Air Terjun Curug Ciherang Harga Tiket: Rp35.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Sirnajaya, Wargajaya,Sukamakmur,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16830.

Curug Ciherang menjadi salah satu wisata air terjun yang digemari di kalangan wisatawan. Wisata ini bukan hanya menyajikan air terjunnya yang begitu menawan dengan tiga tingkatan. Kawasannya juga telah dilengkapi fasilitas wisata modern, seperti kolam renang dengan tempat unik dan aneka wahana menarik.

Air Terjun ini berada di kawasan hutan lindung Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Objek wisata alam ini sedang dikembangkan dalam lingkup program pembangunan Jalur Puncak II. Dari tempat ini, wisatawan dapat menikmati sajian pemandangan keindahan alam Bogor.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup terjangkau. Harga tiket berlaku setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan.

Harga tiket masuk Curug Ciherang
Senin – MingguRp40.000

Baca: Curug Leuwi Hejo Bogor Tiket & Aktivitas

Jam Buka Curug Ciherang

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu07.00 – 18.00

Aktivitas dan Wahana

foto berlatar air terjun
Hasilkan foto-foto menawan berlatar air terjun dengan sangat mudah. Foto: Google Maps/Fadli Afrian

Berwisata ke objek wisata air terjun Ciherang ini sangat cocok untuk semua kalangan. Wisatawan dapat menikmati sajian air terjun alami yang bertingkat tiga dengan panorama alam keindahan Bogor dari ketinggian. Disarankan membawa pakaian ganti, karena air terjun dan kolam renangnya sangat menarik, sayang untuk dilewatkan.

Keberadaan Rumah Pohon dan Jembatan Gantung membuat kawasan ini menjadi populer di kalangan wisatawan milenial. Dengan latar pemandangan yang luar biasa, banyak juga yang  datang untuk berburu foto di tempat ini.

Baca: Curug Bidadari Bogor Tiket & Aktivitas

Trekking Jalur Batu

Di kawasan wisata Curug Ciherang, wisatawan tak perlu khawatir harus menempuh jalur trekking yang jauh. Dari area parkir, wisatawan cukup berjalan kaki sekitar lima menit untuk sampai di depan air terjun.

Meski perjalanan cukup singkat, wisatawan diimbau untuk berhati-hati. Trek menuju air terjun cenderung menanjak dengan jalur yang terbuat dari tumpukan batu. Namun pemandangan di kanan-kiri jalan cukup indah dan tampak asri dengan pepohonan hijau.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Curug Ciherang Bogor dengan air terjun tiga tingkat yang sejuk dan menyegarkan
Curug Ciherang Bogor dengan air terjun tiga tingkat yang sejuk dan menyegarkan.
Foto : Instagram/ridwan_taufik

Sesampainya di depan air terjun, keindahannya terlihat sangat memanjakan mata. Gemuruh aliran airnya deras dengan tiga tingkatan air terjun dan kanan-kirinya ditumbuhi pepohonan hijau.

Curug berarti air terjun, dan ‘ciherang’ berarti air yang jernih. Kata ciherang disematkan karena air terjun ini sangat jernih, sehingga dasarnya dapat terlihat dengan jelas. Tak sedikit wisatawan langsung berfoto di berbagai sisi Curug Ciherang. Masing-masing tingkat air terjun yang semuanya cantik dapat menjadi latar untuk berfoto.

Baca: Curug Pangeran Bogor Tiket & Aktivitas Wisata

Karakteristik air terjun yang dimiliki sangat memikat wisatawan. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan dikelilingi tumbuhan dan pepohonan hijau membuatnya terlihat asri. Ditambah lagi, air dari curugnya terasa sangat segar dan sejuk.

Kolam Renang Curug Ciherang

kolam renang curug ciherang
Kolam renang yang tidak biasa dengan pemandangan lepas ke perbukitan dan jurang di curug ciherang. Foto: Google Maps/Lenny Risandi21

Suasana Curug Ciherang yang begitu indah membuat wisatawan tertarik untuk langsung berbasah-basahan. Airnya sangat jernih dan dingin menyegarkan tubuh. Udara di sekitarnya juga terasa sejuk.

Pihak pengelola telah membangun sebuah kolam renang infinity (infinity pool) dengan wahananya di dekat air terjun. Berenang di tempat ini akan lebih aman karena tempatnya lebih menyerupai water park. Kolam renang ini dilengkapi juga degan Ember Tumpah, air mancur, dan seluncuran kecil.

Wisatawan dapat berendam di kolam yang ada di bawah aliran air terjun ini dengan tetap berhati-hati. Dari sini, wisatawan disuguhkan kesegaran air sekaligus pemandangan alam.

Memandang Panorama dari Ketinggian

pemandangan perbukitan
Keindahan pemandangan perbukitan di sekitar kawasan air terjun ciherang. Foto: Google Maps/Galih tri lestari

Air terjun ini berada di ketinggain 900 mdpl dengan sejuknya udara pegunungan alami.  Dari tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan alam seperti hutan dan pegunungan. Panorama alam terlihat sangat indah dari ketinggian.

Beberapa spot menjadi kegemaran wisatawan untuk menikmati panorama alam terbuka ini. Suasana yang begitu natural dan memikat merupakan daya tarik utama objek wisata ini.

Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah Pohon yang dibangun di dekat air terjun membuat wisata Curug Ciherang Bogor sangat populer
Rumah Pohon yang dibangun di dekat air terjun membuat wisata Curug Ciherang Bogor sangat populer. Foto : Instagram/curug_ciherang

Lanskap Curug Ciherang yang berada di ketinggian memiliki panorama alam yang sangat indah. Hal ini menginspirasi pengelola dengan membangun rumah kayu di sebuah pohon besar.

Berada di Rumah Pohon ini, wisatawan dapat menikmati indahnya alam dari ketinggian. Rumah pohon ini terbuat dari kayu bercat merah dan terlihat unik. Kesan eksotis akan semakin tampil kala kabut tipis mulai turun.

Rumah Pohon merupakan spot yang membuat air terjun ini cukup populer di kalangan wisatawan. Tempat ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto di atas ketinggian berlatar pemandangan. Dengan latar belakang bukit dan pepohonan hijau, membuat foto terlihat sangat instagrammable.

Jembatan Gantung di Curug Ciherang

Jembatan Gantung di area wisata Curug Ciherang Bogor ini merupakan salah satu spot foto favorit
Jembatan Gantung di area wisata Curug Ciherang Bogor ini merupakan salah satu spot foto favorit. Foto : Instagram/boyhakihakim

Selain Rumah Pohon, ada pula Jembatan Gantung yang fotogenik. Jembatan tersebut juga salah satu spot favorit untuk berfoto bagi wisatawan. Saat akhir pekan dan musim liburan, tak jarang harus antre terlebih dulu sebelum bisa berfoto di sana.

Sewa Kostum Hanbok

Penyewaan pakaian tradisional Korea sangat diminati wisatawan sebagai kostum untuk berfoto di Curug Ciherang Bogor -
Penyewaan pakaian tradisional Korea sangat diminati wisatawan sebagai kostum untuk berfoto. Foto : Instagram/curug_ciherang

Mengikuti tren di kalangan milenial, pengelola air terjun pun menyediakan penyewaan Hanbok. Pakaian khas tradisional Korea ini sangat diminati wisatawan untuk menjadi kostum foto. Dengan latar wisata air terjun, kostum ini akan menambah nilai estetika hasil foto wisatawan.

Penginapan di Curug Ciherang

Camping ground tersedia bagi wisatawan yang berminat menginap di alam terbuka wisata curug Ciherang Bogor
Camping ground tersedia bagi wisatawan yang berminat menginap di alam terbuka wisata curug Ciherang Bogor. Foto : Instagram/liamartinda

Kawasan wisata Curug Ciherang tergolong memiliki area yang cukup luas. Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia penginapan dengan kapasitas cukup besar. Untuk yang berjiwa petualang, dapat menginap menggunakan tenda di area terbuka. Area berkemah (camping ground) telah tersedia bagi wisatawan.

Sedangkan untuk penginapan seperti hotel, villa atau resort tidak ada yang berada cukup dekat dari kawasan air terjun. Penginapan terdekat dari Curug Ciherang berada di sektiar kawasan puncak, cipanas, atau kota bunga.

Wisatawan bisa mengarahkan pencarian penginapan di daerah-daerah tersebut. Jarak penginapan ke air terjun kurang lebih 11 km.

Rute Menuju Curug Ciherang

Wisata Curug Ciherang, Bogor terletak di sepanjang jalur alternatif Puncak, Sukamakmur, Kotabunga Cipanas. Dari Jakarta, wisata ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 3 jam. Akses jalan sebagian besar sudah mulus. Belum ada angkutan umum langsung ke sini,  jadi disarankan naik kendaraan pribadi atau menyewa.

Jikapun harus menggunakan angkutan umum tidak bisa sampai ke lokasi curug dan harus beberapa kali ganti angkutan. Misalnya dari Stasiun Bogor ke Curug Ciherang bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan 01 cipinang gading.

Turun di Jl. Sukasari – Toko Sepatu Milano lalu melanjutkan dengan angkot 02A jurusan Cisarua. Angkot terkahir hanya sampai Cisaura, untuk melajutkan ke air terjun pilihannya dengan kendaraan sewa, atau ojek. Dari Cisarua jarak ke air terjun masih sekitar 35 Km.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di area ari terjun tergolong lengkap. Kamar bilas, kamar ganti, toilet hingga warung makan telah tersedia. Jika tidak membawa bekal tak perlu khawatir karena terdapat banyak pedagang makanan dan minuman di area ini.

Kontak dan Lokasi Curug Ciherang

Wisata air terjun ini berada di Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat 16830. Berjarak sekitar 3 jam berkendara dari Jakarta dan sekitar 2 jam dari kota bogor.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here