Beranda Tiket Wisata

SUNGAI MARON Pacitan Tiket & Ragam Aktivitas - Juli 2020

Sungai Maron Harga Tiket: Rp5.000 - Rp100.000 Jam Buka: 06.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Maron, Dersono,Pringkuku,Pacitan,Jawa Timur,Indonesia,63552.

Sungai Maron merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di Pacitan, Jawa Timur. Menyajikan jelajah menyusuri sungai, wisatawan akan diajak mengarungi jalur sejauh 4,5 km. Dipagari oleh hutan tropis yang teduh, aliran sungai ini menyajikan nuansa petualangan ala Amazon.

Dibuka sejak tahun 2012, wisata ini memiliki pemandangan indah di setiap sisi sungainya. Warna air sungai hijau kebiruan hasil refleksi cahaya dari rimbunnya pepohonan. Beberapa spot menarik untuk berfoto di jalur sungainya pun dibangun oleh pengelola.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Maron

Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Tiket pun hanya diberlakukan bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak tidak perlu membayar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Maron
Tiket MasukRp. 5.000Dewasa
GratisAnak-anak
Sewa PerahuRp. 100.000Kapsitas 5-6 orang, termasuk pemandu atau operator perahu dan life jacket
ParkirRp 2.000Motor
Rp 5.000Mobil

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

Jam Buka

Area wisata sungai ini dibuka setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Waktu operasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 06.00 – 17.00

Beragam Aktivitas Wisata di Sungai Maron

Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di tempat wisata ini. Salah satunya yang populer dilakukan adalah susur sungai. Selain tentu saja bermacam kegiatan lainnya bisa dicoba. Seperti memancing, berenang, serta singgah di pantai.

Memasuki Area Sungai

dermaga sungai maron titik awal menyusuri wisata sungai
Dermaga menjadi tempat wisatawan untuk naik perahu sebelum menyusuri Sungai Maron – Foto : Instagram/aurora_yrg

Memasuki kawasan objek wisata ini, terlihat suasana alam yang masih sangat natural. Sesampainya di area parkir kendaraan, nuansa khas alam akan pedesaan langsung terasa. Dari pintu masuk, wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 20 meter menuju tepi sungai.

Di sini wisatawan akan disuguhi pemandangan tepian sungai dan penduduk yang beraktivitas memanfaatkannya. Deretan perahu-perahu bersandar di sisi tepi sungai pada sebuah dermaga kecil. Dari sinilah petualangan akan dimulai.

Baca: Goa Gong Pacitan Tiket & Pesona Wisata

Menyusuri Amazonnya Indonesia

keindahan alam sekitar seperti sungai amazon
Menikmati petualangan susur Sungai Maron dengan perahu -Foto : Instagram/nugrohopgst_

Untuk menikmati pesona kawasan wisata sungain ini, wisatawan harus mencoba petualangan susur sungai. Wisatawan dapat dapat menyewa kapal milik warga yang dengan kapasitas maksimal 6 orang. Wisata susur sungai membentang sepanjang 4,5 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Menyusuri sungai ini, wisatawan dibawa memasuki sungai yang membelah kawasan hutan. Tak mengherankan jika destinasi ini dijuluki ‘Amazon’-nya Indonesia. Pasalnya sisi kanan dan kiri sungai dipagari oleh hutan tropis yang teduh.

Bagi wisatawan yang mencintai petualangan alam bebas, perjalanan ini akan terasa luar biasa. Suara aliran air sungai terdengar menemani pengalaman menjelajah alurnya dengan santai. Laju perahu yang tidak terlalu cepat membuat angin terasa sepoi-sepoi lembut mengusap wajah.

Baca: Pantai Klayar Pacitan Tiket & Ragam Aktivitas

Menikmati Nuansa Green Canyon Pacitan

wisatawan berperahu di sepanjang sungai
Tebing dan suasana rimbun yang menghijau di tepi Sungai Maron – Foto : Instagram/aankhosihan

Air Sungai Maron jernih dengan refleksi hijau kebiruan pantulan dari tanaman-tanaman yang memagarinya. Di tepi kanan dan kiri sungai, pepohonan tampak lebat menghijau. Sebab itu, banyak wisatawan yang menyematkan julukan baru, yaitu ‘Green Canyon’ Pacitan.

Demi keamanan, sebelum naik perahu wisatawan telah dipersiapkan dengan jaket pelampung. Sungai dengan kedalaman mencapai 20 meter ini menjadi surga tersembunyi. Sejauh mata memandang, indra penglihatan akan dimanjakan lanskap yang alami, tenang, dan teduh.

Baca: Pantai Buyutan Pacitan Tiket & 5 Aktivitas Seru

Bukit Karang

lokasi sungai dibawah batu karang
Menjumpai Bukit Karang menjelang ujung jalur wisata Sungai Maron – Foto : Instagram/callmeandre

Mendekati ujung jalur wisata susur sungai, wisatawan akan dibawa menuju bukit-bukit karang dekat pantai. Bukit karang yang menghiasi kiri kanan sungai menawarkan suasana menyerupai wisata di Phuket, Thailand. Rasanya seperti menjelajah ke berbagai belahan tempat hanya dalam satu lokasi.

Ayunan Unik Tepi Sungai Maron

Bermain ayunan di tepi sungai
Bersantai di ayunan menjadi spot swafoto favorit wisatawan – Foto : Instagram/rulywinda

Selama perjalanan susur sungai, wisatawan juga bisa menikmati beberapa tempat spot foto menarik. Titik-titik dengan latar pesona alam yang instagramable tersebut disiapkan oleh pengelola. Dari sinilah kepopuleran destinasi wisata Sungai Maron dipamerkan di media sosial.

Terdapat salah satu spot foto yang menjadi favorit para wisatawan. Yaitu sebuah ayunan yang dikaitkan ke batang pohon besar di atas sungai. Wisatawan dapat duduk santai di atas ayunan dengan kaki menyentuh permukaan air sungai.

Namun spot terbaik untuk mengambil foto tentu saja dengan duduk di ujung kapal. Berlatar pepohonan rimbun dan aliran sungai dengan pemandangan indah di setiap sisinya.

Pemotretan Prewedding

Keindahan daya tarik tempat wisata ini tak hanya menjadi magnet bagi wisata susur sungainya. Sungai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk sesi foto pranikah. Beberapa pasangan memilih Sungai Maron sebagai tempat prewedding karena pesona alamnya yang memukau.

Baca: Pantai WATU KARUNG Pacitan Tiket & Ragam Aktivitas

Mampir di Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo muara sungai maron
Di ujung jalur wisata susur sungai, wisatawan dapat singgah di Pantai Ngiroboyo sebelum kembali ke dermaga – Foto : Instagram/indoflashlight

Perjalanan wisata susur sungai sepanjang 4,5 km bermuara di Pantai Ngiroboyo. Wisatawan biasa turun sejenak dan menikmati suasana pantai yang tidak panjang itu. Pengemudi perahu akan menunggu maksimal dua jam sebelum kembali ke dermaga.

Pantai Ngiroboyo memiliki keunikan dengan menjadi tempat pertemuan pasir besi hitam dan pasir putih. Di pantai ini, wisatawan bisa melakukan aktivitas surfing, berenang, atau sekadar berjemur.

Memancing

Sungai Maron Pacitan Jawa Timur - asrul_ashadi
Sungai Maron Pacitan Jawa Timur – asrul_ashadi

Meskipun dijuluki miniatur Amazon, perairannya tak dipenuhi dengan satwa ganas seperti buaya atau piranha. Sungai Maron justru menjadi habitat dari beragam ikan air tawar yang sedap untuk disantap.

Tak mengherankan jika sungai ini menjadi spot terbaik untuk memancing. Wisatawan dapat menemukan hasil tangkapan beragam jenis ikan seperti Sidat, Nila, dan Bawal.

Sungai ini sangat penting sebagai sumber mata air yang dimanfaatkan warga. Oleh karenanya, sungai ini selalu terjaga agar selalu bersih dan asri.

Berenang

Sungai Maron memiliki debit aliran yang tenang. Beberapa wisatawan menyambut panggilan alam untuk masuk dan berenang di alirannya. Beberapa spot yang cukup dangkal dapat menjadi pilihan untuk aktivitas ini.

Di antara wisatawan, ada yang memilih menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung.

Wisatawan bisa bersantai di atas ban yang mengalir mengikuti arus sungai dengan jaket pengaman. Dengan cara ini, wisatawan dapat merasakan segarnya air Sungai Maron tanpa takut terseret arus.

Lokasi Wisata Sungai Maron

Objek wisata sungai ini terletak di Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552. Wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia angkutan umum menuju ke lokasi. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari alun-alun Pacitan dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini