Beranda Tiket Wisata

Pantai Kuwaru Diteduhi Hutan Cemara - Oktober 2020

Pantai Kuwaru
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kawaru, Poncosari,Srandakan,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55762.

Pantai Yogyakarta seakan memiliki keunikannya masing-masing. Seperti halnya Pantai Kuwaru yang tidak jauh berbeda dengan Pantai Goa Cemara. Terdapat di dataran dengan banyaknya pohon-pohon cemara menghiasi bibir pantai.

Pantai Kuwaru terkenal dengan wisata yang terkesan santai dan murah. Jadi, bagi wisatawan dengan budget rendah tidak perlu khawatir jika memiliki keinginan untuk bersenang-senang. Ciri khas salah satu pantai di Bantul ini mengusung tema liburan santai, murah namun tetap seru.

Harga Tiket Masuk

Seperti halnya pantai di daerah Yogyakarta lainnya, harga tiket masuk untuk Pantai Kuwaru dibanderol dengan  harga murah. Namun suguhan pesona dari pantai tersebut tidaklah murahan. Terlebih dengan adanya pohon cemara yang menciptakan suasana rindang dan nyaman bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk
JenisHarga
Anak-anak dan DewasaRp5.000

Baca: Pantai GOA CEMARA Dengan Pohon Pinus Memukau

Jam Operasional

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi tempat wisata pantai adalah menikmati matahari terbit. Oleh sebab itu, jam operasional Pantai mulai sejak pagi. Sehingga wisatawan bisa melakukan ritual untuk melihat sunrise.

Jam Operasional
HariJam
Senin – Minggu05.00 – 18.00

Daya Tarik Pantai Kuwaru

Meskipun sebagian besar pemandangan di sekitaran pantai itu terlihat sama, namun setiap pantai memiliki keunikannya masing-masing. Hal itu juga yang begitu melekat di hati wisatawan dan membuatnya ingin kebali lagi ke sana.

Ratusan Cemara Sebagai Payung Hidup

Ratusan Cemara Sebagai Payung Hidup
Deretan pohon cemara menjadi payung hidup di Pantai Kuwaru Foto: Google Maps/deny zaniar noor

Serupa namun tak sama, meskipun dipenuhi dengan pohon cemara namun jajaran tumbuhan tersebut berderet sepanjang pantai. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir dengan cuaca panas yang kerap menjadi ciri khas di dataran rendah seperti itu. Pohon cemara itu seakan menjadi payung hidup sekaligus memberikan nilai eksotik tersendiri.

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Jajaran pohon cemara itu juga kerap dijadikan latar foto para wisatawan. Selain itu juga menjadi obyek sebagai latar foto pre wedding. Kebanyakan dari wisatawan itu setuju bahwa pantai ini memiliki panorama yang sangat indah.

Memilih Seafood di Sentra Pasar Ikan

Nelayan Berlayar
Para nelayan berlayar untuk memasok ikan segar di pasar ikan Pantai Kuwaru Foto: Instagram/elangbantul

Berkunjung ke pantai tak akan lengkap tanpa menikmati sajian hidangan seafood. Terlebih harga yang ditawarkan oleh penjual di lokasi setempat tergolong murah. Jelas sekali, wisatawan terutama para ibu-ibu rumah tangga tak akan melewatkan kesempatan untuk berburu seafood di pasar ikan.

Bagi yang hanya ingin menikmati seafood di tempat, wisatawan bisa memilih beberapa warung. Banyaknya menu yang disediakan sebagai alternative agar pengunjung tidak bosan. Dari sajian sederhana seperti ikan goreng tepung hingga menggunakan berbagai macam bumbu.

Baca: Gumuk Pasir Parangkusumo Tiket & Aktivitas

Beberapa bumbu yang menjadi favorit wisatawan adalah ikan bakar saus tiram. Naun tak sedikit pula yang mencari kenikmatan masakan berbumbu asam manis. Wisatawan juga tidak perlu khawatir karena ikan yang disajikan benar-benar segar serta tidak membuat kantong kering.

Pusat Cinderamata

Berburu oleh-oleh akan selalu menjadi salah satu daftar dalam perjalanan wisata. Terlebih jika para wisatawan iku datang dari luar kota bahkan luar negeri. Di Pantai Kuwaru rupanya telah menyediakan tempat untuk berburu oleh-oleh, agar wisatawan tidak pulang dengan tangan hampa.

Sebagai pertanda jika wisatawan tersebut telah datang ke Pantai Kuwaru bisa membeli cindera mata yang banyak dijual di sana. Sebagian besar cindera mata itu beruba ukiran kayu lengkap dengan tulisan nama pantai yang telah dikunjungi.

Wahana Pantai Kuwaru

Ombak Pantai Kuwaru
Besarnya ombak Pantai Kuwaru sehingga memberikan larangan wisatawan untuk berenang Foto: Google Maps/Johan Rachmat Santosa

Tanpa pengelolaan yang baik, Pantai Kuwaru hanya dilihat sebagai desa nelayan. Berbeda dengan kini yang telah menjelma menjadi tempat wisata yang mulai diperhitungkan. Sayangnya, Pantai ini hanya bisa dinikmati dari kejauhan saja, akibat besarnya ombak yang dikhawatirkan membahayakan wisatawan.

Larangan untuk berenang menjadi peringatan tersendiri dan penggemar olahraga air lainnya harus bisa menahan diri untuk tidak terjun langsung. Selain itu banyaknya cekungan batu karang berbahaya bagi wisatawan yang membawa anaknya. Namun pengelola masih menyediakan wahana lain untuk menggantikan kegiatan yang dilarang tersebut.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Kolam Renang

Salah satunya adalah kolam renang yang lebih diperuntukkan untuk anak-anak. Pengelola juga menyediakan sarana mandi bola agar wisatawan tidak bosan. Harga yang dibanderol juga tidaklah mahal. Wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- saja untuk bisa menikmati fasilitas tersebut.

Seperti halnya kolam renang pada umumnya, di Pantai Kuwaru juga menyediakan persewaan pelampung. Bentuknya pun cukup sederhana dan tidak terlalu dalam sehingga aman untuk anak-anak.

Keliling Pantai Menggunakan ATV

wahan atv
Bagi yang tidak ingin bermain air atau pasir di pantai bisa mencoba wahana ATV. Foto: Google Maps/Mas No Alvin Game

Jika di Parangtritis wisatawan menggunakan kuda untuk menyusuri bibir pantai, lain halnya dengan di Pantai Kuwaru. Pengelola menyediakan ATV untuk disewakan dengan harga yang cukup urah yakni Rp 25.000,- tiap 15 menit.

Selain ATV, ada juga motor trail yang disewakan dan wisatawan diharapkan untuk berhati-hati saat menyusuri bibir pantai. Bagi yang memiliki anak, bisa juga membawa serta buah hatinya mengendarai ATV tersebut. Namun harus tetap memerhatikan keselamatannya masing-masing.

Rute dan Lokasi Pantai Kuwaru

Setelah naik pamor, tentu banyak sekali wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Kuwaru. Pemerintah setempat rupanya memfasilitasi dengan memberikan rute untuk menuju kawasan tersebut. Mengawali perjalanan dari kota Yogyakarta, wisatawan bisa melalui jalan Bantul menuju perempatan Srandakan.

Dari perempatan tersebut wisatawan bisa memilih untuk masuk jalan Srandakan ataupun ambil lurus ke jalan Samas Di kawasan ini terdapat papan penunjuk arah Pantai Pandansimo. Wisatawan bisa mengikuti jalanan tersebut karena lokasi memang searah, kemudian akan ada penunjuk untuk ke Pantai Kuwaru.

Objek wisata pantai ini berada di Kawaru, Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55762

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini