Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGLAMBOR Tiket & 4 Aktivitas Seru - November 2020

Pantai Nglambor
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: No. Telepon: - Alamat: Purwodadi,Tepus,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55881.

Siapa bilang di pantai selatan DIY yang terkenal dengan ombaknya yang ganas, wisatawan tak bisa snorkeling? Ternyata hasrat wisatawan untuk snorkeling bisa tersalurkan di Pantai Nglambor yang berada di Kabupaten Gunungkidul.

Letak pantai ini sangat strategis, diapit oleh dua pantai yang juga terkenal di DIY, yakni Pantai Jogan serta Siung. Dahulu tidak banyak yang mengunjungi pantai Nglambor namun setelah berkembangnya teknologi dan sosial media, pengunjung pun bertambah banyak.

Dibanding pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul dan DIY pada umumnya, Pantai Nglambor memang unik. Sama-sama berbatasan langsung dengan lautan lepas, pantai ini memiliki spot khusus untuk snorkeling dengan arus air yang relatif tenang.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Spot itu berada di kolam-kolam besar yang berada di antara gugusan batuan karang. Lantaran terhalang batuan karang yang besar, ombak pun tak bisa sampai ke pesisir, sehingga di spot-spot tersebut, arus menjadi lebih tenang.

Meski begitu, tim sukarelawan rescue yang berada di pesisir pantai bakal terus mengawasi. Mereka bakal segera mengingatkan wisatawan untuk berhenti beraktivitas snorkeling jika saat air laut mendadak pasang.

Tiket Masuk Pantai Nglambor

Tarif masuk ke pantai ini relatif sama dengan pantai-pantai lain yang ada di DIY, yakni Rp10.000 per orang. Asyiknya, dengan membayar senilai itu, wisatawan tak hanya bisa mendatangi Pantai Nglambor, namun juga Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Tiket Masuk dan Tarif Parkir
Tiket masukRp10.000
Tarif parkir
Sepeda motorRp3.000
MobilRp5.000
Bus medium dan elfRp20.000
Bus besarRp30.000

Baca: 12 Pantai Paling Asik di Gunung Kidul

Jam Buka

Jam Buka
Senin-Minggu07.00 WIB – 17.00 WIB

Eksotisme 2 Bukit Kura-Kura di Pantai Nglambor

Gugusan batuan karang di Pantai Nglambor
Pantai Nglambor yang didominasi dengan batuan karang besar. Foto: Instagram/hakimsatrio

Baca: Pantai Indrayanti, Surga di Tepi Laut Selatan

Bak sebuah akuarium, pantai ini memang menyajikan pemandangan bawah laut yang memukau. Ikan beragam jenis bakal menyapa setiap kali wisatawan menceburkan dirinya di tepi pantai ini.

Snorkeling dan diving memang menjadi dua aktivitas wisata utama yang ditawarkan oleh pantai yang resmi dibuka kurang lebih sejak 2003 tersebut. Untuk menunjang wahana itu, pengelola pun sudah mengoordinir warga setempat untuk menyewakan peranti snorkeling, sehingga dijamin tak akan membuat wisatawan justru tidak nyaman.

Mengenali pantai ini cukup mudah. Jika wisatawan sudah melihat dua batu karang besar yang mirip kura-kura, maka itulah Pantai Nglambor.

Snorkeling Ikan-Ikan Cantik

Snorkeling di Pantai Nglambor
Salah satu kelebihan Pantai Nglambor adalah lautnya yang bisa dipakai untuk snorkeling. Foto: Google Maps/tommy aziz

Baca: TERAS KACA Nguluran Tiket & Wahana

Dengan menyewa paket seharga Rp50.000, wisatawan sudah bisa memanfaatkan semua jasa dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk snorkeling dan diving. Harga itu terbilang murah jika melihat lengkapnya peranti yang bakal didapatkan wisatawan.

Mulai dari peralatan snorkeling, seperti kacamata air, kamera bawah air, sepatu snorkel, pelampung pengaman, hingga fasilitas lainnya seperti soft drink, ruang ganti, tempat ibadah, dan tempat penitipan barang. Selain itu wisatawan juga bakal didampingi oleh instruktur yang terlatih dan bersertifikat.

Meski arusnya relatif tenang, namun perlu diketahui, lokasi snorkeling berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berombak besar. Itulah sebabnya, waktu yang paling pas untuk snorkeling adalah antara pagi hingga siang hari, tepatnya sebelum air laut pasang.

Uji Stamina dengan Menjelajahi Bukit Karang

Menyusuri bukit karang
Tak hanya pesona laut, wisatawan juga bisa mengeksplorasi jalur-jalur terjal di bukit karang yang ada di Pantai Nglambor. Foto: Google Maps/Favian Aqib Arsada

Baca: Puncak Kosakora Keindahan Laut dari Area Perbukitan

Bosan bermain snorkeling? Wisatawan bisa melanjutkan kegiatan eksplorasi lainnya seperti menaiki bukit-bukit yang mengapit Pantai Nglambor. Dari sana terlihat jelas dua bukit karang berbentuk kura-kura yang jadi ikon dari pantai ini.

Tak cukup itu saja, deretan pantai-pantai lain pun terlihat samar-samar, hingga jauh ke Pantai Wediombo. Begitu pula saat hari beranjak malam, dari atas tebing itu, wisatawan juga bakal bisa menikmati indahnya matahari tenggelam.

Eksplorasi Pantai-Pantai

Deretan pantai yang ada di sekitar objek wisata
Selain Pantai Nglambor, wisatawan juga mendatangi sejumlah pantai lain yang lokasinya berdekatan. Foto: Google Maps/iska Islamderis

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Keistimewaan pantai ini adalah satu tiket untuk tiga pantai sekaligus. Itulah sebabnya bila memiliki waktu yang lebih luang, wisatawan bisa melakukan kegiatan menyusuri pantai lainnya.

Setidaknya ada dua pantai lain yang bisa didatangi, yakni Pantai Jogan dan Pantai Siung. Jika masih kurang, wisatawan juga bisa mengeksplorasi pantai lainnya, yakni Pantai Wediombo, Pantai Idnrayanti, dan Watu Lumbung.

Sensasi Berkemah di Tepi Laut

Jika masih belum puas menikmati pagi hingga siang hari dengan bermain air dan menjelajah pantai, wisatawan bisa mendirikan tenda dan menghabiskan malam di pantai ini.

Tentunya, untuk bisa menikmati sensasi berkemah di tepi laut, akan lebih baik jika wisatawan datang ke pantai ini saat musim kemarau. Selain tidak akan berbasah-basah karena hujan, saat musim kemarau, langit di pantai ini terlihat sangat cerah dengan hamparan bintang-bintang.

Rute dan Lokasi ke Pantai Nglambor

Pantai ini berada di Kabupaten Gunungkidul, berjarak sekitar 74 kilometer dari pusat Kota Jogja. Tepatnya, pantai ini berada di Nglambor, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Untuk menuju ke pantai ini, dari Pasar Wonosari, Gunungkidul, wisatawan bisa mengarah ke Jalan Baron-Karangrejek. Saat sudah sampau di pertigaan Pantai Indrayanti, silakan ambil jalur kiri menuju Pantai Wediombo dan ikuti terus papan petunjuk yang ada.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini