SITU CIHANIWUNG Tiket, Jam Buka dan Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Situ Cihaniwung: Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Santosa, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40386

Situ Cihaniwung bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata berbasis alam di Bandung. Tempat wisata ini adalah sebuah danau buatan yang sekelilingnya merupakan perkebunan teh. Pemandangan areanya sangat memanjakan mata dengan hamparan tumbuhan hijau. Suasananya pun nyaman dan pastinya memiliki udara sejuk khas perkebunan teh.

Selain pemandangan indah, terdapat sejumlah permainan seru untuk pengunjung. Di antaranya ada perahu bebek dan wahana flying fox yang memacu adrenalin. Hal yang menarik dari wahanya tersebut adalah harga tiketnya yang tidak mahal.

Harga Tiket Masuk Situ Cihaniwung

Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah dan tidak menguras isi dompet. Selain tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar parkir kendaraan. Tarifnya pun berbeda untuk kendaraan motor dan mobil.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk (Dana Kebersihan)Rp10.000
Wahana Perahu Bebek, Flying-FoxRp20.000 – Rp25.000
Wahana ATVRp50.000 – Rp150.000
Karcis Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Gunung Wayang Bandung Tiket Murah Jalur Menantang

Jam Buka

Situ Cihaniwung buka setiap hari selama 24 jam untuk wisatawan. Jam terbaik mengunjungi tempat ini adalah pagi hari sebelum jam 12 siang karena cuaca masih teduh. Atau bisa juga datang sore hari sambil menunggu sunset.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Wisata Populer Bandung

Situ Cihaniwung Tempat Nyaman untuk Healing dan Bersantai

Jembatan di Situ Cihaniwung
Jembatan di Situ Cihaniwung. Foto: google maps/Linda Nurlaila

Sudah menjadi hal lumrah kalau wisata alam sering menjadi tujuan taempat healing. Tidak heran karena panorama alam yang masih asri serta jauh dari pemukiman membuat nyaman. Sama seperti di Situ Cihaniwung yang memberi kenyamanan dan ketenangan bagi pengunjung. Apalagi lokasi ini jauh dari keramaian kota karena sekelilingnya hanya perkebunan teh.

Areanya sangat cocok menjadi tempat bagi yang ingin bersantai dan menenangkan pikiran. Pengunjung hanya perlu mencari tempat teduh. Bisa juga duduk santai di saung dan menikmati pemandangan.

Baca: TAMAN LANGIT Pangalengan Tiket & Aktivitas

Jalur Tea Walk Situ Cihaniwung

Tea Walk menuju Situ Cihaniwung
Tea Walk menuju Situ Cihaniwung. Foto:instagram/cihaniwung_view

Untuk memasuki kawasan danau, pengunjung akan melewati perkebunan teh. Berjalan di atas jembatan kayu yang berdiri di atas tanaman teh. Dari sini akan terlihat jelas pemandangan hamparan perkebunan teh yang ada di bawahnya.

Jembatan kayunya memang cukup panjang namun pengunjung tidak akan lelah. Karena jalurnya lurus dan landai, alam sekitarnya juga cantik. Saking cantiknya, banyak pengunjung yang menjadikan jembatan kayu ini sebagai spot foto menarik.

Baca: KAWAH WAYANG Tiket & Daya Tarik

Saung Yang Teduh

Situ Cihaniwung memiliki beberapa saung yang dapat pengunjung gunakan untuk bersantai. Istirahat di saung ini sangat menyenangkan karena sambil memandangi panorama danau eksotis. Pengunjung juga bisa piknik dan membuka perbekalan makanan di saung ini. Sebaiknya pengunjung membawa makanan sendiri karena di sekitar area danau belum ada pedagang makanan.

Menara Bambu

Saung dan Menara
Saung dan Menara. Foto: google maps/Ari sutisna

Terdapat sebuah menara khusus untuk pengunjung yang ingin melihat panorama dari ketinggian. Menara tersebut ramah lingkungan karena terbuat dari bambu yang dirangkai sedemikian rupa. Selain itu menara memiliki tiga tingkatan dan pengunjung dapat menaikinya menggunakan tangga bambu.

Wahana Perahu Bebek

Pengunjung dapat melakukan aktivitas seru seperti berkeliling danau menggunakan perahu bebek. Terdapat penyewaan wahana perahu bebek dengan harga yang terjangkau. Harga tergantung besarnya ukuran perahu bebek. Cara menggerakkan perahu bebek mudah yaitu dengan mengayuh pedalnya menggunakan kaki.

Wahana Flying Fox

Situ Cihaniwung juga memiliki wahana seru yaitu flying fox yang menantang adrenalin. Lintasannya melintang di atas danau. Untuk menaikinya, pengunjung wajib membeli tiket untuk sekali permainan. Wahana Flying fox sudah dilengkapi protokol keamanan yang baik.

Permainan ATV

Bagi pengunjung yang suka menjelajah wajib mencoba bermain ATV. Kendaraan beroda empat ini sangat seru untuk dikendarai di perkebunan teh sekitar Situ Cihaniwung. Harga sewa ATV bervariasi tergantung pilihan jalur yang akan dilalui.

Jembatan Penyeberangan Di Tengah Danau

Jembatan Situ Cihaniwung
Jembatan Situ Cihaniwung. Foto: google maps/Ang Abdullah

Danau di Situ Cihaniwung memang sangat bersih dan mengundang pengunjung untuk melihatnya lebih dekat. Pengunjung dapat berjalan di atas jembatan yang mengapung di atas danau. Jembatannya sangat panjang sehingga bisa masuk lebih jauh ke tengah danau. Sangat bagus jika menjadikan jembatan ini untuk spot foto Instagramable.

Jembatan ini juga berfungsi sebagai penyeberangan menuju ke sisi seberang danau. Di jembatan terdapat satu saung untuk tempat berteduh. Namun sebaiknya tidak mengadakan acara makan bersama dalam saung yang ada di tengah danau. Karena khusus saung tersebut menjadi tempat lalu-lalang orang yang menaiki jembatan.

Baca: Pemandian Air Panas Cibolang Tiket dan 3 Kolam Unik

Memancing di Pinggir Danau

Penduduk sekitar juga memanfaatkan kawasan danau sebagai lokasi memancing. Sebab danau ini menjadi habitat ikan-ikan kecil. Untuk memancing, pengunjung harus membawa peralatan sendiri. Karena belum terdapat penyewaan alat-alat memancing.

Camping di Situ Cihaniwung

Berkemah di Situ Cihaniwung
Area berkemah di sekitar danau. Foto: google maps/Cecep Hasanudin

Di sekitar area danau ini juga dapat menjadi tempat camping yang bagus. Pengunjung dapat mendirikan tenda di pinggir danau yang areanya masih lapang. Saat berkemah pengunjung harus membawa peralatan tenda sendiri karena belum ada tempat penyewaan tenda. Tidak lupa juga membawa jaket tebal karena suasana malam akan terasa dingin.

Fasilitas

Situ Cihaniwung menyediakan fasilitas dasar seperti toilet dan parkir untuk pengunjung. Fasilitas lainnya yakni adanya beberapa saung, menara bambu, jembatan, dan spot foto. Kemudian untuk fasilitas permainan ada perahu bebek dan flying fox.

Lokasi Situ Cihaniwung

Danau wisata ini berlokasi di Desa Santosa, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dari pusat Kota Bandung ke kawasan wisata danau berjarak sekitar 59 kilometer. Dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam berkendara.

Ulasan Pembaca

4.6 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *