Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Wates Wisata Murah Banyak Wahana - Mei 2022

0
Alun-Alun WatesHarga Tiket Masuk: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Bhayangkara, Terbah, Wates, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55651

Kulon Progo memang terkenal sebagai daerah yang punya potensi wisata pantai dan pegunungan. Namun tak hanya itu, di jantung kotanya juga punya daya tarik yang layak diperhatikan. Tepat di pusat kota ada pusat hiburan masyarakat di Alun-Alun Wates. Tempatnya bisa menjadi pilihan untuk sekedar bersantai menghilangkan suntuk. Cocok juga untuk berkumpul bersama keluarga.

Alun-Alun Wates memiliki berbagai daya tarik baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tersedia aneka wahana permainan yang memanjakan si kecil. Area taman yang asri dan bersih sangat cocok dipakai untuk duduk bersantai. Ketika malam area alun-alun juga dipenuhi dengan aneka kuliner kaki lima yang menggoda selera.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Wates

Untuk masuk ke area alun-alun wisatawan tidak dikenai tarif alias gratis. Namun wisatawan harus mengeluarkan kocek untuk parkir kendaraan. Atau juga untuk menjajal wahana permainan dan membeli aneka kuliner yang ada.

Harga Tiket Alun-Alun Wates
Tiket Masuk Gratis
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: Alun-Alun Kidul Yogya Tiket & Aktivitas

Jam Buka Alun-Alun Wates

Untuk jam operasionalnya sendiri tempat ini buka selama 24 jam. Namun waktu favorit untuk berkunjung biasanya pada saat sore atau malam hari. Ketika pagi alun-alun ini juga ramai pengunjung yang berolahraga.

Jam Buka Alun-Alun Wates
Setiap Hari 24 Jam

Pusat Hiburan di Jantung Kota Kulon Progo

Suasana yang asri di kawasan alun-alun
Pohon rindang dan udara segara menjadi perpaduan tepat untuk bersantai dan sejenak menenangkan pikiran. Foto: Gmaps/Kezia Prima

Jika mencari hiburan yang ada di sekitar jantung kota Kulon Progo, Alun-Alun Wates bisa menjadi pilihan. Alun-alun ini tertata sangat rapi dengan beragam hal menarik di dalamnya. Taman yang asri dan teduh sangat cocok sebagai area untuk bersantai sejenak. Ciri khasnya yaitu area hijau yang sangat luas. Selain itu kebersihannya juga sangat terjaga sehingga semakin membuat nyaman.

Alun-Alun Wates bisa memanjakan wisatawan dari segala usia. Untuk anak-anak tersedia beragam wahana permainan yang mengasyikkan. Selain itu di sekitar kawasan terdapat pusat kuliner kaki lima. Beragam jajanan ringan hingga berat tersedia di sini. Dengan beragam hal yang ada, alun-alun ini cocok dikunjungi bersama dengan keluarga.

Baca: TAMAN SUNGAI MUDAL Tiket & Daya Tarik

Jalan-Jalan Keliling Alun-Alun

Wisatawan bercengkeraman dengan merpati di Alun-Alun Wates
Di kawasan wisata ini banyak burung merpati yang hinggap dan jadi hiburan tersendiri. Foto: Gmaps/Dani Pratama

Ciri khas dari Alun-Alun Wates yaitu tanah lapang luas dengan dua pohon tinggi di tengahnya. Di sisinya tersedia jalan setapak untuk berkeliling area alun-alun. Area tersebut ditumbuhi banyak pepohonan sehingga terasa sangat teduh. Wisatawan dapat berkeliling menikmati keindahan alun-alun di setiap sudutnya.

Yang menarik di taman kota ini yaitu keberadaan ratusan burung merpati. Tersedia kandang-kandang merpati yang tersebar di beberapa sudut alun-alun. Ketika siang hari burung-burung ini berkeliaran bebas di kawasan alun-alun. Wisatawan bisa bercengkerama dengan memberi makan burung-burung tersebut. Bagi yang mengajak anak-anak, aktivitas berinteraksi dengan merpati tentu bisa jadi pengalaman baru.

Baca: 5 Daya Tarik Wisata Waduk Sermo

Beragam Wahana Permainan Anak

Beragam wahana bermain anak yang ada di Alun-Alun Wates
Si kecil dijamin betah berada di tempat ini karena banyaknya wahana permainan yang ada. Foto: Gmaps/Alin Triyani Pustu Semono

Bagi yang punya anak-anak, Alun-Alun Wates bisa menjadi pilihan wisata tepat di Kulon Progo. Berada di pusat kota, hiburan di tempat ini sangat lengkap. Tersedia aneka wahana permainan untuk si kecil seperti ayunan, perosotan, hingga jungkat-jungkit. Selain itu masih ada lagi wahana tambahan mobil-mobilan, skuter, mandi bola, odong-odong dan masih banyak lagi. Jika berada di tempat ini dijamin si kecil akan merasa sangat betah.

Baca: Kebun Teh Nglinggo Wisata Perbukitan Hijau

Tugu dan Air Mancur

Di Alun-Alun Wates terdapat bangunan ikonik yang jadi ciri khas. Itu adalah sebuah tugu dengan air mancur yang mengelilinginya. Bangunan tugu tersebut berada tepat di depan pintu masuk alun-alun. Meski tidak terlalu besar namun tugu tempat tersebut menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Wisatawan biasa menghabiskan waktu untuk berfoto dengan latar belakang tugu dan air mancur.

Ketika malam pesona dari bangunan tugu semakin indah. Karena sorot lampu warna-warni yang membuat air mancur semakin cantik. Selain itu ada tulisan “Kulon Progo” yang menyala di bagian tugu.

Baca: PANTAI GLAGAH Panorama Unik Tiket Terjangkau

Bersantai di Taman Bunga

Taman bunga yang asri di Alun-Alun Wates
Salah satu spot favorit wisatawan adalah kawasan taman yang teduh dan cocok untuk bersantai. Foto: Gmaps/Ardy Seno

Area Alun-alun Wates memang sangat luas. Di salah satu bagiannya ada sebuah taman bunga yang begitu rindang. Di sekitarnya penuh dengan aneka koleksi bunga warna-warni dan pepohonan. Suasana begitu sejuk dan asri ketika menyambangi taman ini. Sebagai pelengkap tersedia banyak bangku-bangku taman. Sehingga nyaman untuk duduk bersantai menikmati keindahan dan udara segar.

Di area taman juga memiliki beberapa spot foto menarik bagi penggemar Selfi. Tak hanya pagi hingga sore hari, area taman juga ramai ketika malam hari. Tempat ini sudah dilengkapi lampu yang terang sehingga memadai untuk aktivitas wisatawan di malam hari.

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Aneka Kuliner di Alun-Alun Wates

bersantai di taman sambil wisata kuliner di sekitar alun-alun
Jika ingin mencari wisata kuliner di Kulon Progo, tempat ini bisa menjadi pilihan. Foto: Gmaps/Asep nur holis

Alun-Alun Wates adalah salah satu pusat kuliner kaki lima yang paling terkenal di Kulon Progo. Di setiap sudut alun-alun berjejer rapi pedagang yang menjajakan dagangannya. Aneka makanan dan minuman tersedia lengkap di tempat ini.

Bakso bakar, aneka sate-satean dan jajanan khas kaki lima lainnya bisa ditemukan. Tersedia juga aneka pilihan makanan berat. Sehingga kawasan Alun-Alun Wates cocok juga untuk makan malam bersama keluarga atau kerabat.

Baca: PANTAI BUGEL Tiket & Ragam Aktivitas

Berolahraga

Kawasan alun-alun juga kerap dipakai untuk berolahraga. Ketika pagi atau sore banyak orang jogging atau bersepeda di tempat ini. Di area alun-alun sudah terdapat jogging trek dan beberapa fasilitas olahraga lain yang bisa dimanfaatkan.

Fasilitas

Kawasan hiburan Alun-Alun Wates ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tersedia kantong parkir yang luas, toilet arena olahraga hingga mushola. Di setiap sudutnya banyak disediakan tempat sampah.

Lokasi Alun-Alun Wates

Taman kota ini beralamat di Jl. Bhayangkara, Terbah, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat strategis karena berada tepat di pusat kota Kulon Progo.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini