Berlibur ke Bali jangan lupa berkunjung ke taman budaya salah satu yang terbesar di Indonesia yaitu Garuda Wisnu Kencana. Kawasan ini memiliki luas area kurang lebih 60 ha. Taman budaya yang disebut juga dengan GWK Bali ini berada di Bukit Peninsula. Terdapat berbagai atraksi menarik yang menjadi wadah untuk pertunjukan, pameran, konferensi.

Patung Dewa Wisnu yang sedang menunggang Garuda tersebut memiliki tinggi 121 meter. Patung ini menjadi ikon pariwisata Bali. Bahkan saat cuaca cerah, puncak patung bisa terlihat dari selatan Bandara Ngurah Rai.

Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana Bali

Wisatawan yang berkunjung ke taman budaya ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket tersebut sudah termasuk menyaksikan berbagai atraksi budaya sesuai jadwal masing-masing acara.

Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana GWK Bali
DewasaRp100.000
AnakRp85.000

Baca: WATERBOM BALI Tiket, Rides & Atraksi

Jam Buka GWK Bali

Pengunjung bisa datang ke taman rekreasi budaya ini setiap hari. GWK Bali sudah dibuka mulai pagi sampai malam hari. Namun, untuk membeli tiket hanya dilayani sampai pukul 20.00 WITA.

Jam Buka Garuda Wisnu Kencana
Setiap Hari08.00 – 21.00 WITA

Atraksi Wisata Di Garuda Wisnu Kencana GWK Bali

patung utuh wisnu menunggang garuda
Patung Utuh Wisnu menunggang yang telah selesai dibangun. Foto: Google Maps/ Thangaraj A

Ada banyak hal yang bisa disaksikan di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Mulai dari pertunjukan rutin yang diselenggarakan setiap harinya. Ataupun pertunjukan di saat tertentu misalnya saat upacara di bulan purnama. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Tarik Kecak Garuda Wisnu Kencana

tarian Kecak Garuda Wisnu di Garuda Wisnu Kencana
tarian Kecak Garuda Wisnu di Garuda Wisnu Kencana. foto: instagram/gwkbali

Pertunjukan ini dilaksanakan di area Kolam Teratai pada hari Sabtu dan Minggu. Dalam pertunjukan yang berkisah tentang Hindu Ramayana tersebut, menampilkan tarian kecak. Suara Keh-Cak dari penari pria dengan tangan diangkat saat duduk membentuk lingkaran, menjadi daya tarik sendiri.

Karena hanya dilaksanakan 1 hari sekali, membuat pertunjukan ini ramai pengunjung. Pengunjung tidak hanya mengambil foto namun juga video terutama saat puncak tarian. Ataupun selama pertunjukan berlangsung.

2. Tarian Legong

Tarian bali memiliki gesture tangan, kepala, kaki dan mata yang khas. Misalnya lirikan matanya yang mampu memberikan kesan tersendiri. Salah satunya adalah tari leggong.

Tarian tersebut menampilkan gerakan penari yang luwes seiring dengan iringan gamelan. Tari Lengong memiliki gerakan lincah dengan menggunakan kipas. Karena gerakan yang halus dan seirama tersebut, seolah menyedot perhatian pengunjung untuk menonton.

Baca: BALI SAFARI MARINE PARK Tiket & Animal Show

3. Tarian Barong Keris

Pertunjukan lain yang tidak boleh dilewatkan saat ke GWK adalah Tarian Barong Keris. Tarian yang dilaksanakan 2 kali sehari ini mengisahkan kebajikan dan kebatilan.

Penari akan menggunakan perlengkapan tari yang lengkap. Misalnya untuk menampilkan sosok barong. Dalam pertunjukannya, tarian tidak hanya menampilkan unsur mitologis namun juga komedi. Contohnya saat kera yang mendampingi barong, melakukan gerakan lucu.

4. Balet Garuda Wisnu

pertunjukan Garuda Wisnu Ballet
pertunjukan Garuda Wisnu Ballet. foto:instagram/gwkbali

Sendratari tersebut menampilkan cerita mengenai Garuda WIsnu. Dalam sejarahnya, burung ahruda sendiri merupakan tumpangan dari dewa Wisnu. Selain itu, burung tersebut juga termasuk burung mitologi dan disebutkand alam kitab Mahabarata.

Dalam tarian tersebut, menampilkan perjuangan seekor garuda. Mulai dari perjuangannya menyelamatkan ibunya dari Amerta. Hingga akhirnya Dewa Wisnu menjadikan Garuda sebagai tunggangannya.

Baca: BALI ZOO Gianyar Tiket & 7 Aktivitas Seru

5. Tari Bumbung

Tari atau joged bumbung merupakan simbol perayaan saat panen yang didedikasikan untuk Dewi Sri. Dewi Sri sendiri merupakan dewi kesuburan. Sehingga saat panen dilaksanakan, tarian ini dilakukan sebagai upacara penghormatan dan terima kasih.

Tarian ini dilaksanakan setiap harinya. Akan tetapi tarian ini dilaksanakan sesuai dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Sehingga jika terjadi hujan, pertunjukan tari tidak dilaksanakan.

6. Tarian Nusantara

tarian Nusantara di Garuda Wisnu Kencana
tarian Nusantara di Garuda Wisnu Kencana. foto: googlemap/Garry Smart

Dalam pertunjukan tari Nusantara, para penari akan menampilkan tarian dari seluruh nusantara. Misalnya untuk hari senin menampilkan tari gambyong. Akan tetapi, di hari selasa para penari akan menampilkan tari Gantar dari Dayak. Tidak heran jika pengunjung akan melihat tarian yang berbeda di setiap harinya.

