Beranda Tiket Wisata

PANTAI GESING Tiket & Aktivitas Desember 2021

Pantai GesingHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Girikarto, Bolang,, Panggang, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55133

Terletak di ujung selatan Yogyakarta, Gunungkidul menawarkan barisan pantai yang memukau. Pantai Gesing di Desa Girikarto adalah satu di antaranya. Tersembunyi di antara dua tebing karang, pantai ini bagaikan mutiara yang terjaga keindahannya.

Area pantai memang tidak terlalu luas. Namun keindahan pantai ini tidak kalah dibanding pantai lain di Gunung Kidul. Salah satu keunikan pantai ini adalah 2 tebing yang seolah menjadi pagar bagi kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Menginjakkan kaki di Pantai gesing, wisatawan dikenakan tiket masuk yang sangat murah. Dengan harga yang terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati kecantikan pantai ini sepuasnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp5.000
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp5.000
Tiket Taman Selfie Rp5.000

Baca: 20 Tempat Wisata Paling Menarik di Gunung Kidul

Jam Buka

Sebagai destinasi wisata alam, pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Wisatawan bisa datang kemari kapan saja.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Pesona Pantai Gesing

 
Pantai Gesing
Panorama Pantai Gesing secara keseluruhan yang terlihat dari tebing karang – Foto: Google Maps/Jammus Resto

Jika mencari destinasi wisata berupa pantai yang masih sepi, Gunungkidul adalah tempat yang tepat. Kabupaten di selatan Yogyakarta ini memiliki beragam pantai yang menunggu untuk dijelajahi. Setiap pantai memiliki karakternya sendiri, seperti Pantai Gesing.

Pantai Gesing adalah salah satu pantai yang ada di jajaran pantai selatan Jawa Tengah. Letaknya lumayan terpencil dan cukup memakan waktu untuk dijangkau. Meski begitu, akses jalannya sudah sangat baik dan nyaman.

Ciri khas pantai ini adalah letaknya yang diapit oleh dua tebing karang. Meski sempit, namun lautnya menyajikan gradasi warna kedalaman air yang tampak jelas dan cantik. Tidak hanya area pantai, tebingnya pun bisa dijelajahi. Panorama alam bisa terlihat secara keseluruhan dari atas tebing yang menghadap langsung ke laut.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Keindahan Tersembunyi

Minim pengunjung
Berwisata di Pantai Gesing memberikan suasana privat karena destinasi wisata ini masih belum banyak diketahui orang – Foto: Google Maps/Wulan.d Arc

Dari Kota Wonosari, Pantai Gesing berjarak sekitar 45 kilometer. Meski berada di daerah yang agak pelosok, tidak perlu cemas soal akses jalan. Jalanan beraspal yang mulus terbentang hingga pantai ini. Rutenya cukup menantang dengan jalan berkelok-kelok dan naik-turun bukit.

Pantai Gesing berada di balik barisan pohon cemara pantai. Pasirnya berwarna putih, khas pantai-pantai di Gunungkidul. Berbentuk teluk, lokasinya dibentengi oleh tebing karang di sisi kanan dan kiri. Meski tidak terlalu lebar dan landai, masih banyak ruang untuk bermain pasir atau berenang.

Di samping tidak terlalu luas, pantai Gesing juga tidak dipadati pengunjung. Angin dari laut terhalang oleh tembok karang di sekitarnya. Sehingga, ombaknya kecil dan menciptakan suasana tenang. Berkunjung kemari mungkin akan membuat wisatawan merasa bersantai di pantai pribadi.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Tebing Gesing

Gradasi laut yang cantik
Tampak gradasi warna air laut yang terlihat dari atas terbing – Foto: Google Maps/Riani Devita Fitri

Tidak hanya pantai dan laut, wisatawan juga bisa menjelajahi tebing karangnya. Tebing di sisi barat memiliki jalan setapak yang cukup nyaman. Pengunjung bisa naik kemari untuk menikmati pemandangan atau angin laut.

Dari atas, seluruh keindahan Pantai Gesing bisa terlihat dengan jelas. Gradasi warna yang tercipta dari perbedaan kedalaman laut pun bisa disaksikan dari sini. Jika berkunjung kemari, jangan lupa untuk jelajah tebing di sini. Gunakan alas kaki tertutup agar terlindung dari permukaan karang yang tajam.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Spot Swafoto Terbaik

Pemandangan dari jembatan cinta di pantai gesing
Jembatan cinta, salah satu spot favorit untuk berfoto di Tebing Gesing – Foto: Google Maps/iwan j prasetyo

Wisatawan mungkin akan sepakat bahwa spot foto terbaik di Pantai Gesing adalah kawasan tebingnya. Dari atas sini, pemandangan pantai, laut, hingga bukit bisa tertangkap dengan baik. Pengelola bahkan membuat taman khusus swafoto di area ini. Dengan harga murah, wisatawan bisa berfoto dengan latar laut dan aneka instalasi kreatif.

Spot lainnya yang populer di sini adalah jembatan cinta. Tanpa dipungut biaya, pengunjung bisa berfoto di jembatan merah ini. Dari titik ini, pengunjung bisa mendapatkan latar laut serta tebing karang di sisi timur.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Arena Memancing

Jangan heran jika melihat banyaknya barisan perahu nelayan di pantai ini. Pantai Gesing memang merupakan kawasan mencari ikan bagi nelayan setempat. Tidak hanya nelayan, wisatawan juga bisa memancing di kawasan pantai ini. Bawa peralatan memancing sendiri karena tidak ada jasa penyewaan di sekitar sini.

Kuliner Hasil Laut

Restoran dan penjualan hasil laut di tepi pantai
Tidak hanya menikmati hidangan olahannya, wisatawan juga bisa membeli produk hasil laut yang segar di sini – Foto: Google Maps/Dodi Dodi

Setelah lelah bermain di pantai, jangan pulang dengan perut kosong. Ada beberapa rumah makan hasil laut yang bisa dijajal. Hidangan ikan bakar hingga lobster dan ikan pari bisa dinikmati di sini. Bahan-bahannya hasil tangkapan lokal dan dijamin segar.

Fasilitas

Akses jalan menuju Pantai Gesing terbilang baik untuk dilalui kendaraan kecil hingga bus. Area parkirnya juga digunakan bagi pengunjung Pantai Buron. Kios-kios di pantai menyediakan toilet serta kamar bilas. Terdapat penginapan yang tak jauh dari lokasi pantai.

Lokasi Pantai Gesing

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisatawan bisa memilih rute melalui Kecamatan Panggang, Kota Wonosari, atau menyusuri pantai selatan.

Tanggapan:

4 / 5. dari 2

Kasi Bintang