Beranda Tiket Wisata

PANTAI LOGENDING Tiket & Ragam Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Logending : Rp5.000Jam Buka: 06.00 WIB - 22.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jl. Pantai Pasir No.km 01, Logending, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54473

Pantai Logending adalah salah satu obyek wisata pantai yang berada di Kabupaten Kebumen. Pantai ini juga terkenal dengan nama Pantai Ayah.  Mendapat sebutan Pantai Ayah karena lokasinya berada di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Seperti halnya daerah pantai di wilayah selatan jawa, area pantainya memiliki karakteristik ombaknya yang besar.

Keunikan pantai ini yaitu adanya hutan pohon jati yang berada tak jauh dari bibir pantai. Keberadaan pohon jati tersebut membuat suasana pantai terasa asri dan teduh. Selain itu lokasinya juga unik karena kawasan pantai terapit 2 bukit.

Harga Tiket Masuk Pangai Logending

Untuk berwisata ke Pantai Logending, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk yang harganya sangat terjangkau. Dengan tiket masuk yang murah pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan yang cantik dan memanjakan mata.

Harga tiket Pantai Logending
Tiket masuk Rp5.000
Tarif parkir
Motor Rp3.000
Mobil Rp5.000

Baca: 6 Tempat Wisata Menarik di Kebumen

Jam Buka Pantai Logending

Pantai Logending bisa dikunjungi kapan saja karena selalu buka setiap hari. Selain itu jam operasionalnya sangat panjang karena buka dari pagi hingga malam hari.

Jam buka Pantai Logending
Setiap hari 06.00 WIB – 22.00 WIB

Keindahan Pantai Logending di Kebumen

Pantai Logending dengan hamparan Bukit Jati di belakangnya
Pantai logending memiliki keunikan dengan hutan bukit jati di belakangnya dan juga jembatan panjang yang membelah garis pantai. Foto: Gmaps/Iqbal Bukhori

Memiliki keunikan dengan hamparan hutan Jati di sekelilingnya, suasana di sekitar pantai terasa asri dan sejuk. Letaknya yang berada di pantai selatan menawarkan pemandangan birunya Samudera Hindia yang terlihat jelas terlihat dari tempat ini. Di pantai Logending akan banyak kapal-kapal nelayan terparkir di pinggir pantai. Karena area sekitar pantai juga menjadi tempat berlabuh kapal nelayan. Deretan kapal-kapal nelayan yang berwarna-warni ini menjadi daya tarik sendiri.

Ciri khas lain dari pantai Logending yaitu jembatan panjang yang membentang dan membelah tepi pantai. Dari jembatan tersebut wisatawan bisa melihat gugusan hutan mangrove dari dekat. Kombinasi hutan mangrove dengan perbukitan hutan jati di belakangnya menjadi pemandangan khas yang tidak ada pantai lain. Selain itu beragam aktivitas juga bisa dilakukan, berikut beberapa diantaranya:

Baca: Pantai Watu Bale Kebumen Tiket & Aktivitas

Bermain air di Pantai Logending

Pantai pesisir selatan punya karakteristik ombaknya yang besar, termasuk di Pantai Logending. Jika berkunjung ke sini kurang lengkap rasanya jika tidak menceburkan diri dan bermain air. Sensasi ketika ombak datang dan menghantam tubuh menjadi keseruan tersendiri ketika bermain di tepi pantai.

Namun harus tetap berhati-hati jika bermain air di area tepi pantai. Tetap patuhi rambu-rambu dan jangan melebihi jarak aman yang telah ditentukan pengelola. Karena ombak pantai selatan bisa berubah sewaktu-waktu dan lebih tinggi dari biasanya, sehingga bisa menjadi berbahaya.

Menyusuri Jembatan Panjang

pesona pantai Logending dengan jembatan panjang
Wisatawan bisa berjalan-jalan menyusuri jembatan yang ada di Pantai Logending. Wisatawan bisa melihat hutan mangrove dari dekat. Foto: gmaps/Marwaa Huwaidah

Di tepi pantai terdapat kawasan hutan mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi laut. Wisatawan dapat menyusuri hutan mangrove tersebut melalui jembatan yang membentang membelah garis pantai. Jembatan dengan panorama hutan mangrove sering menjadi obyek foto favorit.

Kemudian jika beruntung, banyak satwa-satwa yang bisa terlihat di hutan mangrove. Mulai dari burung, berbagai jenis ikan, kepiting hingga keong.

Baca: GOA JATIJAJAR Kebumen Tiket & Pesona

Bersantai dan Menikmati Sunset

aktivitas lain yang menjadi favorit wisatawan yaitu bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar. Suara deburan ombak berpadu dengan angin laut menjadi teman bersantai yang menenangkan hati. Sebagai pelengkap bersantai, di sini tersedia banyak warung yang menyediakan berbagai menu. Salah satu yang menjadi favorit di pantai logending adalah es kelapa muda.

Kemudian jangan buru-buru beranjak. Ketika sore hari dan cuaca sedang cerah, pemandangan sunset sangatlah cantik. Pemandangan sekeliling pantai yang berbalut langit yang menguning menjadi momen romantis yang sayang jika terlewat.

Bermain pasir dan Mencari Keong

Bagi yang mengajak anak-anak, kegiatan yang mengasyikkan yaitu bermain pasir dan mencari keong. Di dalam pasir biasanya terdapat banyak keong laut. Tentu saja si kecil akan sangat senang dengan kegiatan seperti ini.

Naik Perahu

Perahu penumpang yang ada di Pantai Logending
Wisatawan dapat berkeliling pantai Logending hingga tengah laut dengan menggunakan perahu penumpang yang berkapasitas 10 orang. Foto: gmaps/Marwaa Huwaidah

Bagi yang ingin berkeliling ke tengah laut sekitar pantai bisa menyewa perahu. Perahu penumpang yang tersedia di pantai ini berkapasitas 10 orang. Menyaksikan pemandangan garis pantai dari tengah laut tentu saja menjadi pengalaman yang menarik. Wisatawan bisa melihat dengan jelas daratan pantai dengan latar bukit hutan jati yang mengelilinginya.

Menyusuri Sungai

Sungai Bodo yang terletak di Pantai Logending
Di pantai Logending pengunjung bisa menikmati kegiatan susur sungai dengan pemandangan hamparan hutan mangrove. Foto: Gmaps/Inayah Zahra

Selain naik perahu ke tengah laut, wisatawan juga bisa naik perahu untuk menyusuri sungai. Di dekat pantai terdapat sungai bodo. Sungai bodo adalah sungai pemisah antara Kebumen dengan Cilacap. Sungai bodo bermuara di Pantai Logending.

Pemandangan yang bisa dilihat ketika susur sungai bodo adalah hamparan hutan mangrove yang memanjang.

Berkemah di Pantai Logending

Area sekitar pantai ini juga sangat menunjang untuk kegiatan berkemah. Di sini tersedia bumi perkemahan yang terletak di area hutan jati. Berkemah bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang menginginkan ketenangan dan ingin lebih lama menikmati kawasan pantai.

Baca: Wisata Alam BUKIT HUD Tiket & Ragam Aktivitas

Makan Kuliner Laut

Tersedia banyak warung makan yang menyediakan kuliner laut di dekat pantai. Menu-menu yang tersedia sangat beragam mulai dari ikan, udang, cumi dll. Bahan yang digunakan pun juga sudah pasti sangat segar karena langsung dari laut.

Berbelanja Ikan

Karena merupakan pantai nelayan, tak heran jika di sini terdapat tempat pelelangan ikan yang bernama Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP). Di sini wisatawan bisa melihat ikan-ikan hasil tangkapan nelayan dan membelinya. Karena langsung dan tanpa perantara lagi maka harga ikan di tempat ini pun lebih murah.

Fasilitas di Pantai Logending

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah sangat lengkap dan menunjang kebutuhan wisatawan. Beberapa diantaranya meliputi parkiran yang luas, kamar mandi di beberapa titik, mushola hingga warung-warung kuliner.

Rute dan Lokasi

Wisata Pantai Logending terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Memiliki jarak sekitar 53 km dari pusat kota Kebumen. Memiliki akses yang cukup baik sehingga bisa dilalui berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor hingga bus. Untuk menuju pantai ini sangat mudah karena sudah ada penunjuk arahnya. Selain itu bisa juga dengan memanfaatkan google map.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 16

Berikan Rating