Beranda Tiket Wisata

Pemandian Air Panas Bayanan Tiket Murah Beragam Daya Tarik Januari 2022

Pemandian Air Panas BayananHarga Tiket: Rp5.000 - RP6.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Gamping, Jambeyan, Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia, 57293

Pemandian Air Panas Bayanan sudah berdiri sejak tahun 1979. Kemudian, pada tahun 1995 area wisata ini mengalami proses renovasi total. Dengan menambahkan wahana bermain air dan outbound. Lalu, pada tahun 2020, kembali mengalami renovasi di sini untuk menambah daya tariknya.

Pemandian ini memiliki julukan Hyang Tirto Nirmolo yang berarti air suci yang memiliki kekuatan spiritual. Hal ini karena kolam ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Banyak khasiat yang bisa terasa ketika berendam di pemandian ini. Konon, kolam belerang ini sudah ada dari Gunung Lawu menjadi gunung api purba.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Bayanan

Tiket masuk area wisata ini cukup terjangkau. Tiket tersebut sudah termasuk biaya untuk menikmati kolam pemandian air panas dan arena lainnya. Untuk parkir pengunjung harus membayar biaya tambahan di luar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk hari biasa/liburRp5.000/Rp6.000
Tiket mandi air panasRp2.500
Parkir motor/mobilRp2.000/Rp5.000

Baca: NDAYU PARK Tiket & Berbagai Wahana

Jam Buka Pemandian Air Panas Bayanan

Pengunjung bisa berwisata di sini setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Apabila ingin mendapatkan suasana yang lebih sejuk dan teduh, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-17.00

Sekilas Sejarah Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian air panas belerang Bayanan diketahui terjadi secara alami dan sudah ada sejak zaman Belanda. Area sekitar lokasi pemandian dulunya merupakan perkampungan biasa. Beberapa kerajaan seperti Kerajaan Solo dan Kerajaan Yogyakarta sering datang untuk mengambil air tersebut. Melihat hal itu, masyarakat sekitar akhirnya mengetahui khasiat dari air tersebut kemudian mencoba juga untuk berendam di sana.

Terdapat sebuah mitos yang menyelimuti pemandian air panas ini. Seorang warga diketahui bermimpi bertemu dengan sosok gaib. Sosok tersebut memintanya untuk menutup sumber air tersebut menggunakan gong Kiai Bayan. Semakin bertambahnya pengunjung maka pengelolaan area pemandian dilakukan pemerintah desa sampai kecamatan. Selanjutnya, sekitar tahun 1979, pengelolaan berada di tangan Pemerintah Kota Sragen hingga saat ini.

Berendam di Pemandian Air Panas Bayanan

Pengunjung berenang di kolam renang pemandian Bayanan
Meski bukan berisi air panas, kolam renang di sini juga sangat diminati oleh pengunjung karena lokasinya yang sejuk dan asri. Foto: Google Map/Ady Moer

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini yaitu area pemandian air panansnya. Bentuk dari tempat pemandiannya yaitu berupa bilik-bilik yang berisi maksimal oleh satu orang. Terdapat 7 bilik dan di masing-masing bilik tersedia bathtub dan gayung. Pengunjung akan mendapat waktu berendam maksimal 30 menit dengan suhu air sekitar 32o sampai 35o celcius.

Air panas di sini mengandung belerang yang cukup tinggi dan bisa bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Masalah seperti sakit kulit, reumatik, kolesterol tinggi, menyegarkan badan, meningkatkan vitalitas tubuh, sampai membuat awet muda.

Di sini juga terdapat sebuah kolam renang, namun hanya berisi air biasa. Kolam ini dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang tinggi menjulang. Selain itu, suara-suara burung juga kadang bisa terdengar dari sini. Suasana yang asri dan sejuk bisa menenangkan pikiran saat berenang di kolam. Berenang di sini juga cocok untuk relaksasi dan menghilangkan kepenatan.

Baca: ALUN-ALUN SRAGEN Wisata Murah Beragam Aktivitas

Area Bermain

Pemandangan taman sekaligus jalan setapak di Bayanan
Pengunjung bisa berjalan-jalan di taman dan jalan setapak yang berwarna-warni sambil menikmati suasana di sekitar Pemandian Air Panas Bayanan. Foto: Google Map/Achmad Fauzi

Area wisata ini tidak hanya menyediakan pemandian air panas, melainkan juga area bersantai yang luas. Tersedia taman dan jalan setapak yang luas dan nyaman untuk berolahraga atau hanya sekadar berjalan-jalan. Suasana yang sejuk bisa terasa karena terdapat banyak pepohonan

Bagi pengunjung yang membawa anak, terdapat area bermain anak dengan wahana yang cukup banyak. Selain itu, untuk menikmati suasana di sini juga tersedia lokasi untuk berkemah. Lokasi tersebut berada di hutan karet yang terletak di area hutan karet tak jauh dari lokasi wisata.

Area Foto

Pengunjung berfoto di gerbang landmark pemandian air panas bayanan
Salah satu area foto menarik di sini yaitu landmark dari Pemandian Air Panas Bayanan yang terdapat di dekat taman atau di gapura gerbang. Foto: Google Map/Fajar Purwanto

Tujuan dilakukannya renovasi lokasi wisata ini pada tahun 2020 yaitu menambah fasilitas untuk berfoto. Hal ini untuk menyesuaikan tren yang ada di era digital.  Salah satu area foto tersebut yaitu terowongan berbentuk hati yang terletak di jalan setapak dekat taman bermain anak.

Taman tersebut juga bisa sebagai tempat berfoto yang menarik karena paving blocknya yang dicat berwarna-warni. Landmark yang ada di sekitar taman atau gapura gerbang juga cocok untuk sebagai tempat berfoto. Untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan pemotretan bisa dilakukan pada pagi atau sore hari.

Selanjutnya terdapat wahana bermain anak, seperti ayunan atau perosotan batu yang juga cantik sebagai latar foto. Kemudian area di sekitar patung-patung berbentuk hewan yang ada di dalam taman. Untuk anak-anak bisa berfoto sambil menaiki patung hewan tersebut. Tempat berfoto lainnya yaitu di dekat gong, gazebo, jembatan mini, dan di antara pepohonan di hutan karet. Pemandangan alam di sini bisa menghasilkan foto yang menawan.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Bayanan

Beberapa fasilitas tersedia di sini untuk menunjang aktivitas liburan para pengunjung. Fasilitas tersebut yaitu kolam air panas, panggung hiburan, gazebo, bangku yang tersebar di beberapa titik, dan arena bermain anak. Selanjutnya ada juga toilet umum, kamar mandi bilas, ruang ganti, musala, dan lokasi parkir.

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan terletak di Dukuh Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Secara geografis, lokasi wisata ini terletak di lereng Gunung Prau. Selain itu, lokasi ini juga berbatasan langsung dengan Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar. Pengunjung harus menempuh jarak 17 km jika berangkat dari pusat Kota Sragen.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 14

Berikan Rating