Baca: BALI TREETOP Adventure Tiket & 4 Wahana Seru

7. Pertunjukan Alat Musik Rindik

Rindik biasanya biasanya digunakan untuk mengiringi tarian Bali misalnya pendet. 1 buah rindik memiliki 11-13 potongan bambu yang menghasilkan suara khas. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan 2 alat dari bahan karet.

Dalam pertunjukannya di GWK, alat musik ini dimainkan oleh para musisi yang sudah ahli. Musik yang dimainkan merupakan perpaduan dari beragam jenis komposisi dan tempo. Karena hal tersebut, suara yang dihasilkan terdengar lebih unik dan sayang untuk dilewatkan.

8. Karnaval Bali Kang Cing Wie

parade Kang Cie Wie di Garuda Wisnu Kencana
parade Kang Cie Wie di Garuda Wisnu Kencana. foto: instagram/gwkbali

Berlokasi di area taman WIsnu Plaza, setiap harinya jika cuaca cerah, diadakan arak-arakan. Parade atau arak-arakan ini menggambarkan mengenai akulturasi penduduk Cina dengan lingkungan di Bali. Kang Cing Wie sendiri merupakan cerita rakyat berdasarkan pada kejadian nyata. Karena hal itu, saat arak-arakan ini dilakukan, menampilkan beragam karakter dari mitos tersebut.

9. Garuda Cilik Cinema

penayangan Petualangan Garuda Cilik di Garuda Cinema di GWK Bali
penayangan Petualangan Garuda Cilik di Garuda Cinema. foto: instagram/gwkbali

Pengelola membuat agar GWK juga ramah untuk anak-anak. Salah satunya adalah dengan Garuda Cilik Cinema. Film ini merupakan film animasi dengan Sang Garuda sebagai tokoh utamanya. Sang Garuda tersebut, berjuang melawan Amerta untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

10. Posesi Upacara Purnama

Saat bulan purnama berlangsung, pengelola GWK mengadakan upacara purnama. Di dalam budaya Hindu Bali saat purnama adalah saat sempurna untuk berdoa dan berterima kasih pada Dewa. Ketika upacara juga disediakan beragam jenis sesaji. Sesaji tersebut terbuat dari bunga, buah dan beraga makanan lainnya.

Pengunjung bisa membayar Rp 300.000 per orang untuk ikut serta. Nantinya bisa berpartisipasi mulai dari persiapan membuat Gebogan. Dilanjutkan dengan arak-arakan ke lokasi utama, menikmati tarian suci, ritual dan tarian kecak. Setelah itu pengunjung bisa makan malam di Restoran Jendela Bali dengan beragam makanan khas Bali.

Baca: FINNS BALI Tiket & 5 Aktivitas Seru

11. Patung Garuda Wisnu Kencana

miniatur patung GWK Bali
Miniatur Patung Wisnu yang sedang menunggang Garuda. Foto: Google Maps/BUHACIUC BOGDAN

Patung GWK berbentuk Dewa Wisnu mengendarai Garuda. Karya seni ini dibuat oleh Nyoman Nuarta dan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Reca ini merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia.

Patung ini memiliki ketinggian penyangga 45 meter. Jika dihitung, lebar bentang sayap patung bisa mencapai 64 meter. Untuk bagian kulit patung, menggunakan campuran kuningan dan tembaga dengan berat 900 ton. Pembuatan karya seni inu juga membutuhkan struktur baja 2.000 ton dan 21.000 batang baja.

Pengunjung bisa naik ke bagian dalam harus lewat jalur yang sudah ditentukan. Ataupun berfoto dengan latar patung GWK. Namun untuk di beberapa tempat misalnya di lantai 23, jumlah pengunjung dibatasi karena lantai terbuat dari kaca.

Jadwal Atraksi dan Event di GWK Bali

Untuk menikmati atraksi di kawasan GWK, sebaiknya cek terlebih dahulu jadwal pertunjukannya. Berikut jadwal pentas atraksi di Garuda Wisnu Kencana:

Jadwal Atraksi & Event di Garuda Wisnu Kencana
AtraksiTempatWaktu
Tarian BaliAmphiteater10.00-10.40 WITA

15.00-15.40 WITA

Pertunjukan Alat Musik RindikGaruda Cinema10.00-12.00 WITA

12.00-14.00 WITA

Jendela Bali Restaurant12.00.14.00 WITA
Plaza Bhagawan Ticketing Area12.00-16.00 WITA
Tarian Barong KerisAmphiteater11.00-11.40 WITA

14.00-14.40

Balet Garuda WisnuAmphiteater12.00-12.40 WITA
Tari BumbungCommercial Strip12.00-15.00 WITA
Garuda Plaza15.30-17.30 WITA
Street Theater17.30-18.20 WITA
Karnaval Bali Kang CIng Wiearea tiket WIsnu Plaza16.00-17.20 WITA
Kecak Garuda WisnuKolam Teratai (Sabtu dan Minggu)18.30-19.20 WITA
Garuda Cilik Cinema

 

Garuda Cinema11.00-11.35 WITA
12.00-12.35 WITA
13.00-14.35 WITA
14.00-15.35 WITA
15.00-16.35 WITA
16.00-17.35 WITA
17.00-18.35 WITA
18.00-19.35 WITA

Fasilitas di Garuda Wisnu Kencana

Selain fasilitas umum seperti kamar mandi, tempat beribadah, di GWK juga terdapat Segway Fun Ride. Di tempat ini pengunjung bisa menaiki Segway bersama teman atau keluarga. Fasilitas ini hanya bisa dipergunakan pukul 10.00-17.00 WITA.

Lokasi GWK Bali

Garuda Wisnu Kencana berada di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung 80364, Bali. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi +62 (361) 700 808. Atau bisa juga email ke info@gwkbali.com dan Instagram @gwkbali.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 5,00 / 1 pembaca