Beranda Tiket Wisata

Wisata Danau SITU RAWA GEDE Bogor - Oktober 2019

Tgl. Update:Jumat, Oktober 11, 2019
Situ Rawa Gede Harga Tiket: Rp10.000 - Rp25.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sirnajaya,Sukamakmur,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16830.

Selain terkenal dengan koleksi air terjunnya, Bogor juga memiliki destinasi wisata alam lain yang tak kalah menarik seperti Situ Rawa Gede. Danau alami yang terletak di Kecamatan Sukamakmur ini belakangan semakin populer. Karena menawarkan rekreasi lengkap dengan harga murah-meriah. Mulai dari berlayar mengelilingi danau menggunakan perahu hingga berkemah dan bermain di air terjun kecil, semuanya bisa dilakukan di sini.

Tiket Masuk

Situ Rawa Gede memberlakukan tiket untuk usia di atas 5 tahun. Terdapat biaya parkir serta biaya tambahan lainnya untuk menaiki wahana atau berkemah.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
Parkir motorRp5.000
Parkir mobilRp10.000
Harga Tiket Wahana
Berkemah/per tendaRp15.000
Sepeda AirRp30.000
PerahuRp10.000 – Rp25.000
Taman Love/orangRp2.000

Baca: Taman Buah MEKARSARI Tiket & Wahana

Jam Operasional

Area wisata ini dibuka setiap hari. Bagi pengunjung yang berkemah, tempat ini dibuka 24 jam.

Jam Buka
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Aktivitas di Situ Rawa Gede

Lanskap Situ Rawa Gede Bogor
Danau berlatar bukit Puncak dan hutan pinus – Foto: Google Maps/Bonaventura KR

Situ Rawa Gede merupakan kawasan rawa yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pengelolaannya dilakukan secara gotong-royong oleh organisasi pemuda dan warga setempat dengan dibantu oleh pemerintah.

Hingga saat ini kawasan wisata danau ini masih terus dikembangkan agar potensinya sebagai tujuan wisata semakin maksimal. Meski begitu, sudah ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di sini, di antaranya wisata danau, berkemah, hingga berendam di bawah air terjun alami.

Berlayar dan Memancing di Situ Rawa Gede

Mengarungi Situ Rawa Gede dengan perahu
Pengunjung bisa memilih perahu atau sepeda air untuk berkeliling area situ – Foto: Google Maps/Ahmad Taufiq

Situ Rawa Gede terletak tepat di balik perbukitan Puncak. Ketika sampai di sana, pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan indah dari danau dengan latar bukit, sawah, dan beberapa air terjun kecil di sana-sini. Suara-suara alam akan memanjakan telinga—kicauan burung, berbagai jenis serangga, dan embusan angin yang membuat dedaunan di pohon saling gemerisik.

Setelah meresapi keindahan alamnya, pengunjung bisa memilih kegiatan yang cocok untuk menikmati danau secara langsung. Terdapat pilihan perahu atau sepeda air bagi yang ingin mengarungi danau dan merasakan semilir angin sejuk Situ Rawa Gede langsung di atas airnya. Perahu cocok untuk yang berkunjung beramai-ramai, sementara sepeda air adalah pilihan pas bagi mereka yang datang sendiri, berpasangan, atau bersama keluarga kecil.

Baca: Jungleland Sentul Tiket & 12 Wahana Wajib Dicoba

Suka memancing? di danau ini juga bisa jadi pilihan untuk memancing. Belum ada tempat penyewaan alat pancing, jadi disarankan untuk membawa peralatan sendiri. Ada beragam ikan yang hidup di danau ini, di antaranya ikan nila dan mujair. Ikan-ikan ini juga boleh diberi makan secara langsung dengan makanan yang bisa dibeli di kios sekitar danau.

Jembatan berwarna-warni di Situ Rawa Gede
Melintasi bagian dari Situ Rawa Gede menggunakan jembatan apung – Foto: Google Maps/jaka suganda

Jika ingin sekadar bersantai tanpa aktivitas yang terlalu heboh, cobalah mengarungi danau lewat jembatan apungnya. Jembatan bambu yang ditopang oleh tong berwarna-warni ini juga sering dijadikan spot foto. Jangan khawatir kelelahan, karena jaraknya tidak terlalu panjang.

Santai di Kolam Renang

Berbagai kolam dibangun di sekitar situ
Pengunjung bisa menikmati kolam renang, kolam terapi ikan, dan kolam rendam – Foto: Google Maps/basecamp gojek kramat aris

Ingin coba aktivitas menarik lainnya? Coba mampir ke kolam renang, kolam rendam, atau kolam ikan terapinya. Pengunjung memang tidak bisa berenang di telaga Situ Rawa Gede, namun pengelola telah menyediakan kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang sesuka hati.

Di samping kolam renang, terdapat kolam berisi ikan terapi yang bisa menghilangkan sedikit rasa lelah. Sambil membiarkan kaki digelitiki oleh mulut-mulut ikan, pengunjung bisa bersantai menikmati hawa danau yang sejuk.

Baca: Situ Ciburuy Wisata Di Kesejukan Danau Hijau

Satu lagi kolam yang bisa digunakan untuk bersantai, yaitu kolam rendam. Kolam ini cukup unik karena keberadaannya yang tepat di bawah sebuah air terjun kecil. Ya, kolam rendam ini menampung air yang mengalir dari air terjun ini. Bisa dibayangkan bagaimana kesegaran air di dalamnya, bukan?

Berkemah dan Mengoleksi Selfie

Pengunjung memancing di danau
Tersedia area berkemah di sekitar Situ Rawa Gede – Foto: Google Maps/doel’ Liionk

Bagi pecinta alam yang ingin bermalam, Situ Rawa Gede juga memiliki lahannya. Tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam, pengunjung bisa membawa dan mendirikan tenda di area sekitar danau yang tersedia. Belum tersedia penyewaan tenda maupun peralatannya, karena itu pastikan untuk membawa sendiri.

Bermandikan langit malam penuh bintang, rasakan sensasi bermalam di yang tenang. Pengunjung akan tidur ditemani suara angin malam serta hewan-hewan yang hidup di sekitar. Suhu udara di kawasan situ akan turun terutama setelah hujan, jadi jangan lupa untuk membawa penghangat ekstra seperti selimut dan jaket.

Baca: Taman Wisata Situ Gintung Tiket & Wahana

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen kunjungan di Situ Rawa Gede. Selain latar pemandangan yang indah, ada beberapa air terjun alami yang bisa jadi spot menarik untuk swafoto atau selfie. Ada juga beragam fasilitas ciamik yang sengaja dibuat untuk berfoto, seperti Taman Love dan air mancur.

Fasilitas Situ Rawa Gede

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini yaitu lahan parkir, toilet, mushola, bale-bale istirahat, dan kios-kios makanan yang dilengkapi saung. Fasilitas utamanya adalah kendaraan air, area berkemah, kolam renang, kolam rendam, kolam terapi, dan taman.

Lokasi Situ Rawa Gede

Objek wisata ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini bisa dijangkau oleh motor maupun mobil. Jaraknya sekitar dua jam dari Jakarta dengan mobil (Tol Jagorawi – Citeureup – Sukamakmur), namun bisa juga menggunakan motor dengan rute Cibubur – Cipanas Puncak – Sirnajaya. Dari Bogor, pengguna mobil bisa memilih rute Sentul atau Jonggol, sementara sepeda motor bisa melalui Cimahpar – Leuwi Hejo – Citeureup.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here