Beranda Tiket Wisata

PANTAI BUGEL Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Pantai Bugel YogyakartaHarga Tiket: -Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Desa Bugel, Panjatan, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Indonesia, -

Pantai Bugel merupakan objek wisata bahari yang terletak di kawasan Kulon Progo. Pantai ini baru terbuka untuk umum pada tahun 2017. Sejauh ini kawasan wisata pantainya masih belum banyak yang tau. Tak heran jika pantai ini masih sepi kunjungan wisatawan. Meskipun begitu keindahan pantainya tak kalah menarik dari pantai-pantai lainnya di Kulon Progo.

Keunikan pantai ini terletak pada warna pasir hitam di sepanjang pesisirnya. Berpadu dengan birunya laut pantai selatan semakin menambah eksotisme kawasan pantai. Selain itu berbagai aktivitas menarik juga tersedia di sini. Seperti berkemah, kuliner atau sekedar bersantai menikmati alam pesisir.

Harga Tiket Masuk Pantai Bugel Yogyakarta

Untuk memasuki kawasan pantai wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Cukup siapkan uang untuk biaya parkir dan toilet. Sedangkan untuk tarif parkirnya tergantung kendaraan yang dibawa

Harga Tiket Masuk
Anak-Anak/Dewasa (Weekday/Weekend)Gratis
Tarif Parkir
MotorRp 2.000/unit
MobilRP 5.000/unit
Fasilitas
ToiletRp 2.000

Baca Juga: 40 Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Yogyakarta

Jam Buka

Pantai ini terbuka untuk umum mulai dari pagi hingga sore hari. Biasanya pada Hari Minggu kawasan pantai akan lebih ramai daripada biasanya. Bagi yang ingin merasakan suasana tenang dan jauh dari keramaian bisa berkunjung pada hari kerja. Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung karena area sekitar pantai sudah tidak terlalu terik.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00

Aktivitas di Pantai Bugel Yogyakarta

Walaupun tanpa biaya retribusi, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Seperti, berfoto, menikmati keindahan pantai, olahraga dan berkemah di pinggir pantai. Pantai ini juga cukup terkenal dengan makanan lautnya yang bervariasi dan enak. Namun, tidak disarankan untuk berenang di pantai ini karena ombaknya yang cukup besar.

Swafoto dan Menikmati Pemandangan Pantai

Pantai Bugel Kulon Progo Yogyakarta
Instalasi Tulisan Pantai Bugel yang Terletak di Halaman Parkir Pantai. Foto: Google Maps/WW doc

Berswafoto menjadi salah satu aktivitas favorit yang dilakukan pengunjung di sini. Memang instalasi kreatif sebagai sarana berfoto yang tersedia tidaklah sebanyak pantai lainnya di Kulon Progo. Namun, keindahan pantai dan alam sekitarnya dapat merupakan objek foto yang tak kalah bagus. Latar belakang hamparan pasir hitam kecoklatan berbalut laut biru cukup eksotik menjadi objek foto.

Selain itu keindahan pantai ini sudah tampak di area parkiran yang penuh dengan pepohonan cemara. Setelah melewati halaman pantai, hamparan pasir hitam pantai dengan deburan ombak merupakan sajian utama. Pemandangan pantai sejauh mata memandang dapat terlihat jelas tanpa terhalangi bebatuan karang. Bahkan sunset dan sunrise juga dapat terlihat cantik dari sini.

Olahraga dan Berkemah

Pesona Pantai Bugel Yogyakarta
Pengunjung yang Tampak Jalan Sore yang Ditemani Panorama Pantai yang Indah. Foto: Google Maps/Septian Abdul Gani

Pantai ini sangat cocok sebagai lokasi berolahraga. Biasanya pengunjung melakukan aktivitas olahraga berupa joging dan lari. Aktivitas tersebut didukung dengan leluasa karena garis pantainya cukup luas. Pagi hari menjadi pilihan waktu terbaik untuk berolahraga di sini karena udaranya yang masih sejuk.

Garis pantai yang luas juga sering dimanfaatkan untuk aktivitas berkemah. Pengunjung dapat membawa peralatan kemah sendiri jika ingin berkemah di sini. Namun, sebelum berkemah perlu melapor terlebih dahulu. Pelaporan kepada warga sekitar karena letak pantai yang dekat dengan permukiman warga.

Kuliner Makanan Laut

Perahu Nelayan di Pantai Bugel Yogyakarta
Perahu Nelayan yang Merapat di Bibir Pantai Setelah Menangkap Hasil Laut. Foto: Google Maps/Septi Bryana

Pantai ini cukup terkenal dengan hasil tangkapan lautnya yang segar dan bervariasi. Hal ini karena di sekitar pantai juga merupakan area merapatnya perahu nelayan yang telah selesai melaut. Pengunjung juga bolehh ikut membantu nelayan mendorong perahunya ke pinggir pantai.

Hasil tangkapan nelayan bisanya dijual ke warga sekitar. Bahkan para wisatawanpun juga dapat membeli tangkapan laut tersebut. Untuk hasil lautnya tidak perlu diragukan lagi karena kesegarannya sudah pasti terjamin.

Salah satu hasil tangkapan laut yang banyak di sini yaitu berbagai jenis ikan. Harga ikan di tempat lelang sekitar pantai akan lebih murah daripada di pasar. Selain ikan, hasil tangkapan laut lainnya seperti udang. Pengunjung dapat membeli hasil tangkapan tersebut dan meminta memasaknya di warung makan sekitar.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di pantai ini tergolong lengkap. Beberapa diantaranya seperti tempat parkir yang luas, toilet, kamar mandi, dan mushola. Tempat parkirnya dapat memuat bus, mobil, dan motor. Di sini juga tersedia warung makan dan tempat sewa penginapan. Selain warung makan, terdapat pedagang makanan yang lebih banyak ditemukan pada Hari Minggu.

Rute dan Lokasi Pantai Bugel

Area wisata pantai ini tepatnya terletak di Desa Bugel, Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini terletak cukup dekat dengan Pantai Trisik dan Pantai Baru. Untuk menuju lokasi wisata ini, pengunjung dapat mengaksesnya menggunakan mobil atau motor. Akses jalan menuju pantai cukup mudah dan sudah bagus. Hanya saja jalan di dekat pantai agak berbatu.

Waktu perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ke pantai sekitar 1,5 jam. Sedangkan, jika berangkat dari Kota Bantul akan memakan waktu sekitar 45 menit. Terdapat dua jalur pilihan untuk menuju lokasi ini, yaitu jalur umum dan alternatif. Jalur umum akan melewati Jalan Bantul, sedangkan jalur alternatif akan melewati Pantai Trisik.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 14

Kasi Bintang