Beranda Tiket Wisata

Pantai Sanggar Tiket & Bentang Alam Memukau Januari 2022

Pantai SanggarHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Jengglungharjo, Tanggung, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66283

Kabupaten Tulungagung yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur mendapat berkah keindahan alam pantai yang luar biasa. Deretan pantai cantik memanjang dari sisi barat hingga ke timur kabupaten yang berjuluk”Kota Marmer” ini. Salah satu yang menarik dan menjadi primadona yaitu Pantai Sanggar. Laut biru berombak besar dengan hamparan pasir putih menjadi ciri khas dari pantai ini. Selain itu barisan perbukitan di sekelilingnya memberikan kesan alami dari pantai ini.

Secara karakteristik, area pesisir pantainya memiliki kemiripan dengan pantai-pantai yang ada di Pacitan. Hal ini karena kedua kabupaten berada di garis pantai yang sama. Keindahan dari Pantai Sanggar bahkan membuatnya memiliki julukan “The Dreamland of Tulungagung”. Tempat wisata ini terbilang masih baru sehingga belum banyak tersentuh pembangunan. Hal itu justru membuatnya sangat alami.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanggar

Untuk berkunjung ke Pantai Sanggar wisatawan tidak akan terkena biaya tiket alias gratis. Belum adanya pemberlakuan tiket ini karena memang kawasan wisata pantai masih sangat baru. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan dengan budget minim.

Harga tiket Masuk Pantai Sanggar
Harga tiketGratis

 Baca: Jambooland Waterpark Tiket & Wahana 

Jam Buka Pantai Sanggar

Tidak perlu bingung menentukan jadwal untuk berkunjung ke tempat ini karena kawasan wisata pantai selalu buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik ketika berkunjung adalah ketika cuaca cerah agar bisa mendapat pemandangan maksimal. Selain itu disarankan tidak datang setelah hujan, karena akses menuju ke pantai akan sangat licin dan cukup berbahaya.

Jam Buka
Setiap hari24 Jam

Pantai Sanggar “The Dreamland of Tulungagung”

Pantai cantik di pesisir selatan
Laut biru, pasir putih dan perbukitan hijau adalah pesona yang ditawarkan sekitar pantai. Foto: Gmaps/Fuat Ginanjar

Julukan “The Dreamland of Tulungagung” nampaknya sangat tepat menggambarkan keindahan dari Pantai Sanggar. Pantai bersih yang alami dengan pasir putih dan ombak biru yang menawan. Membuat pantai ini seperti sebuah pantai impian. Areanya sangat cocok bagi yang memiliki jiwa petualang, karena aksesnya yang masih cukup sulit. Namun semua perjuangan akan terbayar ketika tiba di tepi pantai. Keindahan luar biasa sejauh mata memandang membuat siapapun akan betah berada di sini.

Lokasi pantai ini masih satu jalur dengan pantai lain di Tulungagung yaitu Pantai Sine dan Pantai Ngalur. Bahkan ada jalan pintas antara Pantai Sanggar dan Pantai Sine. Jalan pintas yang menghubungkan kedua pantai tersebut berupa jembatan kayu yang membela sungai dan area perkebunan dengan jalan tanah.

Baca: Pantai Sine Tulungagung Tiket & Ragam Aktivitas

Pesona Pasir Putih & Laut Biru

Pantai berpasir putih bersih
Keindahan dari bentang alam sekitar pantai yang sangat memanjakan mata

Sebelum memasuki area pantai, wisatawan akan terlebih dahulu melewati area perkebunan. Setelah itu hamparan pasir putih akan menyambut. Lautan biru berpadu dengan pemandangan perbukitan menjadikan area pesisir pantai sangatlah eksotis.

Wisatawan bisa sekedar bersantai menikmati suara deburan ombak dan angin yang berhembus. Banyaknya pepohonan membuat area pinggir pantai sangat teduh. Duduk di bawah pohon bersama sahabat atau orang tersayang tentunya menjadi momen yang romantis. Apalagi dengan suguhan pemandangan alam yang luar biasa.

Baca: PANTAI NGALUR Tiket & Aktivitas

Serunya Bermain Air di Pantai Sanggar

Pantai dengan ombak besar
kontur tanah di bibir pantai yang landai membuat tepi area pantai sangat cocok untuk aktivitas bermain air.

Pantai Sanggar juga sangat cocok sebagai arena untuk bermain air. Area bibir pantai yang landai dengan permukaan pasir halus menjadikannya sangat nyaman untuk aktivitas berenang. Sensasi ketika ombak besar pantai selatan menghantam tubuh menjadi salah satu momen yang paling dinantikan.

Bermain air hanya bisa ketika air pasang. Sementara jika air surut wisatawan bisa berjalan agak ke tengah di area batuan karang. Di sana wisatawan bisa melihat ikan kecil warna-warni yang bersembunyi di balik bebatuan karang. Namun tetap harus berhati-hati karena banyak juga bulu babi yang bersembunyi di balik karang.

Selain dua hewan tersebut, area karang Pantai Sanggar memiliki banyak spesies lain mulai dari bintang laut, udang, keong dan sebagainya.

Baca: GUNUNG BUDHEG Tulungagung Tiket & Daya Tarik

Spot Sunrise dan Sunset

Pantai dengan sunset yang indah
Bersantai di pinggir pantai sambil menikmati momen sunset adalah aktivitas favorit wisatawan. Foto: Gmaps/Citra Marmer Tulungagung

Ketika langit sedang cerah-cerahnya jangan lewatkan momen luar biasa matahari tenggelam. Pantai dengan pasir putih bersih dengan ombak biru yang menawan akan semakin cantik ketika terkena bias sinar jingga kala senja. Momen-momen romantis seperti itu sangat wajib untuk diabadikan untuk menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Selain Sunset, wisatawan juga bisa menikmati momen sunrise. Untuk bisa mendapatkan momen tersebut maka wisatawan harus datang pagi buta atau bisa juga dengan berkemah di area pantai.

Baca: Ragam Aktivitas di Pantai Kedung Tumpang

Berkemah di Pantai Sanggar

Kealamian tepi pantainya sangat cocok sebagai area kegiatan berkemah. Suasana tenang ketika malam hari memberikan nuansa positif untuk hati dan pikiran. Menyalakan api unggun dan bercengkerama bersama sahabat menjadi momen yang menyenangkan.

Dengan berkemah, wisatawan bisa melihat momen sunrise dan menikmati suasana pagi hari yang begitu sejuk.

Fasilitas di Pantai Sanggar

Karena merupakan pantai yang baru dan masih sangat alami maka fasilitasnya masih belum memadai. Di sini baru tersedia kamar mandi saja dan itupun jumlahnya sangat terbatas. Selain itu belum ada warung atau kedai minuman yang berdiri. Sehingga jika berwisata ke sini disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari luar. 

Lokasi Pantai Sanggar

Pantai Sanggar berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Tempat ini berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Tulungagung. Untuk menuju ke pantai memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dari Tulungagung. Akses ketika memasuki pantai ini cukup sulit karena jalannya masih tanah dan cukup sempit. Selain itu jalurnya juga berkelok-kelok. Jalannya hanya bisa dilewati sepeda motor. Jika tidak yakin dengan jalurnya, tersedia jasa ojek menuju ke pantai.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 21

Berikan Rating