Beranda Tiket Wisata

PANTAI TRISIK Tiket Murah Bisa Lihat Penyu September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Trisik : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Karangsewu, Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55661

Tak hanya Pantai Glagah, Kulon Progo juga masih punya wisata pantai lain yang menarik. Di ujung timur Kulon Progo ada wisata Pantai Trisik yang punya pesona eksotis. Letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul. Pantai ini memiliki ciri khas yang berbeda dari pantai lain.

Tak hanya pemandangan pantai, wisatawan juga akan melihat aktivitas perahu nelayan yang berlalu lalang. Karena memang area pesisirnya merupakan kampung nelayan. Ciri khas pantainya memiliki pasir hitam dengan garis pantai yang panjang. Bibir pantainya sangat landai sehingga cocok untuk berbagai aktivitas air. Selain itu pantai ini juga menjadi tempat penangkaran dan pelepasan penyu.

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

Meski memiliki beragam aktivitas, namun ternyata tiket masuk di pantai ini sangat murah. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahannya. Namun akan ada biaya tambahan apabila ingin berkeliling menggunakan perahu.

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik
Tiket MasukRp5.000
Naik PerahuRp25.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: PANTAI BUGEL Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Trisik

Tidak ada jam operasional yang berlaku di tempat wisata ini. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Namun jika ingin melihat bagaimana para nelayan memecah ombak untuk menuju ke laut maka datang ketika pagi hari. Atau bisa juga datang pada sore hari untuk menyaksikan momen sunset. di waktu-waktu tertentu juga ada prosesi pelepasan anakan penyu ke laut.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Pantai Desa Nelayan Dan Penangkaran Penyu

Pesona keindahan Pantai Trisik
Pantai dengan karakteristik pasir hitam halus dan bibir pantai yang landai

Seperti umumnya Pantai Selatan Jawa, Pantai Trisik memiliki ombak besar. Pantai ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pantai Parangtritis. Pasir hitam halus dengan garis pantai yang panjang merupakan daya tarik utama. Tak hanya keindahan pantai, wisatawan juga bisa melihat kehidupan kampung nelayan di pantai ini.

Melihat perahu berlalu lalang hingga berbelanja ikan tangkapan nelayan. Selain itu ada juga tempat penangkaran penyu. Di area konservasi ini wisatawan bisa melihat bagaimana proses pengembangbiakan penyu. Di waktu-waktu tertentu wisatawan juga dapat mengikuti prosesi pelepasan penyu ke laut.

Baca: 5 Daya Tarik Wisata Waduk Sermo

Serunya Bermain Ombak Pantai Trisik

Pantai ini memiliki ciri khas ombaknya yang besar dengan bibir pantai yang landai. Karena itu beragam aktivitas air sangat memungkinkan untuk dilakukan. Wisatawan bisa berenang dan bermain air di pantai ini. permukaan bibir pantainya halus dan bebas dari  bebatuan karang sehingga membuat wisatawan bisa lebih leluasa. Air lautnya juga sangat bersih dan bebas sampah.

Namun jika berenang di tempat ini tetap perhatikan aturan yang ada. Patuhi batas rambu zona aman yang sudah ditetapkan. Jangan sampai karena terlalu asyik justru membahayakan diri sendiri. Waktu terbaik untuk bermain air adalah sore hari. ketika siang cuaca akan terasa sangat menyengat di pantai ini.

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Bersantai Menikmati Pemandangan Pantai

Sunset di Pantai Trisik
Pantai ini bisa menjadi pilihan untuk bersantai di sore hari dan menikmati momen sunset. Foto: Gmaps/Sugeng Prayitno

Sekedar bersantai dan bermalas-malasan di tepi pantai juga bisa jadi pilihan. Tersedia gazebo-gazebo yang langsung menghadap pantai. Selain melihat cantiknya gulungan ombak ada hal menarik lainnya.

Wisatawan bisa menyaksikan para nelayan menerjang ombak menuju tengah laut. Menariknya perahu yang digunakan adalah perahu-perahu tradisional. Lihainya para nelayan mengendalikan perahu di tengah gulungan ombak membuat berdecap kagum.

Selain di pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat menikmati fenomena alam yang luar biasa. Kawasan Pantai Trisik merupakan lintasan kawasan burung yang bermigrasi. Akan jadi pengalaman berharga apabila beruntung Melihat ratusan burung terbang di atas pantai.

Baca: PUNCAK SUROLOYO Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Melihat Penangkaran Penyu

Prosesi pelepasan penyu Pantai Trisik
Wisatawan dapat mengikuti kegiatan melepaskan bayi-bayi penyu ke laut lepas. Foto: Gmaps/Didik Sanji

Di dalam kawasan wisata ini juga ada tempat penangkaran penyu. Bernama Konservasi Penyu Abadi di bawah pengelolaan warga sekitar dan dinas-dinas terkait. Penyu yang berkembang-biak di tempat ini adalah jenis Penyu Lekang. Wisatawan bisa belajar banyak seputar penyu terutama cara pembiakannya.

Yang paling mengasyikkan nantinya wisatawan bisa mengikuti proses pelepasan anakan penyu ke laut lepas. Menikmati Momen pada saat bayi penyu perlahan berjalan ke laut menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus mengharukan. Dengan adanya kegiatan tersebut membuat tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Baca: Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Mengikuti Tradisi Sedekah Laut

Masyarakat di pesisir selatan Jawa khususnya Yogyakarta masih rutin menggelar tradisi sedekah laut. Hal itu juga masih berlaku bagi masyarakat di kawasan Pantai Trisik. Tradisi tersebut dilakukan setahun sekali saat bulan suro (kalender Jawa). Acara tersebut adalah wujud rasa syukur atas keberkahan, rezeki dan keselamatan yang diberikan Tuhan yang maha esa.

Laguna di Pantai Trisik

Laguna Pantai Trisik
Laguna ini memiliki beragam spot foto dan wahana permainan untuk anak. Foto: Gmaps/Edi F

Hal unik lainnya di Pantai Trisik adalah adanya laguna yang tidak jauh dari bibir pantai. Laguna adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang seperti pasir atau karang. Di kawasan laguna tersedia beberapa wahana foto unik. Selain itu ada juga wahana bebek air yang sangat mengasyikkan. Areanya sangat teduh dan asri karena dikelilingi barisan pohon cemara. Wisatawan bisa juga memancing di kawasan ini.

Fasilitas Pantai Trisik

Sarana dan prasarana penunjang di tempat wisata ini juga sudah sangat memadai. tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola, warung kuliner, hingga gazebo. Tersedia juga pusat oleh-oleh yang menjual aneka olahan laut.

Lokasi Pantai Trisik

Pantai ini beralamat di Desa Karang Sewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 24 Km dari pusat kota Kulon Progo dengan waktu tempuh waktu sekitar satu jam.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 31

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini