Beranda Tiket Wisata

Pantai Pelangi Parangtritis Harga Tiket & Ragam Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi : Rp2.000 - Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Parangtritis, Kretek,, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55772

Pantai Pelangi berlokasi di kecamatan Kretek, Parangtritis, Bantul memiliki keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Dekat dengan Gumuk Pasir, pantai ini memesona dengan hamparan pasir berwarna hitam serta deburan ombak yang cukup kencang. Jika dibandingkan, pantai ini memang cukup unik. Salah satu yang membuatnya istimewa dan berbeda yaitu keberadaan penangkaran penyu.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi

Untuk menghabiskan waktu di area pantai ini pengunjung yang datang perlu menyiapkan sejumlah biaya tiket masuk. Harganya sendiri masih terjangkau sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi
Tiket Motor Rp2.000
Tiket Mobil Rp5.000

Baca: Wisata PANTAI PARANGTRITIS Tiket Masuk, Jam Buka & Aktivitas

Jam Buka Pantai Pelangi

Kawasan pantai tidak memiliki jam operasional khusus. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Pesona Pantai Pelangi yang Tenang

Kecantikan pesisir Pantai Pelangi
Kecantikan pesisir pantai dengan deburan ombak yang kencang. – (Foto: Google Maps/Adhi Nugroho)

Berbeda dengan Pantai Parangtritis yang ramai, Pantai Pelangi justru tergolong tenang dan jauh dari keramaian. Sehingga sangat cocok bagi yang ingin sekedar melepas penat. Suasana yang tenang terasa seperti pantai pribadi.

Bahkan area sekitar pantai kerap kali menjadi pilihan pasangan-pasangan yang ingin melakukan foto jelang pernikahan.

Bermain dan Berenang di Pantai Pelangi

Pantai Pelangi terlihat begitu tenang
Area sekitar pantai yang tenang dan masih sepi pengunjung. – (Foto: Google Maps/Galih Prakosa)

Berada di kawasan pantai selatan, Pantai Pelangi jelas memiliki arus ombak yang cukup kencang. Pada saat berenang pengunjung perlu berhati-hati dengan arus laut. Ada baiknya untuk berenang di tepi pantai yang masih dalam pantauan. Harus diingat, pantai ini belum memiliki penjaga pantai yang bertugas memantau setiap saat.

Jika sudah puas berenang pengunjung bisa bersantai di pinggir pantai sambil bermain pasir. Tempat wisata ini memiliki hamparan pasir luas yang sangat cocok menjadi lokasi melepas penat. Selain bisa bersantai sambil bermain pasir, pengunjung juga bisa beristirahat di gazebo-gazebo di pinggir pantai. Gazebo-gazebo ini bisa menjadi tempat untuk meletakkan barang bawaan selama bermain di pantai.

Sangat tenang, beberapa pesepeda yang datang dari berbagai daerah kerap menjadikan Pantai Pelangi sebagai lokasi istirahat usai perjalanan yang cukup jauh. Usai memarkirkan sepeda, pengunjung bisa duduk beristirahat sambil menikmati udara segar dari pantai.

Baca: PANTAI BARU Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik

Konservasi Penyu di Pantai Pelangi

Pelepasan anak penyu ke laut
Pelepasan anak penyu ke laut lepas usai berada di lokasi konservasi penyu. – (Foto: Google Maps/Anggit Dina)

Selama berada di pantai jangan lupa berkunjung ke lokasi konservasi penyu. Lokasi ini kerap kali menjadi tempat pelepasan anak penyu.

Pada musim kawin, sejumlah penyu akan bertelur di sekitar pantai. Telur-telur ini lalu disimpan di bagian konservasi penyu. Jika tiba waktunya, anak-anak penyu dari lokasi konservasi akan dilepas kembali ke habitatnya yaitu laut lepas. Di Pantai Pelangi, aktivitas ini cukup sering dilakukan.

Selain mengikut kegiatan pelepasan penyu ke laut lepas, pengunjung juga bisa datang ke rumah yang menjadi tempat konservasi penyu. Sisi rumah ini digunakan untuk menetaskan telur-telur hewan tersebut. Salah satu ruangan di lokasi ini terlihat juga anak-anak penyu yang baru menetas. Anak-anak penyu ini yang akan dilepas ke laut nantinya.

Selama beberapa tahun ini, pengelola konservasi penyu kerap menggelar agenda tahunan. Agenda ini berlangsung sebagai upaya untuk melestarikan satwa ini untuk hidup di habitatnya.

Baca: Pantai Samas Tiket & Aktivitas

Keindahan Sunset

Pemandangan Matahari terbenam di Pantai Pelangi
Pemandangan Matahari terbenam yang memanjakan mata. – (Foto: Google Maps/WHY)

Pantai Pelangi menjadi salah satu lokasi paling ciamik untuk melihat matahari terbenam. Ketika senja tiba, langit yang begitu cerah lalu mulai berubah menjadi jingga keemasan. Pemandangan ini membuat suasana pantai semakin memanjakan mata.

Sambil duduk-duduk menikmati sunset, jangan lupa untuk mengabadikan momen. Membawa kamera profesional maupun kamera HP adalah hal wajib saat berkunjung. Berfoto dengan latar deburan ombak atau Matahari yang terbenam bisa menjadi pilihan tepat untuk pengunjung. Selain itu untuk menambah kenyamanan, pengelola juga menyediakan berbagai ornamen yang sangat cocok digunakan sebagai latar foto.

Baca: PANTAI DEPOK Primadona Baru Pantai Di Jogja

Mencicipi Kelezatan Makanan Laut

Bagi yang tidak membawa bekal jangan khawatir. Karena terdapat berbagai warung yang menjual makanan hasil laut dari nelayan-nelayan yang berada di sekitar pantai.

Beberapa hasil laut yang bisa dinikmati di Pantai Pelangi antara lain, berbagai olahan ikan, udang, cumi, kepiting hingga kerang. Karena berasal langsung dari para nelayan, makanan-makanan laut ini lebih segar dan lebih nikmat.

Selain makanan laut, tersedia pula berbagai aneka sayuran dan minuman. Sementara harganya sendiri masih tergolong terjangkau.

Fasilitas

Agar makin terasa nyaman, pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Parkiran di pantai ini begitu luas, walau sepi, musala juga tersedia di lingkungan pantai. Toilet yang bersih juga menjadi keunggulan. Kemudian untuk tetap menjaga kebersihan, pengelola menyediakan tempat sampah di sepanjang kawasan ini.

Lokasi Pantai Pelangi

Berkendara dengan kendaraan motor atau mobil ke sisi selatan Yogyakarta, lokasi pantai terletak di daerah Kretek, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada sejauh 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh untuk sampai ke pantai mencapai 50 menit.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini