Beranda Tiket Wisata

Pulau Selayar Tiket & Ragam Aktivitas Wisata - Agustus 2020

Pulau Selayar Harga Tiket: Rp0 - Rp25.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: -,Bontoharu,Kepulauan Selayar,Sulawesi Selatan,Indonesia,-.

Pulau Selayar merupakan destinasi wisata pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau ini adalah yang terbesar di antara gugusan kepulauan Selayar. Deretan pantai berpasir putih, air laut jernih, dan panorama alam bawah laut menjadi atraksi wisata unggulan objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Selayar

Tidak ada tiket masuk yang ditetapkan untuk memasuki kawasan Pulau Selayar. Wisatawan yang ingin berkunjung cukup menyiapkan tiket ferry yang berangkat dari Pelabuhan Bira menuju pelabuhan Pematata di kepulauan Selayar.

Harga Tiket
Harga Tiket MasukGratis
Tiket Kapal FerryRp24.000

Baca: 8 Tempat Wisata Terbaik di Makassar

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata di Pulau Selayar

Pulau Selayar dikelilingi sebaran gugusan pulau yang berjumlah lebih dari 150 pulau. Daratan dan perairan lengkap dengan pantai yang bisa dijelajahi, menawarkan banyak aktivitas wisata. Garis pantainya mencapai total panjang 670 kilometer atau terpanjang di Sulawesi Selatan.

Sekitar 95% daerah kabupaten yang beribukota di Kota Benteng ini merupakan perairan. Sisanya terdiri dari 123 pulau dengan 62 pulau sudah dihuni penduduk. Sekitar 153 destinasi wisata terdapat di sini mencakup daya tarik alam, bahari, dan budaya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini yaitu antara bulan April-Agustus dan Oktober-Desember. Puluhan agenda pariwisata disiapkan pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mempromosikan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan. Berikut berbagai tawaran aktivitas menarik bagi wisatawan yang berencana mengunjungi objek wisata kepulauan ini.

Baca: PANTAI TANJUNG BIRA Tiket & Ragam Aktivitas

Berenang di Jernihnya Air Laut

Berenang di jernihnya iar laut perairan Pulau Selayar
Berenang di jernihnya iar laut perairan Pulau Selayar – Foto : Instagram/rafdyfauzan

Wisatawan tak akan bisa menolak godaan jernihnya air laut Pulau Selayar. Aktivitas berenang menjadi favorit wisatawan untuk merasakan kesegaran airnya. Berenang di laut yang alami memberikan efek relaksasi tersendiri.

Berlayar dan Hopping Island Pulau Selayar

Jelajah Kepulauan Selayar dengan kapal
Jelajah pulau dengan kapal di kawasan Pulau Selayar – Foto : Instagram/rizaarsyta

Memanfaatkan kondisi geografis kepulauan, wisatawan bisa ikut aktivitas hopping island dari Pulau Selayar. Kepualuan Selayar memiliki gugusan pulau, di antaranya terkena pasang air laut sebanyak 130 buah. Pulau-pulau berukuran sedang memiliki banyak penduduk di antaranya Pulau Bonerate dan Pulau Kalaotoa.

Pasir putih serta flora dan fauna daratan maupun di dalam laut terjaga alami. Dihubungkan dengan potensi wisata bahari lainnya, Pulau Selayar  membentuk “Kawasan Segitiga Wisata Bahari”. Di antaranya kawasan wisata bahari di Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Komodo Nusa Tenggara Timur.

Menyelam di Taman Nasional Takabonerate

Menyelam di Pulau Selayar Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan - ryan araginggang
Menyelam di Taman Nasional Takabonerate yang merupakan ikon wisata bahari kelas dunia kebanggan wisata Pulau Selayar – Foto : GoogleMaps/ryan araginggang

Taman Nasional Takabonerate merupakan ikon wisata bahari kelas dunia kebanggaan wisata Pulau Selayar. Nama Takabonerate dalam bahasa setempat memiliki arti koral yang bertumpuk di pasir. Perairannya memiliki karang atol (cincin) seluas 220.000 hektar yang merupakan terbesar ketiga dunia.

Sekitar 25 pulau kecil tersebar menjadi tempat awal melakukan penyelaman dengan puluhan titik selam. Pemula dan penggemar fotografi menyukai pantai barat yang landai dengan Jinato Paradise Wall. Pantai timur memiliki titik selam Magic Wall, jurang palung bagi kalangan penyelam kaliber dunia.

Keindahan terumbu karang dengan beragam bentuk dan warna menjadi daya tarik utama. Air laut yang jernih membuat panorama bawah lautnya terlihat indah dan jelas. Wisatawan juga dapat bermain bebas bersama anak-anak hiu, penyu, ikan duyung, dan pari raksasa.

Ala Bali di Baloiya

Baloiya menawarkan wisata ala pulau dewata
Baloiya menawarkan wisata ala pulau dewata di wisata Pulau Selayar – Foto : Instagram/hoesadapoetra

Berjarak 10 kilometer dari kota Benteng, ibukota Selayar, wisatawan dapat menemukan nuansa ala Bali. Barisan batu karang membentang di perairan dangkal membuatnya terlihat eksotis. Keindahan lokasi ini membuat banyak restoran dan bungalow dibangun sebagai fasilitas wisata.

Meikmati Hamparan Pasir Putih Pulau Selayar

Menikmati hamparan pasir putih di Pantai Pa'badilang Pulau Selayar Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan - desma wati
Menikmati hamparan pasir putih di Pantai Pa’badilang Pulau Selayar – Foto : GoogleMaps/desma wati

Pulau Selayar dengan gugusan pulaunya menyajikan garis pantai terpanjang di Sulawesi Selatan. Pantai-pantai tersebut didominasi oleh hamparan pasir putih bersih yang indah. Dengan pasir putihnya dan gradasi air laut yang jernih menyajikan surga tropis terpencil.

Pa’baddilang yang berjarak 35 kilometer dari Kota Benteng dapat menjadi salah satu pilihannya. Pantai berpasir putih yang dilengkapi tebing karang ini ditumbuhi pepohonan asri di sisi timur. Lokasinya dapat diakses dengan menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat.

Pasir putih dan air laut kehijauan pun terdapat di Pantai Liang Kereta dan Pantai Jeneiya. Ada juga Pantai Pinang yang pasir putihnya menghampar luas hingga 2 kilometer. Wisatawan juga dapat melihat panorama pegunungan sekaligus menjumpai Tarsius, spesies kera terkecil di dunia.

Baca: PULAU KAMBING Bulukumba: 6 Aktivitas Pilihan

Snorkeling di Punagaang

Snorkeling di perairan Kepulauan Selayar
Snorkeling di perairan dangkal Pulau Selayar – Foto : Instagram/aan_anyas

Pantai Punagaang merupakan kawasan bersih dengan air yang sangat jernih di pesisir timur Selayar. Berjarak sekitar 20 kilometer dari ibukota Selayar, tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk snorkeling. Lautnya teduh dan dengan arus ombak yang relatif tenang.

Keindahan bawah laut kawasan ini mengajak wisatawan untuk mengekplorasi perairannya. Wisatawan dapat menyaksikan terumbu karang maupun biota seperti lobster dan ikan kerapu. Di sekitar pantai ini juga terdapat tebing dipenuhi rimbunan pohon rindang dan hijau.

Rumah-rumah tradisional dan jembatan kayu untuk menambat perahu pun turut mewarnai pemandangannya.

Jelajah Gua

Menjelajahi Goa Abadi Balojaha dan Pulau Pasi
Menjelajahi Goa Abadi Balojaha dan menyelami air alaminya – Foto : Instagram/fertpolin

Di sekitar area pantai terdapat gua alam yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa di antaranya memiliki cekungan berisi air sehingga wisatawan dapat berenang. Beberapa wisatawan juga mencoba lompat dari ketinggian tebing di area gua maupun di tepi pantai.

Menyusuri Hutan Bakau Pulau Selayar

Pasi Gusung menjadi salah satu destinasi favorit Selayar yang berada di barat Kota Benteng. Dengan perahu jolloro, perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai ke area ini. Dinamakan Pasi Gusung karena wilayahnhya satu kesatuan, terpisahkan oleh hutan bakau yang membentang.

Selain Pasi Gusung, Matalang juga memiliki kawasan untuk menikmati barisan pohon mangrove yang menarik. Saat pagi maupun sore hari menjadi waktu terbaik untuk menyusuri kawasan ini. Wisatawan dapat berjalan santai di atas jembatan yang membelah hamparan bakau.

Menapaki Makam Karang Bahuluang

Makam karang yang terbentuk dari gungungan terumbu karang yang hancur di Pulau Selayar Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan - nisaabiccu
Makam karang yang terbentuk dari gunungan terumbu karang yang hancur – Foto : Instagram/nisaabiccu

Bahuluang terkenal dengan keindahan pantai dengan pasir putihnya dan pesona makam karang. Terletak dibagian selatan dari Pulau Selayar, pulau ini semakin elok dengan gugusan batu karang. Jernihnya air laut menggoda wisatawan untuk berenang dan berjemur.

Sekitar 200 meter arah utara, terdapat gunungan dari kumpulan terumbu karang yang sudah hancur. Dari jauh, gunungan tersebut akan terlihat sebagai pulau pasir putih. Karangan Pulau Bahuluang memanjang sekitar 150 meter dengan bentang terlebar sekitar 10 meter.

Pada musim angin di bulan tertentu, Pulau Karangan terpecah menjadi dua pulau lebih kecil.

Wisata Ala Inggris di Batu Karapu

Kawasan wisata Batu Karappu
Batu Karappu dengan panorama ala wisata pantai Inggris – Foto : Instagram/embafals

Batu Karapu menjadi destinasi incaran yang berjarak sekitar 20 km dari kota Benteng. Lokasi ini dapat diakses wisatawan dengan mengendarai motor atau mobil.

Destinasi ini cukup unik karena wisatawan akan merasakan sedang berada di Inggris. Hal ini karena di sana terdapat batu unik berlubang menjorok ke arah laut. Batu tersebut menyerupai salah satu destinasi wisata Durdle Door di Inggris.

Lokasi ini menjadi tempat wisatawan menikmati panorama lanskap laut dengan hembusan anginnya. Menikmati waktu bersantai, suguhan pemandangan alamnya sangat khas.

Hiking di Opu Karajeng

Opu Karajeng merupakan sebuah tebing yang menjorok ke bibir pantai. Tebing ini memiliki ketinggian antara satu hingga dua meter. Saat pagi dan sore hari, wisatawan menyukai aktivitas hiking dan jogging di lokasi ini. Tempat ini juga menjadi spot ideal untuk berswafoto, terutama saat sunset tiba.

Eksplorasi Kesegaran Air Terjun di Pulau Selayar

Menikmati kesegaran air terjun Pulau Selayar
Menikmati kesegaran air terjun di kawasan wisata Pulau Selayar – Foto : Instagram/sem_muntce_karlo

Pulau Selayar tak hanya tentang laut dan pantai yang penuh pesona. Destinasi ini juga menyajikan daya tarik alam dari air terjunnya.

Air Terjun Jammeng atau biasa disebut Ohe Gonggong menjadi salah satu pilihannya. Bermuara ke pantai timur, air terjun ini mengalir dari hulu ke hilir melewati tujuh tingkatan.

Wisatawan juga dapat menyambangi air terjun Punagaang yang jernih. Curahannya menambah kesempurnaan kawasan lereng-lereng pegunungan hijau yang asri.

Menikmati Sunset di Pantai Sunari

Momen senja di Pantai Sunari
Momen senja di Pantai Sunari – Foto : Instagram/yusrilm99

Desa Patilereng memiliki Pantai Sunari yang indah dengan hamparan pasir putih. Pesisir pantainya menjadi tepat favorit wisatawan untuk menikmati momen tenggelamnya matahari. Berlatar panorama laut terbingkai jajaran pepohonan kelapa, semburat senja begitu menawan.

Hang Out di Taman Pelangi Selayar

Dikenal sebagai tempat ‘nongkrong’, Taman Pelangi merupakan lokasi berkumpulnya para kaum muda. Mulai dari olah raga, hunting  foto, hingga belajar bersama komunitas dapat dilakukan di sini. Keindahaan penataan tamannya menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Berkemah di Puncak Pusera

Sebuah perbukitan indah dengan panorama laut di sisi timur menjadi tempat ideal untuk berkemah. Dengan cuaca yang sejuk, Puncak Pusera sangat nyaman dikunjungi pada malam hari. Menginap di lokasi ini, suasana malam yang santai akan mengisi waktu berlibur.

Menginap di Resort

Bonetappalang merupakan pantai di pesisir timur Selayar dengan tingkat proteksi kawasan yang tinggi. Hal tersebut memberikan privasi dan suasana nyaman bagi wisatawan yang berkunjung. Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Benteng , berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di sini.

Berenang, snorkeling, berjemur, menikmati sunrise dan sunset serta diving menjadi aktivitas pilihan. Untuk dapat menikmati berbagai aktivitas tersebut, wisatawan dapat menginap di tempat ini.

Di kawasan ini telah tersedia resort yang dikelola investor dengan fasilitas yang cukup memadai. Destinasi ini kebanyakan dikunjungi wisatawan mancanegara pada bulan Oktober hingga Maret pada setiap tahunnya. Selain resort, Pulau Selayar memiliki berbagai jenis penginapan seperti hotel dan motel.

Wisata Budaya

Wisata budaya du Kampung Bitombang
Wisata budaya melihat rumah panggung tinggi berusia ratusan tahun di Kampung Bitombang – Foto : Instagram/firman.selayar

Mengunjungi Pulau Selayar, wisatawan dapat mengenal lebih dekat Pulau Sulwesi dari segi etnik. Berbagai suku di Sulawesi ada di Kepulauan Selayar walaupun hanya sebagian kecil saja. Kebudayaan masyarakat setempat juga menjadi daya tarik wisata Pulau Selayar.

Pulau Selayar memiliki potensi Barang Muatan Kapal Tenggelam berupa peninggalan barang langka dan antik. Terdapat beberapa benda bersejarah unik seperti jangkar raksasa yang terdapat di Pantai Padang. Juga ada Gong Nekara yang merupakan peninggalan Dinasti Sung pada tahun 600 SM.

Perkampungan Toa Bitombang yang merupakan kampung tertua yang hanya berjarak 30 menit dari Benteng. Keunikannya terletak pada rumah-rumah beratap bambu dengan penopang kayu yang tinggi di bawahnya. Wisatawan dapat menyaksikan langsung rumah-rumah yang berusia rata-rata 400 tahun tersebut.

Akses dan Lokasi Wisata Pulau Selayar

Wisata Pulau Selayar beraada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Untuk sampai ke Pulau Selayar, wisatawan dapat melakukan perjalanan dari Makassar ke kota Tanjung Bira. Berikutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal ferry dengan waktu tempuh dua jam menuju dermaga Pelabuhan Pamatata.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini