Beranda Tiket Wisata

PANTAI PAPUMA Tiket & Ragam Pesona Memikat - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Papuma : Rp20.000 - Rp25.000Jam Buka: 08.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Des Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68162

Jember yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sisi selatan terkenal memiliki wisata pantai yang indah. Dari sekian banyak kawasan pantai di Jember, ada satu yang masih cukup asing dan belum banyak terjamah yaitu Pantai Papuma. Pantai yang terletak di Kecamatan Wuluhan ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Jember. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya batu karang besar berbentuk segitiga.

Hal unik lain dari Pantai Papuma yaitu areanya yang merupakan gabungan antara hutan dan pantai. Hutan di area ini menyimpan keanekaragaman flora dan fauna khas hutan tropis. Susunan perbukitan yang mengitari pantai juga semakin menambah eksotis tempat ini.

Harga tiket Pantai Papuma Jember

Harga tiket masuk ke Pantai Papuma memang cukup mahal jika dibandingkan dengan wisata pantai lain yang ada di daerah Jawa Timur. Namun harga tersebut masih terjangkau dan sesuai dengan panorama serta keunikan yang ada dari pantai ini.

Harga tiket Pantai Papuma
Hari biasaRp20.000
Akhir pekan/Hari libur nasionalRp25.000
Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000

Baca: Taman Botani Sukorambi Tiket & Wahana

Jam buka Pantai Papuma

Untuk ke berwisata ke pantai ini wisatawan bisa memilih hari apa saja karena areanya buka setiap hari. Datanglah ketika cuaca sedang cerah, agar mendapatkan pemandangan terbaik.

Jam buka
Setiap hari08.00 WIB – 18.00 WIB

 Pantai Eksotis yang Bersih dan Asri

Pantai dengan gugusan batuan karang yang besar
Wisatawan bisa menikmati keindahan panorama pantai yang berpasir putih serta gugusan karang. Foto: Gmaps/Ari Gunawan

Pasir putih dengan ombak besar khas pantai selatan menjadi pesona utama wisata pantai ini. Barisan batu-batu karang besar yang berada tak jauh dari bibir pantai terlihat sangat eksotik. Keindahan Pantai Papuma sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika tempat wisata ini pernah dinobatkan menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia pada TripAdvisor Traveler Choice 2015. Dalam penghargaan tersebut Pantai Papuma bersanding dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali.

Nama Papuma sendiri merupakan singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Sering juga terkenal sebagai Pantai Tanjung Papuma karena letaknya mengelilingi sebuah semenanjung yang menjorok ke lautan. Akses menuju pantai ini cukup sulit karena jalannya kecil dan bergelombang. Namun hal itu justru membuat pantai ini terlihat alami dan bersih.

Baca: Taman Super Galaxy Jember Tiket & Daya Tarik

Bermain air dan Pasir

Sebagai pantai yang berada di wilayah selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menyebabkan ombak di tepi pantai cukup besar. Sehingga bermain air di tepi pantai menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Selain itu pasir putih dari sekitar pantai juga sangat asyik digunakan untuk bermain. Selain putih, tekstur pasirnya juga sangat lembut.

Menyusuri Perairan dengan Perahu

Perahu yang siap mengantarkan menyusuri perairan Pantai Papuma
Wisatawan bisa coba merasakan pengalaman menyusuri perairan pantai dengan menggunakan perahu. Foto: Gmaps/Arum Purn

Di sekitar pantai tersedia banyak perahu yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menyusuri area perairan. Perahu-perahu ini akan mengantarkan wisatawan menuju batu-batu karang besar yang berada tak jauh dari bibir pantai.

Bersantai Menikmati Pemandangan

Karena areanya yang menyatu dengan hutan, menyebabkan area pinggir pantai wisata ini sangat asri. Barisan pepohonan yang tumbuh di sana membuat kawasannya begitu teduh. Pada saat siang hari yang terik, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai sembari duduk di bawah pohon. Tak lupa, sebagai pelengkap bisa memesan kelapa muda yang banyak dijual di warung-warung.

Baca: DIRA PARK Tiket & Wahana

Mendaki Bukit Siti Hinggil

Jika ingin menikmati pemandangan yang berbeda dari Pantai Papuma, wisatawan bisa mencoba naik ke puncak Bukit Siti Hingil. Bukit ini terletak di sebelah barat pantai. Untuk sampai ke puncak, membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Selanjutnya dari puncak Bukit Siti Hinggil, pemandangan laut lepas dengan laut biru yang memanjakan mata dapat terlihat jelas. Barisan gugusan karang-karang besar yang terkena hempasan ombak menciptakan keindahan yang wajib untuk diabadikan. Dari Bukit Siti Hinggil, angin yang berhembus pun terasa lebih sejuk sehingga menciptakan suasana tenang dan damai.

Melihat Goa Jepang

Di sekitar kawasan pantai ternyata juga menyimpan sejarah Indonesia di masa penjajahan. Di kawasan hutan Jati terdapat situs Goa Jepang. Goa yang mirip benteng ini tempat pertahanan pada masa Perang Dunia II dan pengintaian tentara Jepang ke arah laut selatan.

Wisata Flora dan Fauna

Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada di Pantai Papuma. Di kawasan hutan sekitar pantai terdapat berbagai macam satwa mulai dari urung cicak hijau, lutung atau kera hitam, tupai hingga kijang.

Sementara di area pantainya, ketika air surut wisatawan bisa menemukan udang barong dan lobster yang biasa bersembunyi di balik bebatuan pantai.

Nikmati Ikan Bakar Khas Pantai Papuma

Jika berwisata ke pantai ini pengunjung juga bisa berwisata lidah di warung-warung yang terdapat di pinggir pantai. Menu andalan wisata kuliner di sini yaitu ikan bakarnya. Ikan-ikan tersebut adalah hasil tangkapan nelayan setempat sehingga dijamin segar.

Baca: TELUK LOVE Jember Tiket & Aktivitas

Memacu Adrenalin dengan Naik Banana Boat

Banano boat di Pantai Papuma
Wisatawan bisa memacu adrenalin dengan mencoba wahana banana boat. Foto: Gmaps/Nur Khafid

Bagi yang suka kegiatan yang memacu adrenalin maka bisa mencoba wahana banana boat tersedia di tepi pantai. Kebut-kebutan di area perairan pantai akan memberikan keseruan dan pengalaman yang menyenangkan.

Menikmati Sunset Pantai Papuma

Keindahan pantai ketika senja
Bersantai sembari menikmati momen sunset akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan. Foto: Gmaps/Pungki Nugroho

Pada saat langit cerah momen matahari tenggelam dari Pantai Papuma sangatlah eksotis. Pemandangan laut biru dengan batuan karang besar berpadu warna jingga langit sore akan memberikan nuansa romantic yang tidak akan terlupakan.

Ada dua pilihan untuk menikmati sunset di kawasan pantai ini, yaitu dari pinggir pantai atau dari atas bukit Siti Hinggil.

Fasilitas Pantai Papuma

Fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap dan menunjang berbagai kebutuhan dari wisatawan. Beberapa di antaranya seperti parkiran yang cukup luas, toilet dan kamar mandi, mushola, gazebo hingga deretan warung makan.

Lokasi Pantai Papuma

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember Jawa Timur. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota Jember dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Untuk menuju ke pantai bisa memanfaatkan gmaps. Harus berhati-hati karena jalannya yang tidak terlalu luas dan bergelombang.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 16

Berikan Rating