Beranda Tiket Wisata

PANTAI PUNGKRUK Tiket & Ragam Aktivitas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Pungkruk : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Mororejo, Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, -

Pantai Pungkruk merupakan pantai yang terletak di Jepara. Pantai ini memiliki permukaan yang relatif datar. Di pantai ini pengunjung dapat menikmati aneka hidangan khas Jepara sambil melihat pemandangan laut. Ditambah dengan area pantainya juga memiliki kawasan mangrove yang sejuk. Selain itu beberapa area bersantai dan spot foto juga tersedia. Kawasan ini memang sangat cocok sebagai tujuan untuk menghilangkan penat sejenak.

Harga Tiket Masuk Pantai Pungkruk

Apabila ingin memasuki kawasan Pantai Pungkruk, pengunjung tidak perlu membeli tiket untuk masuk. Namun, berdasarkan perubahan ketiga atas Perda No. 29 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi pantai ini akan dikenakan tarif masuk Rp 8.000. Akan tetapi, untuk waktu pelaksanaannya belum ditetapkan secara pasti oleh Pemerintah Jepara.

Harga Tiket Masuk
PerorangGratis

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Terbaik di Jepara

Jam Operasional Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Jika ingin menikmati pemandangan laut yang biru, sebaiknya datang ke pantai saat hari sedang cerah. Cahaya matahari yang menyinari air laut terlihat berkilauan. Kemudian, jika ingin mencari suasana yang relatif tenang, datanglah ke sini pada hari biasa. Karena, pada hari libur biasanya pantai akan lebih ramai.

Jam Operasional
Setiap Hari24 jam

Menyaksikan Pemandangan Laut dari Gazebo

Gazebo yang tersedia di Pantai Pungkruk
DI Pantai Pungkruk tersedia gazebo sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung. Foto: Google Map/Syakiraz Aja

Di pantai ini, gazebo memang sengaja dibangun di atas air. Selain untuk menghindari terkena pecahan batu karang yang tajam, gazebo juga sebagai daya tarik. Di gazebo pengunjung bisa menikmati kuliner khas Jepara, yaitu ikan bakar dan pindang serani. Gazebo-gazebo di sini bernama Atap Wuwungan atau rumah tradisional Joglo khas Jepara yang berdiri di atas air.

Kemudian, dari sini akan jelas terlihat pemandangan laut yang indah. Air laut di pantai ini jernih dan terlihat biru dari kejauhan. Bersantai di gazebo sambil menikmati matahari terbenam juga bisa menjadi pilihan. Jangan lupa berfoto ketika berada di gazebo. Karena pemandangan di sini belum tentu ada di pantai lainnya.

Memancing di Pantai Pungkruk

Bagi yang hobi memancing, pantai ini bisa menjadi salah satu lokasi yang bagus. Alasannya, terdapat banyak batu karang di dalam air sebagai pijakan saat memancing. Selain itu, memancing juga bisa dilakukan di gazebo yang terletak agak jauh dari tepi pantai. Potensi untuk mendapat ikan jika memancing di sini akan semakin besar.

Jika ingin memancing di pantai ini, bawalah peralatan pancing sendiri dari rumah. Karena di sini tidak tersedia tempat penyewaan alat-alat untuk memancing. Jangan lupa saat memancing gunakanlah umpan yang menarik agar ikan-ikan dapat segera ditangkap.

Area Mangrove di Pantai Pungkruk

Kawasan mangrove di Pantai Pungkruk
Berjalan-jalan di kawasan mangrove dapat menjadi salah satu aktivitas menarik. Foto: Google Map/Afrina Fajar

Aktivitas lainnya selama berada di Pantai Pungkruk yaitu mengunjungi kawasan mangrove. Berjalan-jalan di sekitar kawasan ini, udaranya terasa lebih adem dan sejuk. Area hutan bakaunya berada di sepanjang pantai bagian utara. Penanaman mangrove ini bertujuan mencegah abrasi, dampak tsunami, dan mempertahankan garis pantai.

Penanaman bakau di sekitar pantai ini berlangsung pada tahun 2020 oleh TNI, Polri, Polda Jateng, dan aktivis pecinta lingkungan setempat. Hal ini dilakukan dalam rangka program Go Green yang diusung Polri dan Polda Jateng.

Menikmati Senja Ditemani Jajanan Seafood

Suasana sore di Pantai Pungkruk
Menanti senja dari tepi pantai Foto: Google Map/Bimo Handoko

Di pantai ini, kegiatan yang paling menyenangkan salah satunya yaitu bersantai menikmati senja di tepi pantai. Ombaknya yang tenang membuat suasana terasa nyaman. Pada momen tersebut, paling cocok jika ditemani dengan aneka camilan.

Camilan yang biasa ada dan disajikan di kawasan pantai pastinya yang bertema seafood. Beberapa makanan tersebut yaitu udang dan cumi-cumi goreng. Sajian dengan saus sambal atau sambal bawang. Kemudian, padukan kenikmatan camilan tersebut dengan segelas kopi hangat.

Bermain di Area Permainan Anak

Wahana permainan anak di area pantai pungkruk
Perosotan semangka menjadi daya tarik dari kawasan permainan anak di Pantai Pungkruk. Foto: Google Map/Nur Hidayah

Selain dapat menikmati pemandangan, di pantai ini juga tersedia area permainan anak. Jika membawa anak, cobalah ajak ke area permainan ini. Terdapat 2 wahana yaitu ayunan dan perosotan. Selain itu, terdapat dua lubang di bawah area perostosan. Lubang tersebut bisa sebagai area untuk bermain cilukba atau berfoto.

Desain permainan anak di sini berbentuk potongan semangka yang besar. Selain bentuknya, yang membuat wahana ini menarik perhatian adalah warnanya, yaitu merah. Memang tidak banyak wahana lain namun setidaknya sudah bisa mengakomodasi kebutuhan bermain anak-anak.

Fasilitas di Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti gazebo dan jembatan kayunya. Kemudian, di sini juga terdapat toilet, kamar mandi bilas, musala, rumah makan, dan tempat bermain anak. Akan tetapi, fasilitas parkir di sini masih belum terkoordinir dengan baik. Belum adanya lahan khusus untuk parkir menyebabkan kendaraan terkesan sembarangan.

Lokasi Pantai Pungkruk

Lokasi Pantai Pungkruk berada di Mororejo, Monggo, dan hanya berjarak 2 kilometer dari Pantai Bandengan. Jika berangkat dari pusat Kota Jepara, maka pengunjung harus menempuh jarak sejauh 7 kilometer. Untuk sampai ke sini kendaraan harus melewati jembatan kecil dan jalanan yang agak berlubang.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 9

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini