PANTAI MUARA GEMBONG Tiket dan Aktivitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Pantai Muara Gembong: Gratis
  • Jam Buka: 08.00 - 18.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17730

Pantai Muara Gembong dapat menjadi salah satu alternatif objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Pantai ini berada di Kecamatan Muara Gembong Bekasi.

Di Hari libur, objek wisata ini kerap ramai pengunjung yang berasal dari Bekasi khususnya dan juga Jakarta. Hal ini dapat dimaklumi karena pantai ini lokasinya dekat dengan dua wilayah tersebut. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan suasana pantai dan sejenak menghindari hiruk-pikuk perkotaan, Pantai ini merupakan pilihan yang tepat.

Harga Tiket Masuk Pantai Muara Gembong

Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak ada tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan dan sewa perahu.

Baca: JEMBATAN CINTA Bekasi Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Muara Gembong

Kawasan wisata Pantai Muara Gembong buka setiap hari. Dengan jam buka mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 06.00 sore.

Aktivitas Menarik di Pantai Muara Gembong

wisatawan sedang bermain di tepi pantai muara gembong
Suasana di tepi pantai dengan pasir berwarna kecoklatan. Foto: Google Maps/septianto wahyudi

Untuk mencapai Pantai ini pengunjung harus naik perahu sekitar 15 menit dari Kampung Beting Muara Gembong. Selama perjalanan pengunjung dapat menikmati dan melewati hutan Mangrove  yang menghijau di sisi sungai. Sehingga pengunjung akan merasa seperti tidak berada di Bekasi.

Selain mendapatkan pemandangan yang bagus serta udara yang sejuk, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan dan menemukan hal-hal menarik serta unik. Adapun ragam aktivitas yang dapat dilakukan dan mungkin tidak ada ditempat lain yaitu:

Baca: 20+ Tempat Wisata Menarik di Bekasi

Ekowisata Mangrove

area hutan mangrove di sekitar pantai muara gembong
Area hutan mangrove di sekitar pantai muara gembong. Foto: Google Map/

Sejak tahun 2018 kawasan ini sudah menjadi daerah Ekowisata Mangrove. Terdapat gapura setinggi 3,5 meter yang menandakan sebagai pintu masuk Ekowisata Mangrove. Pengunjung dapat berjalan dengan nyaman menyusuri hutan mangrove melalui jembatan bambu. Dengan lebar 1,5 meter dan panjang 200 meter.

Sepanjang jembatan terdapat banyak spot-spot untuk berfoto ataupun berswa foto. Tentunya ini menjadi nilai tambah tersendiri untuk menarik banyak pengunjung datang. Mangrove sendiri bermanfaat untuk mengurangi abrasi pantai dan sebagai tempat pengembangan biota laut.

Hutan Mangrove yang ada di kawasan ini masuk ke dalam area Hutan Lindung Ujung Krawang. Sedikitnya memiliki 23 jenis mangrove sejati yang paling banyak adalah jenis api-api (avicenna) dan bakau (Rhizopora). Pengunjung juga dapat belajar bagaimana penanaman dan pengolaannya. Bahkan banyak kelompok-kelompok masyarakat ataupun murid-murid sekolah dan pecinta tanaman yang melakukan kegiatan menanam mangrove secara bersama-sama di sini.

Baca: SNOW WORLD Bekasi Tiket Masuk & Atraksi Salju

Penangkaran Satwa yang dilindungi

habitat kera ekor panjang
Muara GEmbong menjadi tempat konservasi satwa salah satunya habitat kera. Foto : Google Maps/Futuh Sabili

Hutan Mangrove di sini tidak hanya menjadi habitat bagi tumbuh-tumbuhan, tetapi juga bagi hewan khususnya burung. Terdapat sekitar 158 jenis burung yang ada di hutan ini. Jika Pengunjung mengeksplorasi lebih jauh hutan Mangrove, maka akan menemukan beberapa satwa liar atau habitat hewan langka yang dilindungi di dalamnya.

Selain burung, tinggal juga Lutung Jawa,kera, biawak, kera ekor panjang di area tersebut. Lutung Jawa termasuk dalam satwa liar yang dilindungi. Dan berpotensi sebagai daya tarik masyarakat untuk datang kesini yaitu dengan adanya penangkaran Lutung Jawa.

Namun populasi kera lebih banyak dibandingkan Lutung Jawa. Populasi Lutung Jawa banyak menurun drastis, hal ini karena banyaknya penebangan hutan. Selain itu dahulu pemburu bisa secara bebas melakukan perburuan Lutung Jawa diarea hutan mangrove Muara Gembong .

Baca: WATERBOOM LIPPO Cikarang Tiket Masuk & Wahana

Wisata Tambak dan memancing

Pengunjung memamerkan hasil tangkapan ikan
Pantai Muara Gembong menjadi salah satu spot memancing yang ideal. Aneka jenis ikan ada di sini. Foto : Google Maps/Joenet Uhuy

Selain menikmati hutan Mangrove, pengunjung juga dapat melihat budidaya tambak. Yaitu kegiatan budidaya perikanan pantai oleh masyarakat sekitar Muara Gembong. Ada berbagai budidaya tambak seperti ikan, udang dan lain-lain.

Budidaya perikanan juga menjadi penunjang perekonomian warga. Ada tiga model tambak yaitu yang terkenal dengan sebutan model Kao-kao, Komplangan dan Gei Wai. Pengunjung dapat membeli hasil budidaya dari para nelayan tersebut, dan pastinya dijamin kesegarannya dan dengan harga yang lebih ekonomis.

Baca: TRANS SNOW WORLD Bekasi Tiket Masuk & Atraksi

Pesta Laut Tahunan

Kegiatan yang tidak kalah menariknya yaitu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar yaitu pesta laut tahunan. Masyarakat menyebutnya Nadran yaitu acara pesta laut tahunan yang merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat nelayan setempat.

Nadran juga menjadi bentuk pelestarian budaya tradisional. Hal ini berlangsung dari tahun ke tahun oleh masyarakat nelayan di pesisir Muara Gembong. Sehingga sudah menjadi agenda pesta budaya sekaligus mempromosikan hasil laut tangkapan masyarakat.

Baca: MEGATI WATERPARK Cikarang Tiket Masuk & Wahana

Fasilitas

Pantai Muara Gembong memiliki fasilitas penunjang umum seperti tempat parkir yang luas, toilet dan Mushalla. Selain itu tersedia juga gazebo. Gazebo dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan dan udara segar sekitar pantai.

Tersedia juga warung-warung yang menyediakan aneka macam kuliner serta minuman dari warga sekitar. Kuliner yang ada misalnya berbagai macam hidangan seafood seperti ikan, udang dan lain-lain dengan harga terjangkau.

Rute dan Lokasi Pantai Muara Gembong

Lokasi wisata pantai ini terletak di Desa Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Bekasi dengan waktu tempuh 2,5 jam berkendara.

Ulasan Pembaca

4.4 - 54 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Satu komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Menarik buat dikunjungi, wisata di pesisir bekasi masih kurang mendapat support pemerintah sepertinya