Beranda Tiket Wisata

Pemandian Air Panas Cibolang Tiket & 3 Kolam Unik - Agustus 2022

0
Harga Tiket Masuk Kolam Air Panas Cibolang : Rp 10.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Desa Wanasuka, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378

Pemandian Air Panas Cibolang salah satu destinasi wisata di  Bandung yang menarik dan tentunya menghangatkan. Sangat cocok bagi yang ingin menghangatkan tubuh di tengah sejuknya udara Bandung. Air panas di kolam pemandian ini asli langsung dari mata air panas gunung. Membuatnya begitu alami dan mengandung berbagai manfaat bagi tubuh.

Di sini terdapat setidaknya 3 kolam untuk berendam ataupun berenang. Dibedakan berdasarkan kedalaman serta luasnya kolam. Selain itu, ada juga kolam pancing bagi wisatawan yang suka dengan memancing. Serta berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan untuk menikmati objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cibolang

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Namun, jika wisatawan ingin menikmati kolam rendam, akan dikenakan biaya tambahan. Kemudian jangan lupa siapkan biaya parkir tergantung pada kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk wisataRp 10.000
Tiket kolam rendamRp 10.000
Tarif Parkir
MotorRp 2.000
MobilRp 5.000
BusRp 20.000

Baca: KEBUN BINATANG Bandung Harga Tiket & Atraksi Satwa

Jam Buka Pemandian Air Panas Cibolang

Objek wisata ini buka sepanjang waktu setiap harinya. Sehingga wisatawan bisa datang kapan saja ke objek wisata ini. Dan kolam rendam tetap buka meski di malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pemandangan Indah di sekeliling Kolam Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandangan Pemandian Air Panas Cibolang dari atas
Pemandangan Pemandian Air Panas Cibolang dari atas. Foto: Gmap/Eri Ricflair

Pemandian Air Panas Cibolang menjadi kebanggaan warga Bandung. Lokasinya berada di kawasan pegunungan Bandung Selatan yang memiliki hawa sejuk dan cenderung dingin. Suhu udara di objek wisata harian rata-rata 12 – 28 derajat Celsius. Tak heran jika keberadaan objek wisata air panas sangat menarik minat.

Sementara areanya berada di atas lahan seluas 2 hektar, dengan ketinggian 1.000 – 1.400 Mdpl. Kawasan objek wisata ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Jika terlihat dari atas, kawasan pemandian ini dikelilingi dengan hijaunya pepohonan yang menjulang tinggi. Ditambah dengan hamparan kebun teh yang hijau segar pun tampak menghampar subur di luar kawasan pemandian.

Kemudian dari kejauhan tampak jajaran pegunungan yang berwarna biru kehijauan. Kawasan kolam air panas sendiri memiliki beberapa kolam lain selain untuk berendam. Yaitu kolam untuk memancing, yang lokasinya berdekatan dengan kolam rendam. Ada juga bangunan dan saung-saung mengapung di atas air yang membuat pemandangan lebih memukau.

Baca: FLOATING MARKET Lembang Tiket Masuk & Aktivitas

Berendam, Berenang, sembari Terapi di Kolam

Kolam Air Panas yang Dikelilingi Pepohonan Hijau
Kolam Air Panas yang Dikelilingi Pepohonan Hijau. Foto: Gmap/Firman Syahruman

Untuk berendam dan berenang, tersedia 3 kolam yang berbeda. Ketiganya dibedakan dari kedalaman, fungsi, dan suhu yang ada di dalam kolam. Air panas sendiri berasal dari sumber air panas dari Gunung Windu. Menurut kepercayaan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, serta merelaksasi tubuh supaya tidak kejang dan kaku.

Semua kolam telah dikeramik, sehingga tampak jernih warna airnya. Dari kejauhan tampak berwarna biru kehijauan, dengan asap-asap tipis mengepul yang menandakan hangatnya air. Kolam pertama adalah kolam yang berada di dekat pintu masuk. Dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter, dengan suhu air kolam 40 derajat Celsius.

Kolam tersebut diperuntukkan bagi pengunjung dewasa, yang bertujuan untuk terapi. Selanjutnya adalah kolam yang terluas, dengan kedalaman 80 cm. Kolam ini dapat digunakan mulai dari dewasa hingga anak-anak, dan biasanya digunakan untuk berenang. Suhu di kolam air panas ini mencapai 35 derajat Celsius, lebih rendah dari kolam pertama.

Baca: DUSUN BAMBU Lembang Tiket Masuk & 8 Aktivitas Pilihan

Merelaksasi Tubuh dengan Berendam di Air Panas

Kolam Air Panas
Kolam Air Panas. Foto: Gmap/Rama Ramdani

Selain dua kolam sebelumnya, ada satu kolam lagi yang lebih khusus. Jika ingin menggunakan kolam ini, wisatawan harus membayar tiket masuk lagi sebesar Rp 10.000. Kolam ini biasanya lebih sepi, dan ukurannya lebih kecil. Sehingga jika ingin lebih tenang berendam, kolam ini lebih tepat dan cocok.

Bersantai sembari duduk bersandar di dinding kolam, memandangi pemandangan sekitar, menjadi aktivitas menyenangkan. Air panas bersuhu 35 derajat Celsius ini dapat menjadi penawar lelah pada tubuh. Seolah enggan beranjak jika tubuh sudah diceburkan ke dalam air kolam.

Baca: TAMAN LANGIT Pangalengan Tiket Masuk & Aktivitas

Memancing hingga Ngagogo di Kolam Ikan

Di sekitar kolam pemandian, terdapat kolam lainnya. Bedanya, kolam-kolam ini adalah kolam dengan dasar masih dari tanah. Kolam ini khusus bagi wisatawan yang ingin memancing. Sementara untuk peralatan pancing bisa membawa sendiri, atau menyewa di objek wisata.

Para wisatawan yang hobi memancing rela duduk berjam-jam menunggu umpan dilahap. Sembari duduk menanti ikan, wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar. Perpaduan pemandangan hijaunya pepohonan dan kebun teh, serta biru dari gunung dan langit. Menjadi hiburan yang dapat mengusir kebosanan kala menunggu hasil pancing.

Selain memancing, ada tradisi lokal yang dapat dilakukan di kolam. Tradisi tersebut adalah ngagogo, yang tentu menarik bagi wisatawan luar daerah. Ngagogo adalah cara menangkap ikan langsung menggunakan tangan, tanpa alat apa pun. Jadi, harus siap basah dan menceburkan diri ke kolam pada saat melakukannya.

Baca: DAGO DREAM PARK Tiket & 10 Wahana Terbaik

Menikmati Kuliner di tengah Nuansa Air Panas

Satu yang tak boleh terlewatkan adalah menikmati kuliner di objek wisata ini. Udara dingin dilawan dengan menikmati kuliner hangat, tentu akan sangat tepat. Makanan khas Sunda, serta minuman hangat dapat menjadi pilihan menu. Wisatawan juga dapat menikmati teh hangat sembari menyaksikan pemandangan kebun teh di sekitar.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cibolang

Fasilitas Penginapan di Kawasan Wisata
Fasilitas Penginapan di Kawasan Wisata. Foto: Gmap/Zamil Abdul Aziz

Berdiri sejak tahun 1985 membuat objek wisata ini telah memiliki fasilitas lengkap. Di sini, terdapat toilet dan kamar ganti, musala, lahan parkir, serta saung. Selain itu, ada juga penginapan yang masih berada dalam kawasan objek wisata. Sehingga wisatawan tak perlu khawatir jika ingin menginap di sini.

Alamat Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Berjarak kurang lebih 50 Kilometer dari pusat Kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 2 Jam berkendara.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 39

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini