Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik - November 2020

Pantai Ngobaran
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Kanigoro,Sapto Sari,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55871.

Di Yogyakarta, keindahan alam disandingkan secara apik dengan kekayaan budaya setempat. Perpaduan itu menghasilkan destinasi wisata yang menarik serta tidak biasa. Seperti yang bisa dilihat di Pantai Ngobaran yang berada di Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Ngobaran adalah pantai yang tidak hanya menyajikan kecantikan alam. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan ritual keagamaan umat Hindu. Kehadiran sejumlah pura dan arca juga menambah daya tarik yang unik bagi tempat wisata ini.

Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Jika ingin mengunjungi pantai ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuknya relatif sangat murah dan pasti terjangkau semua kalangan. Terdapat biaya tambahan bagi yang ingin berfoto di spot-spot foto yang tersedia.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
Parkir Roda 2Rp2.000
Parkir Roda 4Rp5.000
Parkir BusRp10.000
Spot Selfiemulai Rp2.000 per orang

Baca: 24 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Yogya

 

Jam Buka Pantai

Pantai Ngobaran selalu terbuka untuk umum selama 24 jam. Mendekati hari raya umat Hindu, biasanya diadakan ritual-ritual khusus. Acara ini juga bisa disaksikan oleh wisatawan yang berkunjung kemari.

Jam Operasional 
Selasa-Minggu24 Jam
SeninTUTUP

Eksotisme Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran yang tenang
Pantai Ngobaran merupakan destinasi wisata alam sekaligus budaya dan religi yang menarik – Foto: Google Maps/Evelyn Firda

Pantai Ngobaran hanyalah pantai berukuran kecil. Pantai ini lebih pantas jika disebut pantai mini. Wujudnya hanya berupa lahan berpasir di antara tebing-tebing karang yang menjulang tinggi.

Tapi jangan salah, wisatawan yang berkunjung kemari memang tidak memburu pantainya dengan sengaja. Yang dicari justru adalah rangkaian bukit dan tebing karang yang melingkupi pantai ini. Banyak yang datang hanya untuk menikmati panorama laut dari atas tebing. Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat pelaksanaan ritual kepercayaan maupun budaya yang beragam.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Gerbang dan Arca

Patung dan arca di gerbang Pantai Ngobaran
Sejumlah patung dan arca yang menghiasi gerbang Pantai Ngobaran – Foto: Google Maps/Henri Thomas

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Nguyahan. Keduanya terletak di sepanjang Jalan Ngobaran yang dihiasi kios-kios.

Untuk menemukan lokasi Pantai Ngobaran tidaklah terlalu sulit. Di pinggir jalan, terdapat jalan setapak yang mengarah ke sebuah taman. Taman ini dihiasi oleh gerbang dengan gaya arsitektur yang akan mengingatkan pada suasana Bali. Gerbangnya menyerupai gerbang menuju pura, dengan patung dewa-dewi yang bertebaran.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Pantai Penuh Toleransi

Yang disebut dengan Pantai Ngobaran adalah pantai yang terletak di bawah tebing. Panjang garis pantainya tidak lebih dari 1 kilometer, bahkan mungkin kurang. Pasirnya putih dan dilingkupi oleh dinding batu karang.

Lahan berpasirnya tidak seberapa luas. Batu karang yang dihiasi alga hijau terhampar di batas menuju laut lepas. Ombaknya kecil dan tenang, memberikan suasana tenang dan damai.

Menariknya, pantai kecil ini merupakan pertemuan bagi beberapa tempat peribadatan. Musholla, pura, serta candi dibangun berdekatan di kawasan ini. Musholla kecil untuk kebutuhan pengunjung muslim. Sementara pura dan candi digunakan untuk tempat beribadah umat hindu dan kejawen dari berbagai daerah.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Wisata Religi

Candi Mojodipo
Salah satu tempat peribadatan di kawasan Pantai Ngobaran, Candi Mojodipo – Foto: Google Maps/Endru Lovandarta

Di waktu-waktu tertentu, umat Hindu maupun Kejawen dari sejumlah daerah datang kemari. Mereka mengadakan ritual di pantai atau beribadah di pura dan candi. Pura Segara Wukir jadi rumah ibadah umat Hindu. Sementara penganut Kejawen biasanya bertapa di Candi Moyodipo.

Dengan adanya ketiga bangunan ini, Pantai Ngobaran menjadi lebih istimewa. Wisatawan dipersilakan menyaksikan kegiatan ritual maupun peribadatan masing-masing umat. Namun, tidak boleh saling mengganggu atau bahkan menghalangi prosesi acara.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Surga di Tepi Laut Selatan

Swafoto di Tebing

Anjungan spot foto
Spot swafoto berbentuk anjungan kapan yang berada di atas batu karang – Foto: Google Maps/Masayu Bella

Berkunjung ke Ngobaran, jangan lupa untuk mengabadikan beberapa foto kenang-kenangan. Untuk melengkapi keseruan berburu foto, pengelola juga menyediakan sejumlah spot foto menarik. Semuanya dibangun di tepi tebing dan menghadap ke laut lepas. Dengan begitu, wisatawan memiliki banyak pilihan tempat untuk berfoto dengan panorama laut yang indah.

Spot-spot foto ini hadir dalam berbagai bentuk, seperti anjungan kapal di ujung tebing. Spot ini juga sering dijadikan lokasi foto pre-wedding. Bagi yang ingin menggunakan jasa foto profesional, di sinipun tersedia dengan biaya jasa yang beragam.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Pantai Nguyahan

Berjemur di Pantai Nguyahan
Suasana Pantai Nguyahan yang tenang dan menyenangkan – Foto: Google Maps/Amelia Okta

Wisatawan memang tidak bisa terlalu leluasa bermain di Pantai Ngobaran. Jika ingin bebas bermain ombak, pengunjung bisa beralih ke Pantai Nguyahan. Pantai “tetangga” ini cukup luas untuk dijadikan tempat menikmati rekreasi pantai.

Seperti pantai di Yogyakarta lainnya, Pantai Nguyahan memiliki hamparan pasir yang putih. Lautnya tampak biru-kehijauan dengan dihiasi sejumlah batu karang di salah satu sudutnya. Di sekitar pantai berdiri kios-kios yang dilengkapi gazebo untuk berisitirahat. Sambil menunggu matahari terbenam, pengunjung bisa mengisi perut di sekitar sini.

Baca: HEHA SKY VIEW Gunungkidul Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas

Kawasan wisata Pantai Ngobaran dilengkapi sejumlah fasilitas yang lengkap dan memadai. Terdapat lahan parkir yang luas, musholla, serta kios dan toilet umum yang tak terhitung jumlahnya.

Lokasi Pantai Ngobaran

Objek wisata pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, dibutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam dengan jarak kurang-lebih 60 kilometer. Akses jalan ke pantai ini sudah sangat baik dan bisa dilalui kendaraan kecil hingga besar.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini