KAWAH WAYANG Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik Februari 2024

KAWAH WAYANG

  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000 - Rp25.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat , Indonesia, 40378

Kawah Wayang merupakan destinasi geowisata berbasis agroforestri menarik yang ada di Pengalengan Bandung. Tempat wisata ini merupakan kawah dari Gunung Wayang yang memiliki ketinggian 2.182 m. Gunung Wayang sebenarnya merupakan gunung berapi kembar yang bersebelahan dengan Gunung Windu. Selain sebagai tempat wisata kawasannya juga merupakan lokasi proyek sumber panas bumi aktif Wayang Windu Geothermal Power Station.

Destinasi wisata Kawah Wayang menawarkan pemandangan kawah dengan asap mengepul sebagai panorama utama. Selain itu di sekitar areanya juga terdapat wahana kolam renang, bike track hingga hiking. Kemudian ada pula camping ground yang luas. Sehingga pengunjung yang datang dapat mencoba melakukan kegiatan menyenangkan di berbagai wahana yang ada.

Harga Tiket Masuk Kawah Wayang

Harga tiket masuk di destinasi wisata ini tidaklah mahal, dan masih tergolong terjangkau hanya Rp15.000. Nantinya sebagian uang penjualan tiket akan dipergunakan untuk hal yang bermanfaat. Seperti untuk merawat pohon serta penanaman pohon di sekitar area wisata.

Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Rp15.000
Tiket CampingRp25.000
Harga Tiket Masuk Kawah Wayang

Baca: SITU CILEUNCA Bandung Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Kawah Wayang

Kawah Wayang terbuka 24 jam untuk semua orang selama seharian penuh dan bisa datang kapan saja. Namun sebaiknya pengunjung membatasi kunjungan sampai jam 6 sore saja. Karena penerangan masih minim sehingga akan gelap saat malam hari. Namun jika pengunjung membutuhkan penerangan sudah tersedia genset dari pengelola.

KegiatanJam Buka
Wisata07.00 – 17.00 WIB
Camping24 Jam
Jam Buka Kawah Wayang

Daya Tarik Wisata Kawah Wayang

Gardu Pandang berupa jembatan kayu di Kawah Wayang
Gardu Pandang berupa jembatan kayu. Foto: google maps/Sentosa Surya

Destinasi wisata ini merupakan alternatif tempat rekreasi untuk keluarga. Kawah yang menarik dengan beragam fasilitas menjadi magnet tersendiri bagi tempat ini. Berikut beberapa daya tarik yang bisa dinikmati selama berada di sini.

Berbalut Asap Uap Panas Terlihat Memukau

Hasil seni fotografi di Kawah Wayang
Berfoto dengan pemandangan perbukitan berkabut asap kawah. Foto: google maps/Hey Dear

Untuk mencapai kawah, wisatawan harus melewati jalan menanjak, tangga kayu serta jembatan kayu. Dari jauh sudah tercium aroma belerang yang kuat khas gunung vulkanis. Area kawah hanya bebatuan penuh dengan asap putih mengepul.

Bagi yang suka berfoto pemandangan ini memberikan efek foto yang menarik. Efek asap dan kabut yang dihasilkan dapat membuat foto terlihat sangat magis.

Baca: TAMAN LANGIT Pangalengan Tiket & Aktivitas

Jalur Pesepeda

Sepeda bisa parkir di depan Kawah
Sepeda bisa parkir di depan Kawah Wayang. Foto: google maps/Didin Upay

Tersedia 2 akses untuk naik ke lokasi kawah, ada akses tangga dan akses sepeda. Bila membawa sepeda sudah tersedia jalur sepeda. Hal ini membuat pengunjung yang membawa sepeda bisa langsung parkir di depan kawah. Di sini juga telah tersedia parkiran khusus sepeda yang letaknya sangat dekat dengan kawah.

Hiking Di Gunung Wayang

Hiking ke puncak Gunung Wayang
Hiking ke puncak Gunung Wayang. Foto: google maps/Asep Iguana

Kawasan Kawah Wayang juga populer sebagai titik pendakian Gunung Wayang. Jalur pendakian mulai dari tanjakan kawah wayang yang berbatu tanpa vegetasi serta berasap. Kemudian naik ke area vegetasi yang sudah mulai lebat tanaman semak dan pepohonan hijau. Sampai di puncak gunung, pengunjung tidak akan kecewa karena bisa menyaksikan bentang alam perbukitan yang memukau.

Pengunjung yang hobi hiking bisa menyalurkan hobinya di tempat ini dengan membawa peralatan sendiri. Untuk wisatawan yang hendak hiking wajib membayar tiket khusus. Cukup banyak yang menyukai Gunung Wayang sebagai tujuan hiking. Bahkan pernah berlangsung kegiatan hiking bersertifikat bagi para peserta untuk menjadi kenang-kenangan.

Baca: PESONA PADAAWAS Tiket & Ragam Aktivitas

Kolam Renang Kawah Wayang

Kawasan kolam renang air panas di Kawah Wayang
Kawasan kolam renang air panas. Foto: google maps/Ssshhh

Terdapat 2 kolam air panas berdempetan yang cukup luas dan berundak. Kolam yang posisinya lebih tinggi adalah kolam air campuran sehingga cenderung hangat. Sedangkan kolam bawah memiliki air lebih panas sehingga tidak banyak orang berenang. Meskipun begitu kolam air panas masih tergolong aman bagi anak-anak. Karena ketinggian kolam hanya sebatas paha orang dewasa.

Selain wisatawan yang memang khusus datang untuk berendam. Tak sedikit pula yang menyempatkan berendam setelah melakukan kegiatan hiking. Berendam di kolam air panas dapat merelaksasi tubuh, melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot-otot.

Baca: NIMO HIGHLAND Tiket & Ragam Aktivitas

Gazebo Untuk Piknik

Di kawasan ini terdapat beberapa gazebo yang dapat pengunjung nikmati. Beberapa gazebo tersebar di sekitar area parkir dan ada pula di sekitar kolam air panas. Duduk di atas gazebo dapat sekaligus menikmati pemandangan hijau di sekitarnya.

Pada gazebo tersebut pengunjung bisa melakukan piknik bersama keluarga, teman, atau pasangan. Bisa duduk santai di atas gazebo sambil membuka perbekalan makanan. Di lokasi ini belum terdapat pedagang makanan sehingga akan lebih baik membawa bekal sendiri.

Baca: KAWAH PUTIH Tiket & Daya Tarik

Kawah Wayang Camping Ground

Area Camping Ground Kawah Wayang
Area Camping Ground Kawah Wayang

Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas camping di kawasan Kawah Wayang. Untuk camping, pengunjung perlu membayar tiket. Di tempat ini belum ada penyewaan tenda. Sehingga wisatawan yang ingin camping harus membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri.

Akses Masuk Ke Kawah Wayang

Untuk menuju ke tempat wisata ini, pengunjung harus melewati jalan yang belum beraspal. Jalannya masih berbatu alami dan cukup terjal. Pengunjung akan memasuki kawasan Hutan Pangkuan Desa Sukamanah Pangalengan. Hutan sangat indah dengan barisan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Setelah sampai di parkiran, pengunjung harus berjalan ke Kawah Wayang melewati jalan menanjak. Jalan masuk sudah tertata berundak dan ada jembatan kayu yang memudahkan perjalanan. Tanjakan lumayan menguras tenaga tetapi akan terbayar dengan pesona kawah yang indah.

Fasilitas

Fasilitas di tempat wisata Kawah Wayang cukup lengkap. Ada toilet, kolam, gazebo atau saung, bike track, dan parkiran yang nyaman. Untuk toilet memiliki air yang agak panas sehingga pengunjung perlu berhati-hati menggunakannya. Fasilitas penerangan saat malam hari sudah tersedia genset namun berbayar sebagai pengganti biaya bensinnya.

Lokasi Kawah Wayang

Wisata kawah ini berlokasi di Desa Sukamanah, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. Dari Pusat Kota Bandung menuju ke lokasi jaraknya kurang lebih 53 Kilometer. Bila ditempuh menggunakan kendaraan memakan waktu sekitar 1 jam 57 menit.

Rating Pembaca

4.8 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: