Beranda Tiket Wisata

Monumen Nasional Tiket & 7 Wahana Seru – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Monumen Nasional : Rp2.000 - Rp35.000Jam Buka: 06.00 - 16.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110

Monumen Nasional merupakan ikon kota Jakarta yang sudah terkenal hampir seluruh penjuru dunia. Pembangunannya sendiri dikerjakan oleh tiga arsitek hebat Indonesia. Ketiganya yaitu Frederich Silaban, Ir Rooseno, dan Soedarsono. Pembangunannya mulai berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1961.

Kemudian resmi terbuka untuk umum pada tahun 1975. Sebenarnya ide pendiriannya sudah ada di tahun 1954. Namun baru terealisasikan tujuh tahun kemudian. Keunikan bangunan satu ini terletak dari bentuk api menyala yang ada di bagian paling atas.

Harga Tiket Masuk Monas — Monumen Nasional

Ruangan Monumen Nasional terbagi menjadi tiga bagian. Terdiri dari lidah api, pelataran cawan, dan puncak. Masing-masing mempunyai harga tiket masuk yang berbeda. Klasifikasinya berdasarkan  jenjang usia pengunjung.

Harga Tiket Masuk Monas
Jenis Tiket Anak Mahasiswa Dewasa
Pelataran Cawan Rp2.000 Rp3.000 Rp5.000
Puncak Monas Rp4.000 Rp8.000 Jack Card: Rp15.000, Non Jack Card: Rp35.00

Baca: Pantai Pasir Putih PIK 2 Harga Tiket & Aktivitas

Jam Buka Monas

Monumen Nasional selalu buka dari pagi sampai sore hari. Dalam satu minggu hanya beroperasi selama enam hari. Khusus Senin Monas tidak menerima kunjungan wisatawan.

Jam Operasional Monumen Nasional
Selasa – Minggu 08.00 – 16.00

Aktivitas & Wahana Menarik Di Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas bukan sekedar tugu peringatan. Melainkan juga sebagai destinasi wisata sejarah bagi warga Jakarta. Seiring berjalannya waktu pemerintah mulai melakukan pembenahan di kawasan tersebut. Setidaknya sudah ada beberapa wahana dan aktivitas menarik nan unik yang bisa dicoba oleh wisatawan.

1. Pemandangan Jakarta Dari Puncak Monas

Melihat pemandangan Jakarta dari puncak monas
Monas punya wahana menarik bernama pelataran puncak yang biasa digunakan untuk melihat Kota Jakarta dari ketinggian. Foto : Instagram/monumen.nasional

Wisatawan yang berkunjung ke Monas biasanya ingin melihat pemandangan ibu kota dari puncak. Untuk mencapai ruangan berukuran 11 x 11 meter tersebut bisa naik lift. Kapasitasnya hanya mampu menampung 6-8 orang saja. Kalau tidak kebagian bisa menggunakan tangga sebagai alternatifnya.

Sesampainya di pelataran puncak pasti pengunjung akan langsung terpesona dengan keindahan kota Jakarta. Menariknya lagi ada fasilitas teropong yang bisa digunakan untuk melihat lebih dekat. Pada saat cuaca tidak sedang mendung akan tampak gunung salak dan kepulauan seribu. Serta hamparan laut biru membentang luas dengan pulau-pulau kecil menghiasi sekitarnya.

Baca: 8 Aktivitas Wisata di SENAYAN PARK SPARK

2. Berburu Foto di Spot-Spot Keren

Berkunjung ke Monas jangan lupa berburu foto. Karena di kawasan ini banyak sekali spot-spot keren yang bisa menjadi latar belakang.

Salah satu spot yang sering dikunjungi wisatawan adalah Taman Monas. Meski baru berdiri tetapi mampu menarik minat masyarakat untuk singgah. Di sini pengunjung banyak yang melakukan aktivitas berburu foto sambil duduk bersantai.

Selain taman ada juga spot patung yang tidak kalah unik. Monas sendiri mempunyai beberapa koleksi patung pahlawan. Di antaranya ada R.A. Kartini, Chairil Anwar, MH. Thamrin, Pangeran Diponegoro. Ada juga Patung IKADA yang menggambarkan sekumpulan pemuda tengah memasang bendera merah putih.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Safari Harga Tiket & 7 Aktivitas Menarik

3. Wisata Edukasi di Museum Sejarah Perjuangan Indonesia

Aktivitas liburan jangan hanya sekedar jalan-jalan atau foto. Tetapi isilah dengan sesuatu yang bermanfaat. Berkunjung ke Monas tidak melulu melihat pemandangan alam saja. Di sini pengunjung juga bisa belajar wisata sejarah.

Salah satu tempatnya ada di Museum Sejarah Perjuangan Indonesia. Di dalamnya terdapat 12 diorama yang menampilkan perjuangan pahlawan Indonesia pada penjajahan. Selain mendapatkan pengetahuan, wisatawan juga diajak untuk mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban. Sehingga tahu bagaimana susahnya merebut kemerdekaan demi kehidupan lebih baik di masa depan.

Baca: Kebun Binatang RAGUNAN Tiket Murah Wisata Edukasi Satwa Lengkap

4. Wahana Bike Sharing

Bike Sharing adalah fasilitas penyewaan sepeda gratis untuk pengunjung Monas. Dengan adanya wahana ini wisatawan bisa berkeliling ke setiap areanya tanpa perlu berjalan kaki. Tentunya sangat menghemat waktu serta tenaga. Tempat penyewaannya ada di sisi barat bagian pintu masuk tepat berhadapan patung kuda.

Selain itu pengunjung juga bisa menemukannya di sisi utara, timur, dan selatan. Ide pembuatan wahana bike sharing diprakarsai oleh PT. Surya Teknologi Perkasa. Untuk menyewa sepeda, pengunjung terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi GOWES. Pertama-tama lakukan proses registrasi lalu ikuti petunjuk yang tertera di layar ponsel.

Baca: MOJA MUSEUM Tiket & Spot Foto Kreatif

5. Wahana Bronto Skylift

Setiap hari Monas selalu ramai wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan penjualan tiket naik ke puncak ludes dalam beberapa menit. Tapi tenang, masih ada alternatif lain untuk menikmati keindahan Ibu Kota dari atas. Gunakan wahana Bronto Skylift milik Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan Propinsi DKI Jakarta.

Bronto Skylift hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang kehabisan tiket masuk ke puncak. Dan wahana ini  boleh dipergunakan secara gratis, alias tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Dengan menaikinya pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian. Semua yang ada di bawah akan terlihat kecil layaknya sebuah mainan miniatur kota.

Baca: PANTAI ANCOL Tiket Masuk, Jam Buka & Aktivitas

6. Atraksi Tarian Air Mancur

kolam air mancur monas
Saat malam minggu Kota Jakarta akan penuh dengan cahaya warna-warni yang berasal dari sorotan lampu tarian air mancur Monas. Foto : Googlemap/Bench Maximo

Lima tahun yang lalu pemerintah DKI Jakarta meresmikan wahana baru di Monas. Momen epik itu terjadi pada tanggal 12 Agustus 2017. Tepatnya saat Jakarta masih dipimpin oleh Gubernur Djarot Saiful Hidayat. Pada saat itu tercetuslah ide untuk membuat pertunjukan air mancur di sekitar kawasan Monas.

Sayangnya pengunjung tak bisa melihatnya setiap hari. Karena atraksi air mancur menari hanya berlangsung di hari Sabtu dan Minggu. Mulai dari Pukul 19.30 hingga 20.30. Tarian air mancur mempersilahkan seluruh warga Jakarta menonton tanpa harus membayar biaya apa pun.

Baca: WISATA MANGROVE Jakarta Tiket & Aktivitas

7. Wahana Taman Monas

aktivitas bersantai di taman monas
Monas memiliki taman serba hijau nan sejuk yang bisa wisatawan pergunakan untuk bersantai atau berolahraga. Foto : Googlemap/Fahroji 1989

Wahana terbaru lainnya yang menjadi favorit wisatawan yaitu taman Monas. Sebuah kawasan berkonsep hutan kota yang dipenuhi rerumputan hijau dan pepohonan rindang. Para pengunjung biasa memanfaatkan area tersebut sebagai tempat bersantai setelah puas berkeliling.

Lahan dengan luas setidaknya 80 hektare itu terdapat hewan rusa yang lucu nan menggemaskan. Memang pemerintah sengaja memelihara rusa agar semakin menambah keasrian kawasan wisata Monas. Sejauh ini wisatawan bisa berinteraksi secara langsung sekaligus memberinya makan. Tak usah khawatir, hewan ini termasuk jinak dan mudah beradaptasi dengan siapa pun.

Baca: MONAS Monumen Nasional Tiket & Atraksi Menarik

Fasilitas Monumen Nasional

Satu hal yang menarik dari Monas adalah adanya fasilitas olahraga yang sangat lengkap. Contohnya seperti lapangan basket, futsal, dan voli. Kemudian tersedia pula tempat pijat refleksi yang bisa dinikmati secara gratis untuk para wisatawan. Ada juga lapak makanan dan toko yang menjual aneka suvenir.

Lokasi Monumen Nasional

Wisata Bersejarah ini berlokasi di Jalan Tugu Monas. Tepatnya di wilayah Gambir Kota Jakarta Pusat. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari Stasiun Juanda atau Gondangdia. Perjalanan selanjutnya bisa dengan berjalan kaki atau naik ojek online.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 31

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini