Pantai Srau Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Candi, Pringkuku, Area Peswahan, Candi,Pacitan,Pacitan,Jawa Timur,Indonesia,63552.

Nama Pantai Srau mungkin belum terlalu terkenal seperti Pantai Klayar. Tapi pantai di Pacitan ini memiliki pemandangan alam yang tak kalah indahnya. Pantai ini dikelilingi oleh banyak pohon kelapa. Membuat pantai ini mendapat julukan palm beach.

Tak hanya itu, pantai ini dikenal memiliki pasir putih yang halus dan tidak lengket di kaki. Karena pasirnya yang putih, pantai ini juga sering disebut permata putih di selatan Pacitan. Hal menarik lainnya, area wisata pantai ini termasuk luas. Sehingga di dalam satu kawasan terdapat tiga kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Srau

Wisatawan yang datang ke pantai ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk sangat terjangkau. Beberapa aktivitas juga akan membutuhkan tambahan biaya tersendiri seperti berkemah atau menyewa tikar.

Harga tiket masuk
Setiap hariRp5.000

Baca: Pantai Klayar Tiket Dan Ragam Aktivitas Seru

Jam Buka

Kawasan wisata pantai ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Hal ini dikarenakan di sekitar area pantai pengunjung bisa melakukan kemah.

Jam buka
Setiap hari24 jam

Ragam Aktivitas di Pantai Srau

Areal pantai yang luas, memungkinkan pengunjung melakukan banyak kegiatan di sini. Mulai dari berselancar, berenang, berkemah atau sekadar bersantai menikmati ombak. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Srau.

Surfing atau Berselancar di Pantai Srau

berselancar dengan ombak menantang
Bagi yang hobi berselancar pantai ini bisa menjadi tujuan karena ombaknya yang cukup menantang. Foto: Google Maps/Muhamad Faisol

Pengunjung bisa berselancar di pantai ini. Hanya saja tidak semua bagian pantai bisa digunakan untuk berselancar. Ombak terbaik bisa didapatkan di area pantai bagian timur. Ombak yang terdapat di area timur ini termasuk tinggi.

Untuk perlengkapan berselancar, pengunjung harus mempersiapkan sendiri karena belum terdapat penyewaan di sekitar pantai. Pengunjung yang berselancar juga diminta memperhatikan keselamatan diri sendiri. Hal ini dikarenakan belum adanya life guard atau penjaga pantai yang bertugas.

Baca: Pantai Buyutan Pacitan Tiket & 5 Aktivitas Seru

Berenang

Berenang bisa dilakukan di bagian pantai tengah. Hal ini dikarenakan ombak yang lebih bersahabat daripada area barat dan timur. Perlu diperhatikan karena ini adalah perairan laut selatan, maka perlu berhati-hati terhadap ombak. Ombak yang ada bisa berubah menjadi tinggi jika cuaca sedang buruk.

Setelah bermain air laut, pengunjung tidak perlu khawatir. Ada toilet yang memadai untuk bilas dan berganti baju. Jika pengunjung tidak bisa berenang, pengunjung bisa bermain air di tepian pantai.

Pengunjung dilarang berenang di bawah batu karang yang ada di area pantai ini. Hal ini dikarenakan di bawah batu karang tersebut cenderung berlumpur dan ombaknya lumayan besar. Hal-hal tersebut bisa membahayakan nyawa pengunjung.

Berkemah di Sekitar Area Panatai Serau

area berkemah di tepi pantai
Wisatawan yang ingin bermalan di pantai bisa mendirikan tenda dan berkemah di area yang telah disediakan pengelola. Foto: Google Maps/3 murti

Selain berselancar dan berenang, pengunjung juga bisa berkemah. Biasanya pengunjung akan berkemah di area tengah pantai. Pengunjung diharapkan untuk ijin terlebih dahulu kepada pengelola jika ingin berkemah dan membuat api unggun.

Dengan berkemah, pengunjung bisa menyaksikan sunrise di keesokan harinya. Selain itu, pengunjung juga bisa lebih puas bermain di pantai ini tanpa diburu waktu. Tenang saja, berkemah di tempat ini tidak akan dipungut biaya tambahan alias gratis.

Baca: Goa Gong Tiket & Pesona Wisata Menakjubkan

Pegunjung yang ingin berkemah diharapkan membawa perlengkapan berkemah sendiri. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya tempat penyewaan tenda. Begitu pula dengan makanan dan minuman, karena jika malam warung di sekitar pantai sudah tutup.

Bersantai Menikmati Ombak

minuman kelapa muda primadona di pantai srau
Minuman kelapa muda sangat mudah ditemukan di Pantai Srau dan menjadi primadona karena harganya yang termasuk murah – Google maps/ Dian Ayu

Selain berkemah, pengunjung bisa melakukan piknik disini. Baik dengan keluarga maupun dengan teman-teman. Jika tidak sempat membawa bekal, bisa membeli makanan dan minuman di warung sekitar pantai.

Pengunjung bisa membawa tikar sendiri dari rumah. Tapi jika memang tidak memiliki tikar, pedagang di sekitar area pantai juga menyediakan. Harga sewa tikar bisa bervariasi, tergantung pada negosiasi antara pengunjung dengan pedagang.

Baca: SUMBER MARON Tiket & Daya Tarik Wisata

Minuman yang menjadi primadona di area pantai adalah kelapa muda. Pedagang kelapa muda sangat mudah ditemui di area pantai ini. Jika sudah selesai makan dan minm, pengunjung diharuskan membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Bersantai sambil menikmati kelapa muda dan ombak laut sangat layak dilakukan.

Berfoto

berfoto dengan latar keindahan pantai srau
Keindahan pantai ini memang sayang dilewatkan dan sangat bagus jika diabadikan. Foto: Google Maps/Luvi Dwi Astuti

Indahnya area pantai ini menggoda pengunjung untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya. Spot berfoto yang paling sering adalah batu karang yang terletak di area tengah pantai.

Selain di area tengah pantai, pengunjung juga bisa menuju area barat pantai. Area barat ini lebih sepi dibandingkan dengan area tengah. Di area barat ini terdapat dua batu karang besar yang juga bisa dijadikan tempat berfoto.

Selain itu pengunjung juga bisa mengambil foto pantai dari ketinggian. Caranya dengan menaiki bukit. Bukit ini juga ada di area barat Pantai Srau. Untuk menaiki bukit ini harap berhati-hati karena licin.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di kawasan wisata pantai ini bisa dibilang lengkap yaitu: toilet umum, musala, penyewaan tikar, gazebo, Warung makanan dan minuman, serta penginapan.

Lokasi Pantai Srau Pacitan

Kawasan wisata pantai ini terletak di candi, Pringkuku, Area Pesawahan, Candi, Pacitan, Jawa Timur. Hanya sekitar 21 km dari Kota Pacitan yang bisa ditempuh kurang lebih 45 menit. Pengunjung harus berhati-hati karena akses jalan agak sempit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini