PANTAI TELENG RIA Tiket Masuk, Resort & Daya Tarik Februari 2024

PANTAI TELENG RIA

  • Harga Tiket Masuk: Rp2.000 - Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Balong, Sidoharjo, Pacitan, Pacitan, Jawa Timur , Indonesia, 63514

Pantai Teleng Ria menyajikan alam pesisir yang seru untuk kegiatan liburan. Pantainya sangat luas dengan garis pantai yang juga panjang. Wisatawan bisa mengadakan bermacam-macam kegiatan menyenangkan selama di pantai. Misalnya piknik, berjemur, berenang, kuliner, membeli oleh-oleh, hingga menaiki delman.

Pantai ini sebenarnya adalah sebuah teluk. Perairan lautnya menjorok ke daratan sehingga pantainya berbentuk garis lengkungan. Pantai tersebut terlihat dikelilingi daratan di sisi kanan dan kirinya. Disebabkan letaknya pada posisi yang strategis, teluk ini juga berguna sebagai pelabuhan.

Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria

Tiket Masuk berkunjung ke pantainya relatif terjangkau. Sehingga semua kalangan dapat menikmati lokasi pesisir yang indah tersebut. Selain itu pengunjung juga perlu menyiapkan biaya parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria
Tiket MasukRp10.000
Tiket Masuk WaterparkRp10.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: 7 Pantai Terbaik di Pacitan Paling Wajib Dikunjungi

Jam Buka

Waktu beroperasinya pantai ini tidak ditentukan oleh pengelola. Sehingga wisatawan bebas ke pantai kapan pun. Pada pukul 9 pagi sinar matahari sudah mulai terasa panas di Pantai ini. Sehingga waktu terbaik mengunjungi pantainya yakni pada sore hari mulai jam 15.00 WIB.

Setiap Hari
Jam Buka24 Jam

Pesona Wisata Pantai Teleng Ria

Kawasan wisata ini merupakan pesisir di wilayah Pacitan yang aksesnya gampang. Sebab keberadaan pantainya masih di sekitar kota. Pesisir tersebut memiliki panorama yang indah, ramai oleh pedagang, dan kuliner. Berikut ini ialah sejumlah hal menarik dari Pantai Teleng Ria yang patut wisatawan tahu.

Baca: PANTAI KASAP Tiket & Pesona Little Raja Ampat

Tasya Eco Waterpark Teleng Ria

Tasya Eco Waterpark berada di kawasan Pantai Teleng Ria
Tasya Eco Waterpark berada di kawasan Pantai Teleng Ria. Foto: google maps/Nurul Tripaminto

Selain pantainya terdapat waterpark di Teleng Ria yang berada di sekitar pantai. Namanya ialah Tasya Eco Waterpark, yakni kolam renang di pinggir pantai. Kolam renang di Tasya Eco Waterpark ini begitu menarik, terkhusus bagi anak-anak.

HTM ke Tasya Eco Waterpark tidak gratis, wisatawan wajib membayar Rp10.000 per orang. Bila membeli tiket masuk Tasya Eco Waterpark, wisatawan akan mendapatkan akses gratis ke pantai.

Sehingga wisatawan tak perlu membeli tiket masuk lagi bila mau ke pantainya. Pengelola juga menyediakan fasilitas penyewaan pelampung untuk di kolam renang.

Baca: PANTAI KLAYAR Pacitan Tiket & 5 Pesona

Pantai Teleng Ria Beach Resort

Bagi yang ingin merasakan lebih lama berlibur di kawasan sekitar pantai bisa menginap. Tersedia banyak akomodasi mulai dari homestay, hotel hingga resort. Salah satunya yang cukup terkenal yaitu Parai Teleng Ria Beach Resort.

Akomodasi yang berlokasi tak jauh dari tepi pantai. Menyediakan kamar-kamar dengan fasilitas lengkap. Misalnya kamar dengan pendingin ruangan (AC), berbagai pilihan tipe tempat tidur, serta akses internet via wifi yang diberikan gratis.

Pantai Dengan Pasir Coklat Lembut

Pantai Teleng Ria menyajikan pasir berwarna coklat muda yang halus. Daratan pantai yang landai serta luas melintang sepanjang kira-kira 3 kilometer.

Pengunjung yang mengajak anak-anak bisa bermain pasir, misalnya membuat istana pasir. Wisatawan dapat pula berolahraga misalnya seperti voli pantai, dan sebagainya.

Selain itu kondisi ombaknya tidak begitu ganas. Maka cocok bagi wisatawan anak-anak maupun dewasa untuk berenang. Namun jika mengajak anak-anak tetap saja para orang tua harus selalu mengawasinya.

Baca: PANTAI BANYU TIBO Pacitan Tiket & Aktivitas

Pemandangan Perbukitan

Karena pantai ini adalah sebuah teluk, maka bentuk pantainya seperti huruf U. Seperti terapit dua daratan di samping kanan dan kiri. Pemandangan lengan teluk menjadi hal indah di objek wisata ini. Karena terlihat rangkaian Gunung Limo dengan kerimbunan vegetasi hijau.

Pemandangan tersebut sangat Instagramable. Pengunjung bisa menggunakan bentang alam tersebut untuk latar belakang foto. Sangat cocok bagi pengunjung yang mengoleksi foto estetis bertema pemandangan alam di media sosialnya.

Baca: SUNGAI MARON Pacitan Tiket Murah Beragam Aktivitas

Pelabuhan dan Tempat Pelelangan Ikan

Di ujung barat Pantai Teleng Ria terlihat sebuah pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tamperan. Dermaga kecil tersebut menjadi lokasi berlabuh atau bongkar muat kapal ikan. Pelabuhan tersebut dikelola oleh Pemprov Jawa Timur juga menjadi pelabuhan kapal nelayan daerah lain.

Pelabuhan ini juga terkenal dengan kegiatan pelelangan ikan yang berlangsung di sana. Tempat pelelangan ikan biasa aktif di pagi hari atau ketika ada kapal bersandar. Pada dermaga ini juga menjadi spot favorit untuk memancing ikan.

Baca: Goa Gong Pacitan Tiket & Pesona Wisata

Kuliner dan Belanja Suvenir

Bagi yang suka berwisata kuliner, sangat pas untuk berkunjung ke pantai ini. Karena kawasan pantainya memiliki area khusus pedagang makanan yang sangat ramai. Wisatawan akan mudah menemukan deretan kios di sepanjang jalan menuju pantai.

Banyak pedagang yang menyediakan beraneka makanan laut serta olahan ikan. Harganya juga terjangkau untuk semua kalangan. Selain makanan, terlihat pula kios yang menjajakan baju atau barang fashion lainnya yang cocok untuk suvenir.

Area Berumput Untuk Piknik

Area Pantai Teleng Ria yang bagus untuk piknik
Area Pantai Teleng Ria yang bagus untuk piknik. Foto: google maps/rusdi zulkarnain

Di sebelah pantai terdapat areal rumput yang luas yang ditumbuhi pepohonan pinus yang rindang. Areal itu cocok dijadikan lokasi piknik dengan keluarga, teman-teman, atau pasangan.

Pengunjung wajib membawa tikar sendiri lalu menggelarnya di sana. Selanjutnya duduk santai, membuka bekal makanan dan menikmatinya sembari memandang ombak.

Bila tak mau repot menyiapkan perbekalan makan dari rumah. Wisatawan dapat memesan makanan terlebih dahulu di kios-kios yang tersedia. Banyak sekali kios makanan yang berderet di dekat pantai.

Naik Delman

Naik delman di Pantai Teleng Ria
Naik delman di Pantai Teleng Ria. Foto: google maps/Heryandes Tarigan

Bila wisatawan mau mengeksplorasi sepanjang garis Pantai, dapat mencoba mengendarai delman. Karena dengan adanya kendaraan tersebut, wisatawan tidak perlu berjalan kaki keliling pantai. Biaya untuk menaiki delman di Pantai Teleng Ria yakni sekitar Rp40.000. Harga tersebut bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Fasilitas

Wisatawan akan mudah menemukan fasilitas toilet yang disediakan para pemilik kios. Selain itu, ada juga fasilitas musala serta parkir luas khusus pengunjung. Ada pula penyewaan payung pantai, waterpark dan kendaraan delman.

Lokasi Pantai Teleng Ria

Pantai wisata ini berlokasi di Teleng ria, Balong, Sidoharjo. Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514. Lokasinya hanya berjarak 6 kilometer atau sekitar 14 menit dari Kota Pacitan.

Berikan Rating

4.6 - 27 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: