Beranda Tiket Wisata

Pantai Pailus Jepara Tiket & Ragam Pesona – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Pailus : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Karanggondang, Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59452

Pantai Pailus satu dari sekian banyak deretan pantai di pesisir utara Jepara. Berbeda dengan Pantai Bandengan atau Pantai Kartini, tempat ini namanya masih cukup asing dan belum banyak orang tahu. Padahal pantai ini menawarkan suasana yang berbeda dibandingkan tempat lainnya. Kawasannya masih sangat asiri sehingga memberikan suasana seperti “private beach”. Garis pantainya pun tidak terlalu panjang dengan barisan pohon rindang yang seolah memagari tempat ini.

Menariknya lagi tak jauh dari bibir pantai, wisatawan bisa melihat rumah-rumah para penduduk di Desa Karang gondang. Inilah yang membuat kenapa pantai ini tergolong berbeda dari yang lain. Selain itu lautan biru dengan pasir berwarna putih menjadi panorama yang memanjakan mata. obyek wisata ini sangat cocok bagi yang ingin melepas penat dan mencari ketenangan. Selain sangat alami, pantai ini juga relatif masih sepi.

Harga Tiket Masuk Pantai Pailus

Untuk bisa menikmati keindahan dari Pantai Pailus wisatawan tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Karena di obyek wisata ini harga tiket masuknya gratis. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: Jepara Ourland Park Tiket & Wahana

Jam Buka Pantai Pailus

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke pantai ini. Hal itu karena tidak ada jam operasional di wisata ini sehingga selalu buka 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi atau sore hari ketika cuaca cerah.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Sensasi “Private Beach” di Pantai Pailus

Panorama sunset di Pantai Pailus
Pantai ini tawarkan pesona yang luar biasa dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Foto: Gmaps/Rizqi Muhammad

Jepara memang terkenal dengan banyak wisata pantainya. Namun jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka Pantai Pailus ini sangat cocok. Pesona khas pantai utara Jawa pun tetap terasa di tempat ini. Ombak biru yang tenang dan pasir putih bersih menjadi panorama sejauh mata memandang. Bedanya tempat ini ini masih sangat alami dengan barisan pepohonan rindang yang memagari pantai. Rumah warga yang tidak jauh dari area pantai juga menjadi pesona tersendiri.

Garis pantainya tidak terlalu panjang. Batas antara barat dan timur pantai penuh dengan barisan pepohonan yang melengkung seperti huruf U. Hal itu membuat pantai ini memiliki kesan seperti “Private Beach”. Meski begitu beragam kegiatan menarik tersedia di pantai ini. Wisatawan bisa bermain dengan air atau pasirnya. Selain itu tersedia juga perahu-perahu miliki penduduk yang bisa disewa untuk berkeliling. Bagi pecinta petualangan, Pantai Pailus juga cocok untuk spot berkemah.

Baca: TIARA PARK Jepara Tiket & Wahana

Serunya Bermain Air di Pantai Pailus

Aktivitas favorit wisatawan di pantai ini adalah bermain air. Laut biru dengan airnya yang jernih seakan menggoda setiap wisatawan yang datang untuk menceburkan diri ke dalamnya. Apalagi ombak di pantai ini relatif tenang sehingga sangat aman untuk bermain air. Bagi yang mengajak anak-anak, tersedia pula tempat penyewaan ban agar aktivitas di air menjadi lebih aman.

Bersantai Menikmati Keindahan Pantai

Beberapa wahana di tepi pantai
Bersantai sambil berfoto ria dengan keindahan pantai bisa menjadi pilihan di tempat ini. Foto: Gmaps/Sonia Anggun

Bagi yang ingin sekedar bersantai untuk menyegarkan pikiran atau melepas penat, tempat ini sangat cocok menjadi pilihan. Duduk di bawah pepohonan yang rindang dengan keindahan pantai di depan mata tentu menjadi kemewahan tersendiri. Angin sejuk pantai yang berhembus menambah nyaman dan ingin rasanya berlama-lama.

Selain di bawah pohon, terdapat juga beberapa gazebo dari kayu untuk bersantai. Gazebo kayu yang berada di tepi pantai ini memberikan kesan seperti pantai-pantai yang ada di daerah timur Indonesia.

Waktu terbaik untuk bersantai menikmati keindahan pantai adalah di waktu sore hari. Momen-momen ketika matahari perlahan turun menjadi sajian romantis yang sayang untuk dilewatkan. Laut biru dengan pasir putih yang tersorot langit jingga kala senja menjadikan panorama yang tidak akan bisa dilupakan.

Baca: PULAU PANJANG Jepara: 5 Aktivitas Wisata Seru

Bercengkerama Dengan Warga Sekitar

Hal menarik yang ada di Pantai Pailus adalah letaknya yang tidak jauh dari pemukiman warga. Bahkan hanya berjarak 20 meter dari area pantai, wisatawan sudah bisa menemukan rumah milik penduduk. Warga di tempat ini terkenal sangat ramah dan membuka pintu untuk wisatawan yang ingin mampir.

Keliling Naik Perahu

Naik perahu berkeliling sekitar pantai
Di Pantai Ini wisatawan bisa berkeliling ke area tengah laut dengan menggunakan perahu. Foto: Gmaps/Zaenal Saigan

Untuk dapat merasakan sensasi yang berbeda dari Pantai Pailus, wisatawan juga bisa berkeliling dengan perahu. para penduduk asli tempat ini menyediakan jasa penyewaan perahu untuk menyusuri area tengah laut.

Dari tengah laut wisatawan akan bisa melihat pesona yang berbeda dari pantai ini. Selain itu wisatawan juga bisa melihat Pantai Bandengan dari kejauhan. Karena memang tempat ini tidak jauh dari Pantai Bandengan.

Baca: Pantai Bandengan Jepara Tiket & Ragam Aktivitas

Belanja Ikan di Pelelangan Ikan

Tak jauh dari area pantai terdapat sebuah tempat pelelangan ikan yang dikelola oleh para penduduk sekitar. Ikan hasil tangkapan para nelayan akan langsung dibawa ke pelelangan sehingga kondisinya terjamin kesegarannya. Wisatawan bisa membeli beragama jenis ikan hingga makanan laut lainnya di sini. Harganya pun akan lebih murah karena langsung tanpa perantara lagi.

Baca: KALI BENING Jepara Tiket & Daya Tarik

Berkemah

Pantai alami yang cocok untuk berkemah
Karena lokasinya yang masih alami, pantai ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Foto: Gmaps/Simo Pati

Pantai Pailus juga kerap menjadi tujuan berkemah. Hal itu karena tempatnya yang masih alami dan begitu asri. Wisatawan bisa mendirikan tenda di area pepohonan. Suasana malam hari yang sunyi pastinya akan mampu memberikan ketenangan. Ketika pagi wisatawan akan disuguhi pemandangan indah pantai dengan angin yang begitu sejuk dan menyegarkan.

Fasilitas di Pantai Pailus

Fasilitas yang ada di pantai ini terbilang masih minim. Tersedia area parkir, gazebo, toilet dan kamar mandi hingga mushola. Di tempat ini belum tersedia warung kuliner sehingga disarankan untuk membawa perbekalan sendiri dari luar.

Lokasi Pantai Pailus

Pantai ini beralamat di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lokasinya pun sebenarnya juga tidak jauh dari pusat kota. Untuk ke Pantai Pailus dari pusat kota Jepara hanya berjarak 12 Km. Hanya memakan waktu setengah jam untuk sampai ke lokasi.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 19

Berikan Rating