NAWANG JAGAD Harga Tiket Masuk, Wahana dan Area Camping Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Nawang Jagad: Rp15.000 - Rp35.000
  • Jam Buka: 06.00 - 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0811337937
  • Alamat: Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta , Indonesia, 55582

Nawang Jagad merupakan menawarkan area berkemah asri serta area piknik di kaki gunung Merapi tepatnya Kaliurang Yogyakarta. Dari areanya pengunjung bisa langsung menikmati gagahnya Gunung Merapi yang terapit 2 bukit. Di sisi timurnya terdapat bukit Plawangan sedangkan di sisi barat adalah Bukit Turgo. Bentang alam yang akan memanjakan mata wisatawan.

Karena berada di kaki gunung kesejukan udaranya menjadikan Nawang Jagad sebagai destinasi sempurna. Apalagi bagi yang mencari suasana tenang dengan udara yang menyegarkan. Udara bersih yang kaya akan oksigen adalah hal berharga yang dimiliki tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Nawang Jagad

Memasuki tempat wisata Nawang Jagad siapkan biaya Rp15.000 untuk tiket masuk. Selain itu untuk camping pengunjung perlu mengeluarkan biaya tambahan mulai dari Rp20.000 – Rp35.000.

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk PiknikRp15.000
Tiket Camping AnakRp20.000
Tiket Camping DewasaRp35.000
Harga Tiket Masuk Nawang Jagad

Baca: PLUNYON KALIKUNING Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Nawang Jagad

Area camping dan piknik terbuka untuk umum dari hari Selasa hingga Minggu. Sementara di hari Senin, obyek wisata tidak beroperasi atau tutup. Berikut ini adalah jam operasional yang berlaku.

HariJam Buka
Selasa – Jumat08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu06.00 – 18.00 WIB
Jam Buka Nawang Jagad

Daya Tarik Wisata Nawang Jagad

Tempat Wisata Nawang Jagad
Dari areanya wisatawan bisa menikmati keindahan gunung Merapi. Foto: google maps/Boim Cahyo

Daya tarik utama Nawang Jagad yaitu indahnya pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi. Pemandangan yang eksotis tersebut sangat cantik menjadi objek foto. Dengan begitu maka jepretan foto bisa menjadi sangat Instagramable. Penampakan Gunung Merapi dapat terlihat jelas pada saat langit sedang cerah dan tidak berkabut.

Baca: MUSEUM ULLEN SENTALU Tiket & Aktivitas

Piknik di Nawang Jagad

Bersantai di Hammock
Fasilitas hammock bisa dinikmati saat piknik. Foto: google maps/Faizah Maziyyatal Muna

Piknik adalah salah satu kegiatan seru yang bisa pengunjung lakukan. Pengunjung bisa membawa perbekalan makanan untuk dinikmati bersama keluarga.

Makanan akan terasa lebih nikmat jika saat menyantapnya sambil memandangi keindahan alam. Jika tidak membawa makanan, jangan khawatir karena terdapat kantin yang menyediakan minuman dan makanan ringan.

Selain itu pengunjung juga bisa bersantai duduk-duduk di kursi taman yang telah tersedia. Tempat duduknya langsung berhadapan dengan pemandangan perbukitan dan Gunung Merapi.

Jika ingin tiduran santai sambil melihat pemandangan, ada hammock dan bean bag gratis. Namun bila ingin piknik lesehan di atas rerumputan, pengunjung bisa membawa tikar sendiri.

Baca: Taman Wisata Kaliurang Tiket & Aktivitas

Camping Ground Nawang Jagad

Spot Camping di Nawang Jagad
Area perkemahan dengan suasana pegunungan yang sejuk. Foto: google maps/umi lestari (Ari)

Terdapat empat area camping di Nawang Jagad, termasuk salah satunya merupakan area VIP. Pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin camping. Jadwal operasional camping ground yakni Selasa sampai Sabtu. Area camping buka dengan minimal jumlah kelompok 10 orang dan maksimal 15 orang.

Kemudian untuk jam check in untuk camping pukul 14.00 WIB dan chek out pukul 10.00 WIB. Setiap camping area menyediakan stop kontak, keran air, dan api unggun. Pengelola juga menyediakan sewa tenda dan berbagai perlengkapan barbeku.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & Aktivitas

Pengelola menyediakan paket barbeku cocok untuk pengunjung yang akan berkemah. Dengan harga yang masih terjangkau setiap paket berisi menu ayam, sosis, bakso, dan jagung.

Selain itu, ada juga paket prasmanan. Menu yang didapatkan berupa nasi, sayur, tempe, ayam, kerupuk, sambal, buah, dan teh. Adapun variasi menu tergantung pilihan paket.

Bersepeda ke Nawang Jagad

Tempat wisata ini sering kali menjadi destinasi para pengendara sepeda. Bersepeda di sekitar Kaliurang Barat adalah kegiatan yang menyenangkan. Ketika sampai di lokasi, para pesepeda bisa menyaksikan pemandangan yang cantik. Bersepeda sambil menghirup udara bersih perbukitan dapat menenangkan pikiran dan menyehatkan tubuh.

Baca: Kalitalang Klaten Tiket & Pesona Indahnya Merapi

Sewa Kendaraan Off Road

Aktivitas seru lain di Nawang Jagad yang lebih menantang yakni mengendarai kendaraan off road. Pengelola menyediakan kendaraan ATV, trail, dan mobil jeep yang bisa pengunjung sewa.

Kemudian pengunjung akan diajak berkendara melewati medan yang terjal. Namun jangan khawatir karena setiap pengunjung akan mendapatkan alat pengaman yang lengkap seperti helm dan sejenisnya.

Selain kendaraan off road yang besar, pengelola juga menyediakan skuter. Kendaraan tersebut bisa berguna bagi untuk menjelajahi area sekitar kawasan. Jadi tidak perlu capek berjalan kaki.

Baca: DESA LEDOKSAMBI Tiket & Aktivitas

Selfie di Menara Pandang

Menara pandang merupakan salah satu spot selfi favorit. Bangunannya mirip panggung yang sangat tinggi berlantai kayu. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari atas. Pengunjung bisa menaikinya melalui tangga yang telah tersedia.

Melalui menara pandang, pengunjung dapat melihat panorama yang lebih menarik. Pemandangan pepohonan hijau yang luar biasa rimbun. Ada juga pemandangan aliran sungai yang terlihat indah dari atas.

Fasilitas

Kantin di Nawang Jagad
Fasilitas Kantin. Foto: google maps/Aliq Petualang

Nawang Jagad memiliki fasilitas rekreasi alam yang cukup lengkap. Tersedia area camping, VIP camp, area piknik, area meeting, juga area parkir. Ada juga fasilitas bangunan pos jaga dan menara pandang. Kemudian yang terpenting adalah adanya toilet umum dan musala untuk pengunjung.

Selain itu, tempat campingnya pun memiliki banyak fasilitas pendukung. Seperti stop kontak, api unggun, dan air keran di setiap spot camp. Di beberapa spot juga terdapat fasilitas hammock, bean bag, dan kursi taman. Kemudian ada juga fasilitas pendopo dan kantin untuk pengunjung.

Lokasi Nawang Jagad

Area camping dan piknik ini berada di Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Hargobinangun. Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Dari Pusat Kota Yogyakarta menuju ke Nawang Jagad menempuh jarak 28 kilometer. Bila menggunakan kendaraan bermotor memakan waktu sekitar 1 jam.

Akses ke lokasi juga cukup mudah. Karena jalan sudah bagus dan beraspal. Kendaraan mobil dan motor pun bisa masuk sampai ke area parkir.

Berikan Rating

4.9 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *