Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGEDEN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik - Agustus 2021

Pantai Ngeden Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55871.

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten dengan jumlah pantai terbanyak di Yogyakarta. Bahkan ada yang menyerupai pantai pribadi. Beberapa di antaranya merupakan teluk sempit yang menyajikan suasana laut yang tenang. Salah satunya ialah Pantai Ngeden atau Ngedan yang terletak di Desa Krambil Sawit. Tersembunyi di balik bukit karang, pantai cantik ini memberikan kesan eksklusif bagi pengunjungnya.

Tiket Masuk Pantai Ngeden

Menyambangi pantai ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan tarif retribusi yang sangat murah, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alamnya. Tiket tersebut bahkan sudah mencakup asuransi serta fasilitas yang cukup lengkap dan memadai.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
Parkir Roda 2Rp2.000
Parkir Roda 4Rp3.000

Baca: 25 Tempat Wisata Paling Menarik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai

Seperti halnya pantai wisata lain di Gunungkidul, Ngeden terbuka untuk umum selama 24 jam. Tetapi, disarankan untuk berangkat pada pagi atau siang hari. Ini karena fasilitas akses jalannya masih minim penerangan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Pesona Pantai Ngeden

Pantai Ngeden
Pantai Ngeden, salah satu keindahan tersembunyi di Gunungkidul – Foto: Google Maps/Simon Joni S

Pantai Ngeden terletak di Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Mendengar namanya pertama kali, mungkin akan muncul sedikit rasa geli. Namun, pantai ini justru jauh dari kesan menggelikan.

Terletak agak terpencil, Pantai Ngeden menyimpan keindahan alam yang masih terjaga. Berkunjung kemari memang tidak terlalu mudah karena akses jalannya yang belum maksimal. Akan tetapi, hijaunya perbukitan serta birunya laut akan memanjakan wisatawan begitu tiba di lokasi.

Baca: TERAS KACA Nguluran Gunung Kidul Tiket & Wahana

Pesona di Balik Bukit

Gerbang ke Pantai Ngeden
Kondisi jalan menuju Pantai Ngeden – Foto: Google Maps/adhi tahan lama

Pantai Ngeden bisa dicapai dengan melalui beberapa rute. Dari Yogyakarta, waktu tempuhnya berkisar dua jam. Pantai ini juga bisa dicapai dari Wonosari atau Pantai Parangtritis.

Akses jalannya sempit dan cukup menantang jika menggunakan kendaraan roda empat. Fasilitas lampu penerang jalan pun masih sedikit karena termasuk area pedesaan terpencil. Disarankan melakukan perjalanan ketika hari terang, seperti pagi atau siang hari. Selain lebih aman, pemandangan sekitar juga akan menyegarkan mata sepanjang perjalanan.

Pemandangan dari bukit
Panorama laut dan tebing karang – Foto: Google Maps/Samsiatun Mudzkhiyah

Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki ke bawah. Jalan setapak akan membawa wisatawan menyusuri bukit. Sepanjang jalan ini banyak ditemui warung atau kios. Lokasi Pantai Ngeden agak tersembunyi di balik perbukitan.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Gunung Kidul Surga di Tepi Laut Selatan

Pasir dan Batu Karang

Formasi batu karang
Hamparan formasi batu karang di garis pantai – Foto: Google Maps/Riaya Edy Widowaty

Untuk menuju pantai berpasir putih ini, wisatawan harus menyusuri jalan setapak yang menurun. Pantai ini tidak terlalu luas namun tanahnya landai dan nyaman. Di sekeliling terdapat rimbun pepohonan dan bukit karang.

Selain pasirnya yang putih, garis Pantai Ngeden dihiasi formasi batu karang. Bebatuan ini juga yang kian mempercantik pemandangan. Hamparan batu karang akan terlihat jelas ketika laut surut.

Bertempat di sebuah teluk tidak menghalangi angin laut berhembus di sini. Laut yang terbentang menyajikan gulungan ombak yang cukup besar. Pengunjung bisa bermain ombak di pantai ini ketika laut cukup pasang.

Baca: PANTAI NGLAMBOR Tiket & 4 Aktivitas Seru

Surga Pemancing

Cocok untuk memancing
Banyak area yang cocok untuk memancing dan mencari ikan – Foto: Google Maps/5160411388 Muhammad Nagib

Banyaknya batu karang yang terhampar di Ngeden merupakan berkah tersendiri. Selain cantik untuk menjadi lokasi foto, batu karang juga rumah bagi ikan-ikan. Lokasi yang tepat bagi para penggemar kegiatan memancing.

Pengunjung diperbolehkan memancing di kawasan pantai ini. Selain di sekitar pantai, lokasi lainnya yang bisa dicoba adalah dari atas bukit karang.

Baca: Pantai Watu Kodok Pesona Keindahan & Ragam Aktivitas

Berkemah

Tempat favorit berkemah
Wisatawan mendirikan tenda di lahan yang kosong – FOto: Google Maps/Enda Sugiarta

Lahan pasir berkontur landai dan cukup luas sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Wisatawan bisa bermalam dengan melakukan camping di sekitar pantai. Perhatikan batas air laut pasang yang aman untuk mendirikan tenda. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah, ya.

Susur Bukit

Jalur susur bukit
Jalan setapak untuk susur bukit karang – Foto: Google Maps/Dindit eras

Bukit karang yang mengapit Pantai Ngeden merupakan daya tarik lainnya. Pengunjung bisa melakukan kegiatan susur bukit di sini. Gunakan alas kaki tertutup agar terlindungi dari tajamnya permukaan karang.

Panorama dari atas bukit selalu jadi incaran. Dari sini, wisatawan mendapatkan panorama alam sejauh 360 derajat. Hijaunya perbukitan hingga horison di ujung lautan tampak jelas terlihat.

Puncak bukit juga merupakan lokasi yang tepat untuk bersantai. Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dari sini. Sambil menunggu, abadikan momen kunjungan di sejumlah instalasi swafoto kreatif. Instalasi ini terbuat dari potongan kayu yang ada di sekitar bukit.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Fasilitas

Letaknya boleh terpencil, namun fasilitas yang tersedia sudah lengkap dan memadai. Pantai Ngeden memiliki lahan parkir yang cukup luas, warung makanan dengan toilet umum, serta musholla. Gazebo untuk beristirahat juga bisa ditemukan di sini.

Lokasi Pantai Ngeden

Objek wisata pantai ini berada di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, pilih rute Imogiri – Siluk – Panggang. Jika sudah memasuki Panggang, cukup ikuti petunjuk jalan menuju Pantai Ngeden atau bertanya pada warga setempat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca