Beranda Tiket Wisata

Pantai Watu Ulo Tiket & Ragam Aktivitas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo : Rp7.500Jam Buka: 06.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68172

Pantai Watu Ulo adalah wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Jember. Panorama pantai dengan batu-batu karang besar menjadi pemandangan khas dari pantai ini. Tempat wisata ini masih berada satu kompleks dengan Pantai Papuma dan hanya berjarak sekitar 7 km. Tak heran jika pantai ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pantai Papuma. Ombak besar, pasir putih, barisan perbukitan dan batuan karang besar membuatnya sekilas tampak mirip.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pantai Watu Ulo adalah adanya batu berbentuk memanjang yang menjorok ke arah laut. Batuan ini juga yang melatarbelakangi penamaan pantai ini. Watu Ulo memiliki arti batu ular. Batu berbentuk memanjang seperti ular ini juga memiliki beragam cerita legenda dan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo

Tarif masuk di Pantai Watu Ulo sangatlah terjangkau. Dengan harga tiket yang murah meriah wisatawan sudah dapat menikmati keindahan panorama pantai sepuasnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo
Harga tiketRp7.500
Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000

Baca: PANTAI PAPUMA Tiket & Ragam Pesona Memikat

Jam Buka Pantai Watu Ulo

Kawasan wisata pantainya buka setiap hari dengan jam operasional yang panjang dari pagi hingga petang.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 WIB – 18.00 WIB

Baca: Taman Super Galaxy Jember Tiket & Daya Tarik

Pandai Indah dengan Balutan Cerita Legenda

Kawasan tepi pantai Watu Ulo Jember
Penampakan keindahan Pantai Watu Ulo dengan batu panjang menjorok ke laut yang menjadi ciri khasnya. Foto: Gmaps/Nosya Rachmawati.

Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Jember, Pantai Watu Ulo memiliki keindahan yang bisa menyihir setiap wisatawan yang datang. Pemandangan ombak biru yang bergulung-gulung berpadu dengan barisan bukit yang berada di sebelah timur pantai adalah suguhan utama panorama sekitar pantai. Ditambah dengan pepohonan rindang yang banyak tumbuh di tepi pantai juga memberikan kesan asri dan teduh.

Keberadaan batu yang menjorok ke laut ini memang menjadi ciri khas. Selain itu juga kisah-kisah legenda beredar. Ada banyak versi cerita dari batu panjang yang berbentuk seperti ular tersebut. Salah satu cerita mengatakan bahwa batu ini sebenarnya adalah seekor naga yang sedang bersemadi. Konon naga itu adalah utusan Ajisaka untuk bersemadi dan akan kembali menjadi manusia begitu terbangun nanti.

Baca: Taman Super Galaxy Jember Tiket & Daya Tarik

Bermain Air di Tepi Pantai

Sebagai pantai yang berada di selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia meyebabkan ombak di tepi pantai ini sangat besar. Tidak disarankan untuk bermain air terlalu jauh dari area bibir pantai. Selain karena ombak yang besar juga banyaknya batu karang yang ada di perairan pantai.

Sebagai gantinya wisatawan dapat bermain-bermain air di tepi pantai. Atau bisa juga bermain dengan pasirnya yang halus. Jika nekat berenang akan mendapat peringatan dari petugas yang selalu siap siaga.

Berkeliling Pantai Watu Ulo Naik Delman

Wahana Delman Pantai Watu Ulo
Keliling pantai menggunakan delman bisa menjadi pilihan wisatawan dalam menikmati pesona Pantai Watu Ulo. Foto: Gmaps/Puji Harti

 

Selama berada di kawasan pantai, berkeliling area pantai salah satu kegiatan menarik. Lebih seru lagi jika menggunakan delman. Wisatawan bisa berkeliling dan menikmati pemandangan setiap sudut pantai dengan menaiki delman. Apabila datang bersama anak, tentunya si kecil akan sangat senang jika diajak berkeliling dengan delman.

Menyusuri Perairan dengan Perahu

Selain di berkeliling area tepi pantai wisatawan juga bisa berkeliing area perairan pantainya. Jika di tepi pantai menggunakan delman maka untuk berkeliling perairan bisa menyewa perahu. Barisan perahu yang bersandar di tepi pantai siap mengantarkan wisatawan untuk merasakan pengalaman unik dengan deburan ombak sekitar pantai.

Selain seru menaiki perahu, panorama daratan tepi pantai juga bisa terlihat jelas. Selain itu bisa juga lebih dekat dengan gugusan batu karang besar yang berada tak jauh dari area pantai.

Bersantai di Pinggir Pantai

Bagi yang terlalu malas untuk beraktivitas, Kawasan wisata ini juga bisa dinikmati dengan bersantai di pinggir pantai. Birunya lautan dan hijaunya perbukitan menjadi pemandangan yang indah untuk dinikmati bersama dengan sajian kelapa muda. Di tepi pantai wisatawan bisa menyewa tikar dan payung yang banyak tersedia.

Baca: Taman Nasional Meru Betiri Tiket & Zona Wisata

Berswafoto

Ayunan di tepi pantai watu ulo jember
Bersantai di ayunan tepi pantai sambil menikmati deburan ombak. Foto: Google Maps/Aditya Zamrud Anggar Kasih.

Banyak spot-spot foto menarik yang berada di sekitar pantai. Berbagai pemandangan khas dari pantai ini juga sayang jika tidak terekam ke dalam kamera. Beberapa area foto yang menjadi favorit yaitu ayunan yang ada di pinggir pantai atau juga batu berbentuk ular yang menjadi ciri khas dari tempat ini.

Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit

Pemandangan pantai dari atas bukit
Wisatawan bisa melihat keindahan pantai secara menyeluruh dengan menaiki bukit. Foto: Gmaps/Reinkarnasi 88

Barisan bukit yang mengelilingi Pantai Watu Ulo juga bisa sebagai arena kegiatan trekking ringan. Dari puncak bukit wisatawan bisa melihat pemandangan pantai secara lebih sempurna. Garis pantai yang panjang akan terlihat secara utuh dari puncak bukit. Pada saat sore hari dan langit cerah, bukit ini sangat cocok menjadi tempat untuk menikmati sunset.

Ikan Bakar Yang Menggoda Selera

Selain memanjakan mata, wisatawan juga bisa memanjakan lidah di warung-warung yang berada di tepi pantai. Kuliner khas dari tempat wisata ini adalah sajian ikan bakarnya. Aroma harum bumbu dari ikan bakar sangat menggugah selera dan menggoda wisatawan untuk mencicipinya. Ikannya pun sudah pasti segar karena hasil tangkapan langsung dari warga sekitar yang menjadi nelayan.

Fasilitas di Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di tempat wisata ini tersedia area parkir, toilet, mushola, gazebo hingga warung-warung makan. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar pantai juga tersedia banyak penginapan yang berada tak jauh dari kawasan pantai.

Lokasi dan Rute Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo ini berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur. Selain pantai ini, Desa Sumberejo juga memiliki wisata pantai lain yaitu Pantai Payangan. Tempat wisata ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Jember dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 12

Berikan Rating