Beranda Tiket Wisata

Gunung Wayang Bandung Tiket Murah Jalur Menantang - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Wayang : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, -

Berjarak sekitar 33 Km ke selatan dari pusat kota Bandung ada pemandangan yang menarik. Tiga gunung berdiri berjejer dan mendapat gelar gunung kembar. Salah satu dari tiga gunung tersebut yaitu Gunung Wayang. Gunung dengan ketinggian 2.241mdpl ini mulai terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Selain puncaknya yang indah, di lerengnya juga menyimpan pesona yang luar biasa.

Di sebelah timur Gunung Wayang ada Situ Cisanti dengan airnya yang jernih. Kemudian di sisi sebelah barat adalah kawah aktif yang mengeluarkan asap mengepul. Namun untuk mendaki gunung ini memerlukan persiapan yang matang. Meski tidak terlalu tinggi jalurnya cukup curam dan menantang. Namun masih cocok untuk pendaki pemula.

Harga Tiket Masuk Gunung Wayang

Untuk berwisata atau mendaki gunung ini wisatawan akan dikenai biaya masuk. Tidak perlu khawatir karena harga tiketnya cukup murah. Kemudian siapkan juga biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Tiket Masuk Gunung Wayang
Tiket MasukRp10.000
Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000

Baca: TRANS STUDIO Bandung Harga Tiket & 11 Wahana Paling Seru

Jam Buka Gunung Wayang

Basecamp pendakian untuk gunung ini selalu buka setiap hari selama 24jam. Jadi wisatawan bisa datang kapan saja ke tempat ini. Sementara untuk pendakian sendiri idealnya pada pagi atau siang hari. Jika tiba pada saat malam hari wisatawan dapat menginap di basecamp.

Jam Buka Gunung Wayang
Setiap Hari24 Jam

Gunung Berapi Dengan Keindahan Menakjubkan

Gunung yang dibawahnya terhampar perkebunan teh
Gunung ini sangat asri dengan hutannya yang masih lebat. Foto: Gmaps/Achmad Riky

Gunung Wayang merupakan gunung berapi yang berada di sebelah timur kota Pangalengan Bandung. Gunung ini berada dalam rangkaian 3 gunung yang mendapat julukan gunung kembar. Dua yang lainnya adalah Gunung Windu dan Gunung Bedil. Memiliki ketinggian 2.241 mdpl, sangat memungkinkan sebagai wisata pendakian di daerah Bandung.

Gunung ini punya pemandangan alam yang luar biasa. Dari puncaknya dapat melihat keindahan alam pegunungan yang asri. Sementara di lerengnya ada danau dan juga kawah yang menjadi daya tarik. Di kaki gunungnya terhampar perkebunan teh. Sehingga selain mendaki, wisatawan juga dapat berekreasi di area kaki gunungnya.

Baca: KEBUN BINATANG Bandung Harga Tiket Terjangkau beragam Atraksi Satwa Menarik

Pesona Perkebunan Di Jalur Pendakian

Jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Wayang berupa hamparan perkebunan. Wisatawan akan melewati kawasan perkebunan sayur dan buah milik warga desa. Jalurnya masih ramah dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Udara segar khas desa kaki gunung sangat terasa ketika melewati jalur ini.

Semakin naik wisatawan akan disambut keindahan lainnya. Hamparan hijaunya perkebunan teh begitu menyejukkan mata. Berdampingan dengan kebun terh ada perkebunan palawija yang cukup luas. Maka ada baiknya memulai pendakian pada pagi hari. Salah satu sebabnya agar bisa menikmati pemandangan terbaik dari lereng gunungnya.

Baca: SARAE HILLS Tiket Masuk & Wahana Landmark Dunia

Hutan Lebat Dengan Jalur Yang Menantang

Setelah melewati kawasan perkebunan, ujian yang sebenarnya baru akan dimulai. Wisatawan akan memasuki kawasan hutan yang rimbun. Jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya sangat rapat. Sehingga kesan asri dan alami masih sangat terasa pada saat memasuki area.

Berbeda dengan jalur perkebunan, jalur hutan ini benar-benar akan menguras tenaga. Jalannya curam dengan kemiringan sekitar 70 derajat. Saat melewati jalur memerlukan fokus lebih dan kehati-hatian. Karena masih begitu alami akan banyak semak belukar berduri yang cukup mengganggu. Maka dari itu tipsnya gunakan celana panjang dan sepatu ketika mendaki gunung ini. wisatawan tidak perlu khawatir tersesat karena sudah banyak petunjuk jalan yang tersedia.

Baca: THE GREAT ASIA AFRICA Tiket Masuk & 6 Wahana Terbaik

Mencapai Puncak Gunung Wayang

Panorama indah puncak Gunung Wayang
Dari puncaknya terhampar pemandangan mempesona dari kaki gunungnya. Foto: Gmaps/Dedi Permana

Ketika akan mencapai puncak ditandai dengan jalur yang mulai terbuka. Jalur hutan lebat perlahan akan berubah menjadi pemandangan yang terbuka. Vegetasinya mulai jarang sehingga wisatawan bisa melihat pemandangan lereng gunung dengan begitu jelas. Namun harus tetap hari-hati karena beberapa area kanan kirinya langsung jurang.

Di area puncak ini wisatawan dapat mendirikan tenda untuk bermalam. Ketika malam suguhan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota akan terlihat memesona. Saat pagi momen sunrise juga begitu memukau. Dengan lautan awan berarak di bawah puncaknya.

Baca: TAMAN LANGIT Pangalengan Tiket & Aktivitas

Kawah Wayang

Pesona keindahan Kawah Wayang
Sebuah kawah yang mengeluarkan kepulan asap dari lubangnya menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Foto: Gmaps/Remal Arif

Salah satu hal yang jadi daya tarik utama gunung ini yaitu sebuah kawah aktif di lerengnya. Kawah ini bernama Kawah Wayang yang mengepulkan asap putih. Kawah ini terdiri dari banyak lubang-lubang yang semuanya mengeluarkan asap. Dari beberapa lubang akan tampak mengeluarkan air hangat hingga panas mendidih.

Di sekitar kawah terlihat dominasi bebatuan besar yang cocok sebagai area berfoto. Selain itu banyak tumbuh tanaman khas pegunungan. Mulai dari Cantigi, Pakis, Suwagi hingga Tangkur.

Baca: MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Tiket & Atraksi

Batu Wayang

Keindahan panorama dari atas batu Wayang Gunung Wayang
Tempat ikonik di tempat ini adalah batu wayang. Disebut seperti itu karena ada batu berbentuk seperti gunungan wayang. Foto: Gmaps/Windu Raharjo

Di atas Kawah Wayang terdapat sebuah titik menarik bernama Batu Wayang. Bernama seperti itu karena batunya berbentuk segitiga seperti wayang. Di kanan kirinya terdapat batu yang cukup datar yang bisa dipakai untuk duduk. Pemandangan dari Batu Wayang ini cukup menarik. Perkebunan dan pemukiman warga akan tampak jelas. Selain itu asap yang mengepul dari kawah pun terlihat sangat cantik.

Baca: Punclut Bandung: Tiket & Ragam Pilihan Kuliner

Kebun Teh Yang Indah

Selain puncaknya berwisata di kaki gunung pun bisa menjadi pilihan. Hamparan hijau kebun teh sangat cocok untuk bersantai. Sudah tersedia beragam spot foto untuk hasil jepretan yang instagramable. Area kebun teh ini juga bisa untuk olahraga sepeda gunung.

Fasilitas Gunung Wayang

Tempat wisata pendakian ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tersedia area parkir luas, toilet dan kamar mandi, basecamp pendakian, mushola hingga warung kuliner.

Lokasi Gunung Wayang

Wisata alam pendakian ini secara administratif beralamat di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 33 Km dari pusat kota Bandung. Bisa ditempuh selama kurang lebih satu setengah jam berkendara.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini