Pantai BuyutanHarga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63554

Ingin berlibur ke pantai yang tidak terlalu ramai? Pantai Buyutan yang terletak di Kota Pacitan ini bisa menjadi pilihan pengunjung. Pantai ini terkenal dengan objek batu karangnya yang menyerupai mahkota. Selama menuju ke pantai ini, pengunjung akan melihat pemandangan persawahan di kiri kanan jalan.

Karena lokasinya di dasar tebing, untuk mencapainya pengunjung harus berjalan kaki dari pintu masuk. Bagi yang membawa kendaraan baik motor maupun mobil harap berhati-hati. Hal ini dikarenakan jalan turunan yang cukup curam terutama bagi pengendara mobil yang belum menguasai medan.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan

Harga tiket masuk ke kawasan wisata pantai ini sangat murah. Tiket hanya dibedakan pada periode kunjungan hari biasa atau akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan Pacitan
Tiket Masuk AnakRp5.000
Tiket Masuk DewasaRp10.000

Baca: Pantai Klayar Pacitan Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Buyutan

Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.  Banyak pengunjung yang berkemah di Pantai Buyutan terutama pada saat akhir pekan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas Wisata di Pantai Buyutan

Beragam aktivitas bisa dilakukan di kawasan wisata pantai ini. Mulai dari berenang, berkemah, berpiknik dll. Tidak jarang banyak pengunjung yang datang khusus untuk berburu foto karena keindahan alam pantai ini.

Hunting Foto

Hunting foto di Pantai Buyutan
Hunting foto adalah hal wajib yang dilakukan fotografer yang berkunjung ke Pantai Buyutan ini – Instagram /anomharyacom

Bagi para pengunjung yang hobi berburu foto-foto indah, area pantai ini adalah tempat yang sangat tepat. Berburu foto di Pantai Buyutan harus hati-hati agar kamera tidak sampai terkena ombak. Spot foto yang sering dibidik oleh para fotografer adalah batu karang yang terletak tidak jauh dari tepi pantai.

Selain itu banyak pula pengunjung yang berfoto di jembatan saat akan turun menuju Pantai Buyutan. Bukan tanpa alasan jika pengunjung banyak mengambil foto di jembatan tersebut. Pemandangan Pantai Buyutan yang terlihat sebagai latar belakang foto menghasilkan foto yang sangat menarik.

Melihat milky way

milky way di Pantai Buyutan
Pemandangan milky way inilah yang menjadi khas dari Pantai Buyutan yang banyak dikejar oleh para pengunjung – Instagram/van.chariel08

Selain memiliki batu karang yang unik, pantai ini memiliki satu keunggulan lagi. Jika di pantai lain pengunjung tidak akan melihat milky way dengan jelas, maka di pantai ini bisa. Pengunjung bisa menyaksikan milky way saat malam hari. Pengunjung bisa berkemah atau bisa juga datang ke pantai  pada malam hari.

Berpiknik

Datang dengan keluarga atau beramai-ramai? Pengunjung bisa berpiknik di Pantai Buyutan. Pengunjung yang tidak membawa tikar bisa menyewa di warung sepanjang pantai. Per tikar hanya dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Tidak membawa makanan? Jangan khawatir karena warung di sepanjang pantai juga menjual makanan mulai dari seafood hingga ayam dan sebagainya. Harga yang ditawarkan juga terjangkau.

Salah satu yang menjadi primadona di pantai ini adalah es kelapa muda. Es kelapa muda yang dijual di sini memberikan rasa yang segar. Apalagi jika di minum di siang hari. Untuk harga bervariasi antara warung satu dengan lainnya. Jika berlibur ke tempat wisata ini jangan sampai lupa untuk membeli es kelapa muda.

Berkemah

berkemah di pantai buyutan
Jika ingin lebih lama menikmati keindahan pantai bisa menggelar tenda dan berkemah di tepi pantai. Foto: Google Maps/Fahmi Kafabih

Berkemah di Pantai Buyutan tentu adalah hal yang sangat layak untuk dilakukan. Area pantai yang masih bersih, deburan ombak dan pemandangan yang indah akan menyegarkan pikiran pengunjung.

Untuk berkemah pengunjung harap membawa perlengkapan sendiri. Sejauh ini belum ada warung ataupun pengelola yang menyewakan tenda pada pengunjung. Untuk acara api unggun bisa menghubungi pengelola apakah diperbolehkan atau tidak.

Pengunjung yang berkemah biasanya menantikan untuk melihat milky way yang jarang ditemui di pantai lain. Pemandangan milky way bisa terlihat jelas karena minimnya polusi cahaya di area pantai.

Bermain di Tepi Pantai

Bermain air di Pantai
Bermain air di tepi pantai merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata ini. Foto: Google Maps/KKR SMKDA

Bermain air laut di wisata pantai ini sangat memuaskan. Kondisi air laut yang masih sangat jernih dan biru juga bebas sampah menjadi daya tarik utama untuk bermain air. Ombak yang tidak terlalu tinggi juga memberikan keamanan untuk bermain air di tepi pantai.

Ingin berenang? Pengunjung bisa berenang juga di pantai ini. Ombak yang ada di area pantai memang tidak besar. Namun pengunjung harus tetap waspada, terutama jika memasuki musim hujan.

Banyak kamar mandi yang tersedia bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri. Kamar mandi yang tersedia juga bersih dan tidak dikenakan biaya tambahan lagi.

Fasilitas

Walau belum seramai pantai lain tetapi tempat wisata pantai memiliki fasilitas yang lengkap seperti :

  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Penyewaan tikar
  • Musholla
  • Ojek yang bisa mengantar pengunjung dari pintu masuk.

Lokasi Pantai Buyutan

Pantai Buyutan ini terletak di Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorejo, Kabupaten  Pacitan. Jaraknya dekat dengan Goa Gong dan Pantai Klanyar. Akses jalan ke pantai ini termasuk mudah dan bisa dilalui berbagai macam kendaraan. Hanya saja untuk masuk ke kawasan pantai tidak bisa dilalui oleh bus besar.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 2

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini