Beranda Tiket Wisata

Pantai Karang Tawulan Tiket & Ragam Pesona Oktober 2021

Pantai TawulanHarga Tiket: Rp7.500Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, -

Jika berkunjung ke Tasikmalaya, sempatkanlah mengunjungi Pantai Karang Tawulan. Pantai dengan bentang alam yang tergolong unik dan sangat mempesona. Meskipun tidak bisa berenang di area tepi pantai namun pantai ini tetap ramai kunjungan wisatawan.

Memang banyak wisatawan yang datang khusus untuk menikmati keindahan pemandangan bebatuan karang serta kesegaran udara tepi pantai. Selain itu bagi pemburu foto eksotisme pantai ini dapat menjadi objek foto yang sangat unik.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Objek wisata ini menerapkan tarif tiket masuk yang masih sangat terjangkau. Wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir sesuai dengan kendaraan. Meski begitu, objek wisata ini terawat dengan baik. Bahkan fasilitas umum pun tersedia dengan baik.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 7.500
Tarif Parkir
MotorRp 2.500
MobilRp 10.000

Baca: 12 Tempat Wisata Terbaik di Tasikmalaya

Jam Buka Pantai

Objek wisata ini terbuka untuk umum dan wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Bahkan wisatawan bisa menggunakan lokasi ini sebagai tempat berkemah. Namun umumnya, wisatawan berkunjung saat pagi dan sore hari. Untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keunikan Pantai Karang Tawulan

Spot Foto Tebing yang Disukai Wisatawan
Spot Foto Tebing yang Disukai Wisatawan. Foto: Gmap/Yatz R

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Karang Tawulan memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Dari pintu masuk, wisatawan tidak langsung menjumpai pasir atau ombak pantai. Melainkan hamparan perbukitan yang berselimut rumput hijau. Tidak perlu khawatir dengan keamanan karena perbukitannya sudah memiliki pagar pembatas.

Di sekitar bukit juga terdapat pepohonan khas pantai, seperti tanaman pandan laut. Lokasi tumbuhnya tersebar di antara bebatuan membuat suasana khas pantai semakin terasa. Selanjutnya dari atas sini, wisatawan dapat melihat keindahan pantai dengan jelas dari ketinggian. Hamparan pasir coklat dan lautan luas dengan ombaknya begitu tinggi.

Tak heran, karena pantai ini menghadap langsung dengan Samudera Hindia, sehingga memiliki ombak yang tinggi. Masih di bukit ini terdapat juga spot foto serta batu-batu sebagai tempat duduk. Jika ingin menuju pantai, wisatawan bisa langsung menuruni anak tangga yang tersedia. Sekilas, objek wisata ini mirip Pantai Tanah Lot yang ada di Tabanan, Bali.

Baca: KAMPUNG NAGA Tasik Wisata Desa Asri & Asli

Menyaksikan Matahari Terbit dari Bukit

Berfoto di Atas Tebing dengan Latar Belakang Langit
Berfoto di Atas Tebing dengan Latar Belakang Langit. Foto: Gmap/Aris Rismansah

Jika datang di pada saat fajar, tak perlu terburu-buru turun ke pantai. Wisatawan dapat mengambil posisi yang tepat menghadap ke timur untuk menyaksikan pesona indahnya matahari terbit. Dari atas bukit ini, wisatawan dapat menyaksikan dengan jelas matahari yang akan terbit.

Pada saat matahari mulai terbit sinar kuning perlahan mulai menembus kegelapan. Menggantikan hitamnya langit menjadi biru tua, kemudian biru muda. Disusul dengan pancaran sinar matahari yang mengenai segala penjuru.

Momen di bukit ini merupakan salah satu favorit wisatawan untuk berfoto. Umumnya foto dengan latar belakang lautan luas serta sinar matahari pagi yang baru saja muncul.

Menyusuri Pantai

Area Tepi Pantai Karang Tawulan
Area Tepi Pantai Karang Tawulan. Foto: Gmap/yellisiti _33

Menyusuri area sekitar pantai tidak boleh terlewat meskipun pemandangan dari tebing saja sudah memukau. Karena pengunjung bisa langsung merasakan keindahan pantai dari dekat. Mulai dari pasir coklat yang eksotik hingga ombak yang pecah ketika menghempas karang-karang yang bertebaran di tepi pantai.

Karena area tepi pantainya yang penuh dengan karang terdapat larangan berenang. Karena memang cukup berbahaya jika sampai terhempas ke arah bebatuan karang. Ditambah dengan ombak di pantai ini begitu besar. Selain itu hingga saat ini belum ada penjaga pantai. Sebagai gantinya, menyusuri pantai dapat menjadi alternatif.

Baca: PANTAI SINDANGKERTA Tasik: Tiket & Ragam Aktivitas

Memancing di Batuan Karang

Pemandangan Lautan Samudera Hindia dari Bukit
Pemandangan Lautan Samudera Hindia dari Bukit. Foto: Gmap/bang kuya

Hal lain yang dapat dilakukan adalah memancing. Spot di batuan karang adalah tempat yang tepat untuk memancing. Di spot-spot ini terdapat berbagai jenis ikan. Sehingga tidak hanya pengunjung bahkan warga sekitar pun sering memancing area ini.

Jika tidak membawa alat pancing, wisatawan juga dapat menggunakan jaring dan ember. Jika menggunakan ember atau jaring cobalah menangkap ikan di sela-sela batuan karang yang rendah. Selain karena lebih aman juga terdapat berbagai jenis ikan di sekitar sini. Kebanyakan ikan kecil warna-warni yang berenang di antara batuan karang.

Baca: PANTAI CIPATUJAH Tiket & Ragam Atraksi

Menyaksikan Matahari Terbenam di Bukit

Pada saat sore hari, saatnya kembali ke perbukitan. Selanjutnya wisatawan dapat mengambil posisi untuk menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di sini tak kalah indahnya dengan matahari terbit.

Kala senja tiba, sinar matahari mulai meredup. Pancarannya pun tak lagi kuning terang, namun berganti oranye yang teduh. Bulatan matahari semakin jelas terlihat. Perlahan bergerak turun, tenggelam di peraduannya. Seketika permukaan air laut tampak oranye, menghampar luas menerpa area batuan karang.

Baca: Bukit Kacapi Tasik: Tiket & Ragam Wahana

Berkemah di Perbukitan Pantai

Jika ingin menikmati kawasan ini selama 24 jam bisa bermalam dan berkemah. Wisatawan dapat berkemah di area perbukitan dekat pantai. Karena berada di atas bukit tentu tidak perlu khawatir akan terkena gelombang pasang di malam hari.

Wisatawan dapat membawa perlengkapan kemah. Area rerumputan yang nyaman dapat menjadi alas yang tepat untuk berkemah. Menikmati malam yang bertabur bintang di langit. Akan menjadi kenangan indah di Pantai Karang Tawulan.

Lokasi Pantai Karang Tawulan

Wisata pantai karang ini berlokasi di kawasan Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Pusat Kota Tasik. Dengan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam berkendara.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini