Beranda Tiket Wisata

Pantai Watu Kodok Tiket Murah Pasir Putihnya Memukau - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Gunung Kidul memang menyimpan banyak pantai yang eksotik. Dengan panorama air laut yang biru dan pasir putih. Salah satunya bisa ditemukan di Pantai Watu Kodok yang memiliki keindahan yang begitu memukau.

Keindahan kawasan pantai ini tidak berbanding lurus dengan jumlahnya wisatawan. Pada saat ini, wisatawan yang berkunjung di objek wisata ini masih tergolong sedikit. Namun, justru dapat menjadi keuntungan karena wisatawan akan merasakan pantai ini serasa milik sendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Objek wisata ini tidak menetapkan tiket sendiri, melainkan jadi satu dengan pantai lain yang berdekatan. Jadi, seperti paket satu kali kunjungan ke Pantai Watu Kodok dan pantai lainnya. Selain itu, pengunjung yang akan berkemah juga perlu menyiapkan biaya tambahan per orang.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
Mendirikan tendaRp 5.000 – Rp 10.000 / orang

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul Tiket & Wahana Unik

Jam Operasional

Seperti pantai yang belum terkelola dengan baik, pantai ini tidak menetapkan jam operasional khusus. Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini kapan pun. Dan tentunya, kunjungilah ketika hari terang karena penerangan tidak cukup banyak.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Keindahan Pantai Watu Kodok

Keindahan Pantai Watu Kodok
Keindahan Pantai Watu Kodok. Foto: Gmap/Kharisma Mahesa

Ciri khas pantai di Gunung Kidul sangat terasa di Pantai Watu Kodok. Objek wisata ini memiliki pantai dengan air laut yang biru jernih. Jernihnya air laut dapat terlihat pada saat pengunjung memasuki kawasan pantai. Begitu indah dengan warna biru bergradasi sempurna.

Ditambah dengan pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai. Sesekali terkena terpaan ombak dari lautan. Pasirnya begitu lembut tanpa memiliki batuan, sehingga sangat nyaman ketika berjalan di atasnya. Dan tidak sedikit pula wisatawan yang menghabiskan waktu bermain di atas pasir.

Tidak sampai di situ saja, keindahan kawasan wisata pantai ini semakin lengkap dengan adanya gugusan batuan karang. Karang-karangnya begitu besar dan tertutup tumbuhan hijau dan pepohonan. Pepohonan pun tampak berdiri dengan kokoh di beberapa tempat, membuat pemandangan semakin asri. Keindahan ini semakin lengkap dengan langit yang biru menaunginya.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Indahnya Matahari Terbenam

Eloknya Mentari Terbenam di Pantai Watu Kodok
Eloknya Mentari Terbenam yang dapat disaksikan dari tepi pantai. Foto: Gmap/sini marsiniasp

Pantai Watu Kodok menjadi tempat yang tepat menyaksikan matahari terbenam. Deru ombak mulai bergulung-gulung dengan gemuruh yang cukup keras. Menandakan senja sudah tiba.

Burung-burung terbang bergerombol menuju sangkarnya. Langit mulai berubah warna menjadi lebih gelap. Sang surya pun perlahan mulai turun ke peraduannya. Meninggalkan mega oranye ke segala penjuru. Lautan pun berubah warna menjadi oranye. Perlahan warna mulai meredup dan meninggalkan gelap.

Baca: Pantai Drini Tiket &10 Ragam Aktivitas

Jika berkemah di sini, pengunjung sudah harus menyalakan api unggun atau penerangan sejak senja. Supaya ketika gelap datang, area perkemahan masih memiliki penerangan.

Asal Mula Nama Watu Kodok

Dalam bahasa Jawa, “watu” memiliki arti “batu”, dan “kodok” berarti “kodok”. Di kawasan pantai terdapat patung yang berbentuk seperti kodok. Patung ini berada di dalam gua yang terletak di barat area pantai. Sayangnya, lokasi gua sulit dijangkau dan hanya dapat dimasuki ketika air laut surut.

Tidak hanya unik, patung mirip kodok ini dikeramatkan juga oleh masyarakat setempat. Masyarakat melakukan ritual setiap satu tahun sekali di gua ini, tepatnya pada bulan Suro.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa nama Watu Kodok karena adanya batu karang berbentuk kodok. Bagaimana pun asal usulnya, yang terpenting keindahan objek wisata ini sangat memukau. Dan pengunjung pun diharapkan tetap menghormati dan menjaga objek wisata ini.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Spot Foto di Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok yang Banyak Ditumbuhi Pepohonan
Area sekitar Pantai yang Banyak Ditumbuhi Pepohonan. Foto: Gmap/Novi Adie Nugroho

Bagi yang menyukai fotografi, objek wisata ini begitu tepat. Karena masih sepi, pengunjung dapat leluasa berfoto di spot-spot indah tanpa halangan. Berfoto puas dengan berbagai angle seolah pantai milik pribadi.

Selain pemandangan indah yang dapat menjadi objek foto. Di sini juga terdapat wahana foto buatan, seperti wahana berbentuk hati. Di mana sekelilingnya berbalut bunga kecil berwarna-warni.

Berkemah di Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok termasuk pantai yang aman untuk mendirikan tenda kemah. Pengunjung dapat bermalam di perkemahan yang dibangun sendiri. Di pantai ini telah tersedia toilet yang sangat membantu, terutama bagi pengunjung yang akan berkemah.

Namun, pengunjung tetap harus membawa peralatan kemah sendiri. Seperti tenda, peralatan pribadi, obat-obatan, serta bahan makanan. Selain itu, pengunjung juga harus izin ketika membeli tiket.

Baca: 12+ Tempat Wisata Menarik di Gunung Kidul

Bersantai di Gazebo

Di tepian pantai, terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung. Gazebo sederhana terbuat dari bambu dengan empat tiang. Dengan atapnya terbuat dari jerami kering, yang membuatnya terlihat lebih eksotis.

Di gazebo ini, dapat menampung kurang lebih lima orang. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dan semilir angin sepoi di gazebo. Apalagi sambil menyantap kuliner lezat khas pantai.

Fasilitas di Pantai Watu Kodok

Pantai ini memiliki fasilitas berupa toilet dan warung di dekat pantai. Selain itu pengunjung dapat menikmati kuliner khas pantai olahan langsung dari laut.

Lokasi Pantai Watu Kodok

Objek wisata ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak kurang lebih 25 Kilometer dari pusat kota Gunung Kidul. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit berkendara.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini