taman dengan panorama Gunung Merapi
Merapi Garden adalah destinasi wisata alam di kawasan Boyolali – Foto: Google Maps / Samuel bowo leksono

Kabupaten Boyolali selalu dikenal sebagai daerah yang subur. Letak geografis yang diapit dua gunung berapi membuat Boyolali memiliki kondisi tanah yang baik. Banyak kawasan pertanian dan perkebunan di daerah penghasil susu di Jawa tengah ini. Kekayaan alamnya ini juga dieksplorasi untuk kepentingan pariwisata, seperti di Merapi Garden.

‘Taman Merapi’ terletak di pertemuan kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Taman sederhana nan cantik ini berada tak jauh dari pusat Kota Boyolali. Area taman bunga yang menyajikan megahnya pemandangan Gunung Merapi. Pesonanya membuat tempat wisata ini patut untuk disinggahi meski hanya sebentar.

Baca: LEMBAH GUNUNG MADU Boyolali Tiket & 5 Wahana Seru

Taman Bunga

Suasana taman yang rapi dan asri
Taman ini ditata sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung dalam menikmati pemandangan serta suasana pegunungan sekitar Boyolali – Foto: Google Maps / Dhea Rafsaloka

Bagaikan oase di kaki gunung, itulah deskripsi yang tepat untuk kawasan wisata ini. Taman bunga cantik ini tampak mencolok dibandingkan kawasan sekitarnya. Dikelilingi sawah, ladang, dan kebun menjadi sentuhan yang unik.

Memasuki kawasan, pengunjung seolah dibawa memasuki sepotong kecil surga. Bunga aneka warna dan bentuk mewarnai sebagian besar taman ini. Dari hydrangea hingga kecubung, semuanya ditata sedemikian rupa agar tampak rapi dan menarik.

Di antara rumput dan bunga-bunga, terdapat jalan setapak yang nyaman. Gazebo kecil yang teduh tampak tersebar di sejumlah titik. Wisatawan memiliki banyak pilihan tempat untuk duduk santai dan beristirahat. 

Baca: NEW SELO Boyolali Tiket & 4 Spot Foto Menarik

Panorama Merapi

Panorama cantik Gunung Merapi
Pemandangan Gunung Merapi yang tampak sangat jelas dari kawasan Merapi Garden – Foto: Google Maps / Pra tiwi

Merapi Garden berdiri di sebuah lahan miring. Lahan ini dibuat menjadi undakan-undakan, semacam tangga besar yang memanjang. Jika melihat ke arah selatan, panorama Gunung Merapi akan langsung tersaji di depan mata.

Di hari yang cerah, kawasan lereng gunung pun akan tampak terlihat jelas. Panorama hijau ini merupakan daya tarik utama. Di sini, pengunjung diajak untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dengan suasana yang berbeda. 

Spot Foto

Salah satu dekorasi di Merapi Garden
Tidak hanya berhias tanaman, Objek wisata ini juga dipercantik oleh ragam dekorasi apik seperti kincir angin ini – Foto: Google Maps / – Guntur Legacy

Keberadaan Merapi Garden belakangan semakin dikenal luas di kalangan pecinta wisata. Selain sebagai destinasi wisata murah-meriah, taman ini juga memiliki banyak spot foto ciamik. Tidak heran jika banyak yang sengaja datang kemari untuk berburu foto.

Baca: Umbul Sewu Pengging Boyolali Tiket & Aktivitas

Di area pintu masuk saja, pengunjung sudah disambut oleh aneka ornamen dekorasi yang menarik. Spot foto favorit pengunjung adalah spot sepeda dan kursi santai. Namun, sebenarnya pengunjung bisa mendapatkan latar terbaik di spot mana saja.

Garden Night & Homestay

Salah satu titik favorit untuk selfie
Kawasan wisata Merapi Garden direncanakan masih akan mengalami perkembangan area, mulai dari panggung live music hingga kolam renang – Foto: Google Maps / Guntur Legacy 2

Selain siang hari, taman rekreasi ini juga bisa dinikmati pada malam hari. Terdapat sesi Garden Night di taman wisata ini yang terbuka bagi wisatawan. Merapi Garden Night menawarkan keindahan taman di malam hari dengan bantuan cahaya lampu. Warna-warni lampu yang mempercantik memberikan suasana lain dari biasanya.

Bagi yang ingin bermalam, tidak perlu khawatir. Taman ini termasuk dalam area Kampoeng Homestay Damandiri. Ada banyak opsi homestay di sekitar kawasan Merapi Garden. Wisatawan bisa merasakan menginap dengan suasana kearifan lokal.

Masih banyak lagi fasilitas pendukung yang rencananya akan dibangun di kawasan ini. Nantinya, pengunjung akan bisa menikmati live music di sini. Akan dibuat juga kafe untuk nongkrong dan bersantai. Di samping itu, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa juga siap melengkapi taman wisata ini.

Baca: GUNUNG MERBABU: Tiket & 5 Rute Pendakian

Fasilitas Merapi Garden

Sejumlah fasilitas pendukung juga turut melengkapi Merapi Garden. Taman cantik ini memiliki area parkir yang cukup untuk bus besar. Fasilitas lainnya yaitu pos keamanan serta toilet.

Taman ini dihiasi jalan setapak yang nyaman, namun kurang cocok bagi pengguna kursi roda. Ada banyak gazebo untuk tempat duduk-duduk. Di sepanjang jalan menuju lokasi, terdapat restoran serta ragam pilihan homestay. Di bagian luar pintu masuk terdapat sejumlah pedagang jajanan dan camilan.

Akses & Lokasi Merapi Garden

Taman rekreasi alam ini terletak di Dukuh Jarakan, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Taman ini berada di dalam kawasan Kampoeng Homestay Damandiri. Dari pusat Kota Boyolali, jaraknya sekitar 20 kilometer ke barat.

Taman ini berada di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Jalan menuju ke lokasi dari Kota Boyolali dalam kondisi baik. Meski tidak terlalu lebar, jalannya sudah berlapis aspal dengan kontur menanjak. Bus besar bisa melewati jalan ini namun tetap perlu berhati-hati.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang